Sukses

Hanya Perlu Tambah 1 Bahan Dapur, Ini Trik Rebus Ceker Agar Cepat Empuk dan Tidak Bau

Ceker akan empuk dan tidak amis sama sekali jika direbus dengan bahan ini. Ikuti caranya.

Liputan6.com, Jakarta Selain nikmat dijadikan lauk pelengkap makanan, ceker juga nikmat untuk dicemil begitu saja. Terlebih lagi, ada banyak sekali olahan dan tumisan bumbu ceker yang membuatnya jadi sangat lezat.                 

Selain nikmat, ceker juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Melansir dari Healthline, ceker sangat kaya akan kolagen yang dapat meningkatkan kesehatan kulit, tulang, sendi dan jantung.

Ceker sendiri tidak terlalu sulit untuk diolah, meski kebanyakan orang lebih sering membeli ceker yang sudah jadi di warung makan. Hal itu disebabkan karena beberapa orang khawatir ceker akan amis jika dimasak sendiri di rumah.

Padahal, merebus ceker tidak akan jadi amis dan boros gas dengan cara yang tepat. Hal ini persis seperti cara yang dilakukan oleh pemilik kanal YouTube Tri Wijayanti, yang dikutip pada Selasa (25/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Tambahkan Daun Salam

Pertama-tama, siapkan panci yang agak besar untuk merebus ceker ayam. Setelah itu masukkan semua ceker yang ingin direbus, lalu tambahkan juga air yang agak banyak sampai semua ceker bisa terendam.

Jika sudah, tambahkan dua sampai tiga lembar daun salam ke dalam panci. Daun salam sendiri memiliki aroma yang wangi dan dapat membuat ceker ayam jadi tidak amis.

 

3 dari 10 halaman

Rebus dengan Api Kecil

Jika daun salam sudah ditambahkan, nyalakan kompor dengan api kecil. Tunggu sampai mendidih, lalu tunggu selama lima menit. Jika sudah lima menit, baru matikan kompor dan tutup panci.

4 dari 10 halaman

Tunggu Selama 30 Menit

Ceker ini akan direbus menggunakan metode 5-30-7, di mana ceker harus dibiarkan dalam panci tertutup selama tiga puluh menit. Pada tahap ini, air yang sudah mendidih akan membantu proses pematangan ceker meski kompor tidak nyala.

5 dari 10 halaman

Rebus Lagi Selama 7 Menit

Setelah dibiarkan selama setengah jam, angkat tutup panci lalu nyalakan kompor dengan api kecil untuk merebus ceker lagi selama tujuh menit.

Setelah direbus selama tujuh menit, matikan kompor dan ceker ayam bisa ditiriskan. Sekarang, ceker ayam dijamin sudah lembut dan tidak amis lagi.

6 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Mengurangi Bau Amis pada Ceker?

Saat sudah bersih, rendamlah ceker ayam dalam perasan jeruk nipis selama seperempat jam. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada ceker. Sesudah itu, pastikan untuk mencuci ceker ayam dengan air. Jangan sampai terlewat, karena jika tidak, ceker akan terasa pahit akibat sisa perasan jeruk nipis yang menempel.

7 dari 10 halaman

Berapa Lama Merebus Ceker Sampai Empuk?

Meskipun demikian, memasak ceker hingga empuk ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama dan cara yang kurang efisien. Umumnya, ceker ayam perlu direbus selama 30 hingga 45 menit agar menjadi lembut, yang tentunya menghabiskan banyak gas.

8 dari 10 halaman

Ceker Ayam Bagus untuk Apa?

Salah satu keuntungan dari menggunakan ceker ayam adalah kemampuannya untuk mencegah kerapuhan tulang. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi bagian tubuh ayam ini secara teratur guna memperoleh beragam nutrisi seperti kalsium, protein, tulang rawan, dan kolagen. Nutrisi-nutrisi ini bermanfaat dalam memperkuat sendi dan mencegah kerapuhan tulang ketika tubuh mulai menua.

9 dari 10 halaman

Apakah Bawang Putih Bisa Menghilangkan Bau Amis pada Ayam?

Jika Anda tak menyukai wangi jeruk nipis, ganti dengan bawang putih yang telah dihaluskan. Ratakan ke semua bagian daging ayam yang akan dimasak. "Oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tidak perlu menambahkan garam atau lada pada bawang putih agar aroma bawang tetap terasa," ujarnya.

10 dari 10 halaman

Apa Rempah yang Dapat Menghilangkan Bau Amis?

Menggunakan jahe dalam memasak ikan bukan hanya menghilangkan bau amis, tetapi juga menambahkan rasa yang lezat serta membersihkan ikan dari racun dan alergen. Prosesnya menjadi lebih sederhana dengan kehadiran jahe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.