Sukses

Rahasianya Ada di 2 Bumbu Dapur, Begini Cara Bikin Kuah Bakso yang Gurihnya Nendang

Menyeruput kuah bakso yang gurih memang merupakan suatu kenikmatan tersendiri. Ternyata, begini cara bikinnya.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu makanan pinggir jalan yang banyak dinikmati adalah bakso, terutama saat sedang istirahat jam kerja. Selain itu, bakso dengan kehangatan kuahnya juga sangat nikmat disantap di kala hujan.

Meski begitu, banyak orang yang menilai kenikmatan bakso bukan dari daging bakso itu sendiri, tapi dari rasa gurih kuah bakso.

Tak jarang penjual bakso menambahkan berbagai macam bumbu dapur untuk membuat kuah bakso semakin gurih.

Padahal, kuah bakso yang gurih nendang bisa dibuat sendiri di rumah hanya dengan 2 bumbu dapur saja. Hal ini persis seperti pada tutorial yang dibagikan oleh TikToker @momskitchennn.

Jadi, apa saja 2 bumbu dapur yang digunakan? Temukan jawabannya pada ulasan yang dirangkum hari Senin (17/06/2024) berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Haluskan Bawang dan Kemiri

Pertama-tama siapkan 8 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, dan 2 kemiri yang sudah dibakar. Tumbuk ketiga bahan tersebut hingga benar-benar halus dengan diulek pada cobek.

Jika sudah cukup halus, tambahkan juga daun bawang ke dalam nya lalu haluskan lagi hingga semua tercampur sempurna.

3 dari 10 halaman

Tumis Hingga Wangi

Panaskan minyak di dalam teflon, lalu masukkan semua bahan yang sudah diulek tadi untuk ditumis. Aduk dan tumis semua  bahan tersebut sampai mengeluarkan aroma wangi.

Usahakan minyak yang digunakan jangan terlalu banyak dengan takaran tidak lebih dari ¼ teflon.

4 dari 10 halaman

Rebus Tumisan dan Tambahkan Bumbu

Selanjutnya, rebus air hingga mendidih, lalu masukkan tumisan yang masih panas bersama dengan minyak ke dalam rebusan tersebut.

Lalu, masukkan 2 bumbu utama secukupnya, yaitu garam dan penyedap rasa. Kedua bumbu tersebut sudah cukup untuk membuat kuah bakso jadi gurih nendang.

Jika ingin cita rasa yang agak pedas, bisa tambahkan sedikit lada bubuk. Jika ingin pakai kecap, bisa langsung tambahkan kecap manis atau asin ke dalam rebusan.

5 dari 10 halaman

Masukkan Bakso ke dalam Rebusan

Langkah terakhir adalah masukkan bakso ke dalam rebusan tumisan dan bumbu. Jangan lupa untuk aduk rebusan agar rasa gurih bumbu bisa meresap ke dalam kuah dan bakso.

Jika bakso yang direbus sudah cukup matang, segera matikan kompor. Sekarang, bakso dengan kuah yang gurih nendang sudah siap dinikmati.

6 dari 10 halaman

Apa Saja yang Menjadi Isi Bakso?

Bakso memiliki beragam komposisi, mulai dari cincangan daging, telur, urat, jamur, hingga cabai. Pengolahan bakso pun bervariasi, bisa digoreng, dibakar, atau disajikan dalam kuah dengan mie. Selain menggunakan daging sapi, bakso juga dapat dibuat dari daging ayam, ikan, atau bahkan sayuran.

7 dari 10 halaman

Berapa Lama Waktu untuk Merebus Bakso?

Panaskan air hingga mencapai titik didih guna memasak bakso. Bentuklah adonan bakso menjadi bulatan sesuai dengan keinginan Anda. Setelah itu, masukkan bakso ke dalam air mendidih dan tunggu hingga mengapung, kira-kira selama 15-20 menit. Setelah bakso matang, angkatlah dan rendam dalam air es untuk menghentikan proses memasaknya.

8 dari 10 halaman

Apa Penyebab Bakso Pecah Saat Direbus?

Jangan membiarkan proses merebus berlangsung terlalu lama. Pastikan ketika merebus, tidak ada pemanasan berlebihan yang dapat mengakibatkan adonan bakso pecah. Perebusan yang berlarut-larut dapat mengakibatkan bakso menjadi lembek dan kehilangan kekokohannya.

9 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Mengetahui Bakso Sudah Matang?

Silahkan tunggu sejenak sampai bakso mengapung di permukaan air atau mulai timbul. Bakso yang terapung menunjukkan bahwa bakso tersebut sudah matang.

10 dari 10 halaman

Bakso Kenyal Karena Apa?

Tepung kanji (aci) atau tepung tapioka merupakan varietas tepung yang memberikan kenyal pada bakso. Penting untuk memeriksa perbandingan antara tepung dan daging sapi yang digunakan. Jika ukuran tepung dan daging tidak seimbang, bakso dapat pecah atau menjadi terlalu keras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini