Sukses

Tanpa Peras Singkong, Ini Trik Bikin Adonan Combro Jadi Lebih Lembut Meski Sudah Dingin

Combro yang sudah dingin dan agak melempem bisa lembut kembali walau tidak harus memeras singkong. Begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Combro merupakan salah satu camilan tradisional khas sunda yang dibuat dari parutan singkong yang diolah jadi lonjong serta diisi dengan bumbu untuk digoreng.

Semisal gorengan lain memiliki tekstur yang renyah dan garing, maka combro cenderung lebih lembut dengan campuran rasa manis, pedas dan gurih.

Meski terasa lembut, combro akan jadi keras dan susah digigit jika adonannya sudah dingin. Tentu saja hal itu membuat combro tidak lagi nikmat untuk dimakan.

Biasanya, beberapa orang akan memeras singkong terlebih dahulu sebelum digoreng agar tidak keras lagi. Namun cara seperti itu cenderung lama dan tidak praktis.

Nah, tapi ada cara alternatif lain tanpa harus memeras singkong dulu, seperti yang dijelaskan pemilik kanal YouTube Bersama Stfyani. Dirangkum pada Kamis (13/6/2024), berikut caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Haluskan Bumbu Isian Combro

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu bahan isian combro yang meliputi:

●     Cabai merah keriting.

●     Cabai rawit.

●     Bawang merah.

●     Bawang putih.

Untuk takaran masing-masing bumbu bisa disesuaikan dengan berapa banyak combro yang ingin dibuat. Haluskan semua bumbu tersebut dengan chopper agar lebih cepat

3 dari 11 halaman

Tumis Bumbu

Setelah semua bumbu tadi dihaluskan hingga benar-benar encer, panaskan sedikit minyak goreng lalu tumis bumbu pada penggorengan. Sebagai penguat aroma, tambahkan daun jeruk, lengkuas, daun salam dan serai.

Saat menumis, tambahkan garam, kaldu bubuk, ¾ sdm gula pasir, dan oncom yang sudah dihaluskan. Jika tidak ada oncom, maka bisa diganti dengan tempe.

Terus tumis semua campuran bumbu dan oncom tersebut sambil ditekan-tekan agar semakin hancur. Jika ingin lebih pedas, bisa tambahkan lagi beberapa potong cabai ke dalam tumisan tersebut.

Jika dirasa tumisan sudah cukup enak saat dicicip, matikan kompor lalu sisihkan tumisan

4 dari 11 halaman

Buat Adonan

Siapkan sekitar 1 kg singkong yang sudah dipotong dan dikupas, lalu haluskan dengan chopper  Jika sudah cukup halus, buka chopper lalu tambahkan ¾ kelapa parut lalu haluskan lagi.

Jika kedua bahan tersebut sudah halus, letakkan di dalam mangkuk. Tambahkan ½ sdt gula pasir dan garam, 1 sdm margarin, 1 sdm tepung tapioka dan maizena. Jika ingin sensasi yang lebih nikmat, bisa tambahkan daun bawang juga ke dalam adonan.

Aduk adonan tersebut dengan sendok sampai semua tercampur merata.

5 dari 11 halaman

Masukkan Isian Combro

Ambil sekitar 1-2 sdm adonan combro sesuai dengan selera, lalu tambahkan isian di atas nya. Setelah itu tutup isian dengan adonan combro sebanyak 1-2 sdm. Jangan lupa agar adonan dibentuk oval atau lonjong.

Ulangi terus langkah tersebut sampai semua adonan dan isian combro habis.

6 dari 11 halaman

Goreng Combro

Panaskan minyak secukupnya dengan api sedang, lalu masukkan combro satu per satu ke penggorengan. Tunggu sampai combro berwarna kecoklatan sebelum ditiriskan dan disajikan.

7 dari 11 halaman

Kenapa Combro Bisa Keras?

Dikarenakan menggunakan singkong sebagai bahan utama, combro dapat menjadi keras serta kurang lembut, terutama ketika telah mendingin.

8 dari 11 halaman

Apa Beda Combro dan Misro?

Combro dan misro, meskipun menggunakan bahan dasar yang sama, memiliki perbedaan dalam hal rasa. Combro memiliki cita rasa asin, sedangkan misro memiliki rasa yang manis. Combro diisi dengan campuran oncom dan rempah-rempah seperti bawang, cabai, dan lainnya. Di sisi lain, misro berisi potongan gula Jawa yang akan meleleh saat digoreng.

9 dari 11 halaman

Bahan Apa Saja yang Terkandung dalam Combro?

Bahan yang digunakan untuk membuat combro adalah singkong dan oncom. Singkong berasal dari pohon tropis dan subtropis yang merupakan anggota dari keluarga Euphorbiaceae. Umbinya terkenal sebagai sumber karbohidrat yang melimpah, sementara daunnya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran menurut penelitian oleh Hasanah dan rekan-rekannya pada tahun 2012.

10 dari 11 halaman

Bolehkah Makan Combro Saat Diet?

Combro, dikenal juga sebagai hidangan rendah lemak, cocok untuk menjadi pilihan makanan saat menjalani program diet. Lemak pada singkong sebagai bahan utamanya ternyata lebih sedikit daripada lemak yang terdapat dalam sereal dan kacang-kacangan.

11 dari 11 halaman

Combro Makanan Khas Apa?

Combro, makanan khas Jawa Barat, terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan sambal oncom dan kemudian digoreng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini