Sukses

Trik Kupas Bawang Merah Agar Bikin Pedas Mata, Hanya Perlu 1 Alat

Dengan cara ini, mengupas bawang merah akan lebih cepat tanpa bikin mata jadi perih. Ikuti caranya.

Liputan6.com, Jakarta Bawang merah sudah menjadi bahan yang wajib untuk berbagai masakan tradisional khas Indonesia. Dengan bawang merah, suatu masakan akan memiliki rasa yang kuat dan aroma yang harum. Melansir dari PharmEasy, bawang merah juga memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi peradangan.

Bawang merah harus dikupas dahulu sebelum bisa diulek atau ditumis, yang sayangnya banyak orang terganggu pada proses ini. Mengutip dari Food & Wine, bawang merah yang dikupas mengeluarkan gas molekul yang naik ke mata dan menciptakan reaksi yang dapat membuat air mata bercucuran. Hal itulah yang dianggap mengganggu oleh kebanyakan orang.

Beberapa orang mengatasi hal ini dengan merendam bawang merah di air panas untuk mengurangi efek gas molekul tersebut serta untuk melunakkan bawang merah.

Namun, ada lagi cara yang lebih mudah untuk mengatasi hal tersebut. Cara ini diungkapkan oleh pemilik kanal YouTube Lilis Rahma yang dirangkum pada Senin (24/06/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Bersihkan Bawang Merah

Pertama-tama, pilih bawang merah yang sudah benar-benar kering yang ingin dikupas. Bersihkan bawang merah tersebut dengan cara direndam menggunakan air keran selama 10 menit.

3 dari 10 halaman

Kocok dengan Mixer

Setelah itu, ambil mixer yang masih berfungsi dengan baik lalu gunakan satu mata mixer saja. Kocok rendaman bawang merah tersebut dengan mixer agar kulit bawang merah bisa terkelupas dan menempel pada mata mixer.

4 dari 10 halaman

Buang Kulit Bawang Merah yang Menempel

Setelah dikocok sekitar 15-30 detik, akan sudah ada kulit bawang merah yang menempel pada mata mixer. Buang kulit tersebut agar nanti mixer tetap dapat mengupas kulit bawang merah dengan efektif. Ulangi langkah ini sampai semua kulit bawang merah terkelupas.

5 dari 10 halaman

Gunakan Bawang Merah yang Banyak

Sebagai pengingat, metode ini akan jauh lebih efektif jika bawang merah dikupas dalam jumlah yang banyak. Dengan begitu, gesekan antar bawang merah saat dikocok dengan mixer akan jadi lebih kuat, sehingga kulit bawang merah jadi lebih mudah terkupas.

6 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Agar Tidak Menangis Saat Memotong Bawang?

Mengiris bawang dengan pisau yang tajam adalah metode yang efektif untuk menghindari air mata. Penggunaan pisau tajam saat mengiris bawang dapat mengurangi kerusakan pada bawang itu sendiri. Dengan demikian, jumlah gas yang biasanya membuat mata kita berair dapat dikurangi secara signifikan.

7 dari 10 halaman

Mengapa Mengupas Bawang Merah Dapat Membuat Menangis?

Ini karena bawang merah memiliki senyawa yang mengakibatkan reaksi kimia yang lebih kuat pada mata daripada jenis bawang lain. Itulah sebabnya mengiris bawang merah lebih menyebabkan mata perih daripada bawang putih.

8 dari 10 halaman

Bawang Kupas Sebaiknya Disimpan di Mana?

Bawang yang belum dikupas sebaiknya disimpan di wadah terbuka, namun bawang yang sudah dikupas sebaiknya dimasukkan ke dalam kulkas agar tetap segar lebih lama. Jadi, setelah dikupas, bawang sebaiknya langsung disimpan dalam wadah tertutup tanpa perlu dicuci terlebih dahulu.

9 dari 10 halaman

Berapa Lama Merendam Kulit Bawang Merah?

Membuat pestisida nabati bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan merendam kulit bawang dalam air di dalam toples. Setelah direndam, tutup toples rapat dan biarkan difermentasi selama 48 jam sebelum digunakan.

10 dari 10 halaman

Berapa Lama Daya Tahan Bawang Merah?

Bila disimpan dalam lingkungan yang sejuk, gelap, kering, dan berventilasi baik, bawang merah utuh bisa bertahan selama empat hingga lima minggu. Tetapi, jika berada di daerah yang panas dan lembab dengan suhu di atas 27 derajat Celcius saat siang hari serta kelembaban di atas 50 persen, bawang merah akan membusuk lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini