Sukses

Resep Masak Dadar Gulung, Isi dan Kulit Bisa Awet hingga 2 Hari

Dengan cara ini, dadar gulung bisa dibuat dengan sangat mudah dan awet hingga 2 hari. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Dadar gulung, salah satu kearifan lokal kuliner Indonesia ini sering kali menjadi pilihan utama para penikmat makanan tradisional.

Kudapan yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah ini sangat cocok dijadikan hidangan saat berbuka puasa, lebaran atau acara-acara perayaan lain.

Meski begitu, dadar gulung tidak begitu mudah ditemukan di pinggir jalan seperti gorengan. Karena itulah dadar gulung harus dibuat sendiri di rumah.

Masalahnya bukan hanya itu. Karena tergolong sebagai kue basah, dadar gulung tentu lebih cepat basi dan tidak dapat bertahan lama.

Namun, ada salah satu tutorial yang dibagikan oleh salah satu kanal YouTube bernama nabila billa. Ia membeberkan cara membuat dadar gulung agar lebih awet sampai 2 hari.

Kira-kira, apakah ada bahan tambahan yang digunakan? Temukan jawabannya yang dirangkum pada Rabu (18/6/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Masak Isian Dadar Gulung

Pertama-tama, masukkan bahan-bahan berikut ke dalam panci secara berurutan untuk dimasak:

● 1 buah kelapa parut.

● 2 sdm gula pasir.

● 3 sisir gula merah.

● ½ sdt garam.

Setelah itu, nyalakan kompor untuk mulai memasak. Aduk-aduk sampai kelapa parut tercampur merata dengan gula merah.

Jika kelapa parut sudah berubah warna jadi agak kemerahan secara merata, segera matikan kompor lalu angkat dan sisihkan.

3 dari 10 halaman

Buat Adonan Dadar Gulung

Untuk membuat kulit/adonan dadar gulung, campurkan bahan-bahan berikut ke dalam mangkuk:

● 200 gram tepung terigu.

● ½ sdt garam.

● 2 butir telur.

● 250 ml air biasa.

● Pewarna makanan hijau tua secukupnya.

Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur sempurna dengan menggunakan mixer. Jika adonan sudah berwarna hijau pekat, maka artinya adonan sudah merata dan siap untuk didadar.

4 dari 10 halaman

Masak Adonan

Panaskan teflon pada kompor dengan api sedang, lalu oleskan margarin pada teflon terlebih dahulu,

Tuangkan 1 sendok sayur adonan pada teflon, lalu tunggu hingga pinggiran adonan mengerucut. Baru setelah itu angkat adonan pelan-pelan dengan tangan dan letakkan adonan di atas piring. Ulangi terus sampai adonan dadar gulung habis.

Agar dadar gulung tidak cepat basi, jangan tambahkan santan cair/bubuk ke dalam adonan.

5 dari 10 halaman

Isi Adonan Dadar Gulung

Letakkan dadar gulung di atas piring untuk diisi kelapa parut yang sudah dimasak tadi. Baringkan dadar gulung lalu taruh sekitar 1 sdm isian di atas dadar gulung.

Setelah itu, lipat dadar gulung secara berurutan dari bawah, lalu kanan dan kiri. Lalu gulung dari bawah ke atas sampai isian dadar gulung tertutup. Ulangi terus langkah ini sampai isian dadar gulung habis.

6 dari 10 halaman

Apakah Kulit Dadar Gulung Bisa Disimpan di Kulkas?

Kulit dadar gulung pun bisa disimpan dalam waktu yang ditentukan untuk penggunaan di masa mendatang guna mendapatkan hasil yang optimal.

7 dari 10 halaman

Dari Mana Asal Dadar Gulung?

Dadar gulung, menurut penelitian yang dilakukan oleh Daneswari pada tahun 2017, merupakan salah satu makanan tradisional yang memiliki ciri khas dari Kota Bandung. Makanan ini memiliki bentuk bulat memanjang dengan isi parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa cair di dalamnya.

8 dari 10 halaman

Apakah Dadar Gulung Bagus untuk Diet?

Dadar Gulung, hidangan penutup yang kaya energi berkat kandungan santan berlemak. Studi ilmiah mengungkap bahwa lemak jenuh dalam kelapa lebih bermanfaat bagi kesehatan daripada yang diperkirakan sebelumnya, sehingga Dadar Gulung bisa dimasukkan ke dalam pola makan seimbang.

9 dari 10 halaman

Berapa Kalori pada Dadar Gulung?

Dengan kelezatan manisnya dan cita rasa gurih yang khas, dadar gulung ini menjadi opsi yang pas untuk camilan saat berbuka puasa. Dalam segi gizi, satu porsi dadar gulung berukuran 50 gram memiliki sekitar 100 kalori, 4 gram lemak, 15 gram karbohidrat, dan 1 gram protein.

10 dari 10 halaman

Bagaimana Rasa Dadar Gulung?

Jajanan pasar dadar gulung terkenal dengan ciri khasnya, yaitu lapisan kulit hijau yang melingkupi isian gula merah, memberikan perpaduan cita rasa gurih dan manis yang lezat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini