Sukses

Lebih Sehat dan Turunkan Berat Badan, 7 Minuman Ini Cocok Dikonsumsi Sebelum Tidur

Selain obat pelangsing, ada beberapa jenis minuman yang cukup efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, 7 minuman ini memiliki kandungan yang bisa membantu membakar lemak. Yuk simak.

Liputan6.com, Jakarta Berat badan ideal merupakan salah satu harapan bagi hampir setiap orang, baik pria maupun wanita. Selain risiko terkena penyakit bisa menurun, memiliki berat badan ideal juga mampu menunjang penampilan, sehingga rasa percaya diri bisa meningkat.

Cara paling umum yang sering dilakukan untuk menurunkan berat badan sendiri biasanya adalah olahraga dan diet. Dalam menjalani diet, biasanya beberapa orang sangat fokus dengan kalori dan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi, serta memperbanyak minum air putih. 

Ternyata, selain itu, mengonsumsi beberapa jenis minuman, seperti teh hijau, jus timun seledri, dan air kunyit juga bisa membantu proses diet yang sedang dijalani.  Terutama jika minuman-minuman tersebut dikonsumsi sebelum tidur.

Berikut penjelasan lengkapnya, dirangkum dari beberapa sumber, Sabtu (22/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

1. Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau, tenpa gula tentunya, bisa membantu menurunkan berat badan. Selain bebas kalori, teh hijau tawar membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori bisa lebih mudah terbakar. Akan lebih baik mengonsumsi 2 cangkir teh hijau per harinya, pagi dan malam sebelum tidur, untuk memaksimalkan manfaat yang ingin didapat.

3 dari 14 halaman

2. Jus Timun dan Seledri

Campuran timun dan seledri ketika di jus efektif membantu menurunkan berat badan. Mentimun yang tinggi air dan serat, dikombinasikan dengan seledri yang kaya akan vitamin dan mineral cocok menjadi minuman penunjang diet. Kombinasi keduanya pun baik dikonsumsi sebelum tidur untuk meningkatkan pembakaran lemak yang terjadi saat tidur. 

4 dari 14 halaman

3. Air Fenugreek

Fenugreek merupakan salah satu tanaman dari wilayah Mediterania yang berkhasiat dalam menurunkan berat badan. Melansir dari salah satu sumber, konsumsi fenugreek sebelum tidur menyebabkan tubuh menghasilkan panas yang berguna dalam proses pembakaran lemak. Selain itu, air seduhan fenugreek juga berkhasiat melancarkan pencernaan setelah makan. 

5 dari 14 halaman

4. Teh Chamomile

Konsumsi teh chamomile bisa membuat tidur terasa lebih nyenyak dan rileks, sehingga kualitas tidur jadi lebih meningkat. Dengan ini, rasa lapar yang datang di malam hari bisa dicegah, karena tubuh yang lebih merasa rileks dan nyenyak ketika tidur. 

6 dari 14 halaman

5. Sari Kunyit

Kunyit kaya akan antioksidan yang bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme dan pencernaan yang lancar inilah yang menjadi faktor pendukung proses penurunan berat badan.

7 dari 14 halaman

6. Kefir

Tinggi prebiotik, kefir bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Menurut penelitian, konsumsi kefir dapat membantu mikrobioma usus, sehingga berat badan bisa lebih terkendali.

8 dari 14 halaman

7. Jus Anggur

Menurut riset, kandungan resveratrol (antioksidan) dalam jus anggur mampu mengubah lemak penyimpan kalori (lemak putih) menjadi lemak pembakar kalori (lemak coklat). Dianjurkan mengonsumsi jus anggur ini 1-2 jam sebelum tidur untuk membantu menurunkan berat badan.

9 dari 14 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Minuman Penurun Berat Badan

10 dari 14 halaman

Sebelum Tidur Minum Apa?

Mengonsumsi air hangat sebelum tidur dapat mencegah tenggorokan menjadi kering. Keutamaan dari meminum air hangat sebelum tidur adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang malam.

11 dari 14 halaman

Apa Saja Jus Penghancur Lemak?

Menurut laporan dari NDTV FOOD terdapat beberapa jenis jus yang bisa membantu dalam menurunkan berat badan, seperti jus wortel, jus mentimun, jus delima, jus semangka, jus jeruk, jus nanas.

12 dari 14 halaman

Jus Apa yang Bisa Mengecilkan Perut Buncit?

Jus semangka, jus delima, jus pisang, jus alpukat, jus apel.

13 dari 14 halaman

Apakah Minum Air Hangat sebelum Tidur Bisa Menurunkan Berat Badan?

Meminum segelas air hangat sebelum beranjak tidur dapat membantu dalam proses penurunan berat badan serta membentuk tubuh menjadi lebih langsing.

14 dari 14 halaman

Apakah Air Hangat Bisa Menghilangkan Lemak di Perut?

Meminum air hangat dalam jumlah yang sesuai juga dapat meningkatkan suhu internal tubuh serta merangsang metabolisme, yang dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak berlebih dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini