Sukses

Bukan Hanya Dicuci, Begini Trik Singkirkan Bau Tidak Sedap pada Tahu Kuning

Bau tidak sedap pada tahu kuning ternyata bisa disingkirkan dengan mudah. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Tahu kuning bisa diolah jadi beragam hidangan yang nikmat seperti tumisan, semur, perkedel dan aneka sayuran.

Melansir dari laman Pemprov Kediri, tahu kuning mengandung protein nabati yang sangat bagus untuk kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Terlepas dari kelezatan dan manfaatnya, tahu kuning dikenal memiliki bau tidak sedap yang cukup menyengat. Terkadang, hal ini disebabkan karena tahu kuning disimpan dalam plastik pada waktu yang agak lama.

Terlebih lagi, bau tahu kuning juga cukup membandel karena tidak mudah hilang meski sudah dicuci berkali-kali.

Namun tidak perlu khawatir, karena ada cara hilangkan bau tidak sedap pada tahu kuning yang jauh lebih mudah. Tutorial ini dibagikan oleh pemilik saluran YouTube Neneng Channel, yang dirangkum pada Sabtu (22/06/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Rebus Tahu dengan Air Mendidih

Pertama-tama, panaskan air dalam panci sampai mendidih. Takaran air yang direbus harus cukup untuk merendam tahu kuning. Baru setelah itu masukkan tahu kuning satu per satu ke dalam rebusan.

3 dari 10 halaman

Tambahkan Garam

Setelah semua tahu dimasukkan ke dalam rebusan, tambahkan satu sendok teh garam ke dalam rebusan lalu aduk-aduk. Biarkan tahu kuning direbus selama tiga menit.

Tahu kuning sendiri memang mudah dihinggapi bakteri, apalagi jika disimpan dalam waktu yang lama. Hal itu juga turut membuat tahu kuning jadi bau. Sedangkan garam dikenal cukup ampuh dalam menyingkirkan bakteri, sehingga dapat menetralisir bau pada tahu kuning.

4 dari 10 halaman

Cuci Tahu Kuning

Setelah direbus selama tiga menit, matikan kompor dan tiriskan tahu kuning ke dalam mangkuk. Agar tidak asin dan benar-benar terbebas dari bau, cuci tahu kuning dengan air mengalir lalu keringkan.

5 dari 10 halaman

Tahu Kuning Siap untuk Diolah

Jika  sudah dicuci, maka sekarang tahu kuning sudah kembali bersih dan dijamin tidak akan mengeluarkan bau tidak sedap lagi. Dengan begitu, sekarang tahu isi sudah bisa diolah baik digoreng atau ditumis.

6 dari 10 halaman

Apakah Masak Tahu Harus Dicuci Dulu?

Menurut informasi dari Sajian Sedap, diingatkan untuk merendam tahu dalam air garam selama sekitar 60-90 menit. Sebelum proses penggorengan, disarankan untuk mencuci dan mengeringkan tahu terlebih dahulu agar minyak tidak menyembur. Jangan lupakan untuk mencicipi rasanya agar tidak terlalu asin, ya.

7 dari 10 halaman

Tahu Direndam air Apa?

Cara pertama untuk menyimpan tahu adalah dengan merendamnya dalam air bersih. Sebaiknya, tahu yang baru dibeli dari pasar atau supermarket langsung dibilas menggunakan air bersih sebelum merendamnya. Air yang ada di dalam bungkus tahu sebaiknya dibuang terlebih dahulu sebelum tahu direndam dalam air bersih.

8 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Asam pada Tahu?

Untuk menghilangkan rasa asam, rebus tahu dalam air mendidih selama lima hingga sepuluh menit. Proses fermentasi akan terhenti dengan tindakan ini. Setelah didinginkan, tahu dapat segera diolah atau disimpan dalam lemari es untuk jangka waktu yang cukup lama. Agar permukaannya tetap lembab, tahu perlu disimpan dalam wadah kedap udara yang rapat.

9 dari 10 halaman

Kenapa Tahu Rasanya Asam?

Penyimpanan yang tidak benar akan mengakibatkan rasa tahu menjadi asam dan berbau. Perubahan pada rasa dan teksturnya terjadi karena adanya pertumbuhan bakteri dalam produk kedelai yang telah diolah.

10 dari 10 halaman

Berapa Lama Tahu Bertahan di Kulkas?

Penyimpanan yang optimal bagi tahu setelah dibuka adalah dalam kulkas, yang disarankan untuk dilakukan dalam kurun waktu maksimal lima hari. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, penting untuk meletakkannya dalam wadah kedap udara dan menjaganya pada suhu rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.