Sukses

9 Negara dengan Air Terjun Paling Tinggi Sedunia, Keajaiban Alam yang Menakjubkan

Air terjun merupakan bentuk keajaiban dan keindahan alam yang patut untuk dilihat. Oleh karena itu, air terjun di berbagai negara seringkali dijadikan sebagai destinasi wisata. Yuk, simak daftar negara di dunia yang memiliki air terjun paling tinggi dan menakjubkan!

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu pengejawantahan keelokan alam, air terjun yang tersebar di berbagai negara memiliki keistimewaan masing-masing. Daya tarik utamanya tidak hanya terletak pada aliran air yang deras dan pemandangan sekitar yang menakjubkan, tetapi juga pada ketinggian air terjun yang luar biasa. Tinggi air terjun yang mencapai ratusan meter menciptakan pemandangan spektakuler yang memikat siapa saja yang melihatnya. Ketinggian ini seringkali membuat orang harus menikmati keindahannya dari ketinggian udara, menambah sensasi dan pengalaman unik dalam mengagumi keajaiban alam tersebut.

Beberapa air terjun bahkan mencapai ketinggian vertikal minimal 152 meter, menjadikannya sebagai yang tertinggi di seluruh dunia. Keajaiban alam ini tersebar di berbagai negara, masing-masing dengan pesona dan karakteristiknya yang berbeda. Dari Angel Falls di Venezuela yang memegang rekor sebagai air terjun tertinggi di dunia, hingga Tugela Falls di Afrika Selatan yang menawarkan panorama menakjubkan di tengah lanskap pegunungan. Keindahan air terjun ini mengundang para petualang dan pecinta alam untuk menjelajah dan merasakan secara langsung kemegahan dan kekuatan alam yang tiada duanya. Di manakah lokasi-lokasi menakjubkan ini berada, dan seperti apa keunikan yang ditawarkannya?

Berikut ini daftar 9 negara dengan air terjun paling tinggi dan menakjubkan, dikutip dari animals.com, Kamis (13/6/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

1. Afrika Selatan

Air Terjun Tugela di Afrika Selatan diakui secara luas sebagai air terjun kedua tertinggi di dunia dengan ketinggian sekitar 3.110 kaki atau sekitar 948 meter. Kombinasi dari lima aliran air yang khas menjadikan Air Terjun Tugela ini unik.

3 dari 14 halaman

2. Swiss

Swiss terkenal sebagai tempat berbagai air terjun indah di dunia, termasuk air terjun Mattenbachfalle yang terletak di Berne dengan ketinggian sekitar 3.050 kaki atau sekitar 930 meter.

4 dari 14 halaman

3. Peru

Air terjun Gocta Catarata yang terletak di Peru adalah salah satu air terjun tertinggi di dunia, dengan ketinggian mencapai 2.531 kaki atau sekitar 771 meter. Peneliti asal Jerman, Stefan Ziemen Dorf, menemukan air terjun ini pada tahun 2002 saat melakukan penelitian di gua-gua Amazon. Terdapat juga legenda yang mengatakan bahwa di laguna yang terletak di bagian bawah air terjun, mungkin terdapat harta karun yang dijaga oleh seorang putri duyung berambut pirang.

5 dari 14 halaman

4. Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, terdapat sejumlah pesona air terjun yang menakjubkan, dengan Hawai, Washington, dan California menonjol sebagai puncak daftar negara dengan air terjun tertinggi. Salah satu yang terkenal adalah air terjun Olo Upena di Hawaii, yang hanya bisa dinikmati dari laut atau udara karena terletak di tebing pantai utara Molokai.

6 dari 14 halaman

5. Kanada

Air Terjun Bruce di British Columbia, Kanada memiliki ketinggian vertikal sekitar 2.755 kaki atau sekitar 840 meter.

7 dari 14 halaman

6. Selandia Baru

Selandia Baru memiliki sejumlah pemandangan air terjun yang menakjubkan, dan salah satunya yang sangat terkenal adalah air terjun Browne yang tingginya mencapai 2.744 kaki atau setara dengan 836 meter. Terletak di daerah terpencil, air terjun ini dikelilingi oleh gua-gua tersembunyi, sehingga hanya dapat dicapai menggunakan perahu atau helikopter.

8 dari 14 halaman

7. Norwegia

Norwegia adalah negara kecil yang dipenuhi dengan air terjun dan pemandangan alam yang melimpah. Meskipun banyak air terjun di negara ini memiliki volume air yang relatif rendah, namun ketinggiannya sangat menakjubkan. Salah satu air terjun yang terkenal di Norwegia adalah Kerr Skredfossen, yang mencapai ketinggian 2.725 kaki atau setara dengan 831 meter. Lokasi air terjun ini hanya dapat dicapai melalui perjalanan dengan kereta api. Pada tahun 1951, dibangunlah sebuah perhentian khusus kereta api di Norwegia, bertujuan untuk memungkinkan penumpang untuk berhenti sejenak dan menikmati keindahan megah dari air terjun Kerr Skredfossen.

9 dari 14 halaman

8. Venezuela

Di Venezuela, terdapat banyak air terjun yang sulit ditemukan, namun menjadi harta karun tak terlupakan bila berhasil disaksikan. Salah satunya yang terkenal adalah Air Terjun Malaikat (Salto Angel), yang merupakan air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 3.209 kaki atau sekitar 978 meter.

10 dari 14 halaman

9. Reunion

Trou de Fer adalah sebuah panorama air terjun yang mengagumkan yang terletak di Reunion, Prancis. Merupakan salah satu dari air terjun tertinggi di dunia, dengan ketinggian sekitar 2.380 kaki atau sekitar 725 meter. Air terjun ini dapat dengan mudah diakses oleh helikopter wisata yang melakukan penerbangan menjelajahi Pulau Reunion.

11 dari 14 halaman

Air Terjun Tertinggi di Dunia Terletak di mana?

Air terjun terbesar dan tertinggi di dunia disebut Denmark Strait Cataract, yang terletak di tempat yang tak semua dari kita bisa mengunjunginya. Letaknya ribuan meter di bawah Samudra Atlantik utara. Tepatnya yaitu di Selat Denmark yang berada di antara Islandia dan Greenland.

 

12 dari 14 halaman

Apa Nama Air Terjun Tertinggi di Indonesia?

Air Terjun Sigura-Gura, dengan ketinggian mencapai 250 meter, menempati posisi pertama sebagai air terjun tertinggi di Indonesia

13 dari 14 halaman

Apa Nama Air Terjun Non Bawah Air Tertinggi di Dunia?

Dengan ketinggian sekitar 979 meter (3.212 kaki) dan ketinggian bebas jatuh 807 meter (2.648 kaki), Angel Falls adalah air terjun tertinggi di dunia.

14 dari 14 halaman

Berapa Tinggi Air Terjun Maung?

Pemandangan yang masih sangat hijau dan alami menjadi alasan para wisatawan untuk mengunjungi air terjun Maung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar yang hampir sama dengan tingginya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.