Sukses

Bukan Hanya Segar, Belimbing Ternyata Juga Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Belimbing adalah salah satu buah-buahan tropis yang menjadi favorit banyak orang. Selain bentuknya yang unik, belimbing juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak berbagai manfaat dari buah belimbing!

Liputan6.com, Jakarta Belimbing, atau Averrhoa carambola, adalah buah tropis yang menarik perhatian banyak orang karena bentuknya yang unik menyerupai bintang saat dipotong melintang. Buah ini tidak hanya memikat secara visual, tetapi juga menawarkan rasa yang segar dengan perpaduan manis dan sedikit asam, menjadikannya favorit di berbagai hidangan tropis. Di balik kenikmatan rasanya, belimbing juga menyimpan kekayaan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang berkontribusi signifikan terhadap kesehatan tubuh. Kandungan nutrisinya yang melimpah membuat belimbing menjadi pilihan yang cerdas bagi siapa saja yang ingin meningkatkan asupan gizi dalam pola makan mereka.

Selain memberikan sensasi rasa yang memikat, belimbing juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Buah ini kaya akan vitamin C, yang dikenal mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, belimbing mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. 

Selain itu, khasiatnya yang unik, belimbing juga disebut bisa menjaga kesehatan jantung. Simak detailnya, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Sumber Senyawa Anti Inflamasi dan Antioksidan

Buah belimbing mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat kuat, seperti flavonoid, proanthocyanidins, dan asam galat. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti belimbing, dapat membantu meningkatkan sistem pertahanan antioksidan alami tubuh. Ini juga dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit.

3 dari 8 halaman

Sumber Vitamin C

Belimbing berukuran besar, sekitar 124 gram, dapat menyediakan sebanyak 42,7 mg vitamin C. Jumlah ini mencakup setengah dari kebutuhan harian vitamin C, yaitu 50%, serta 24% dari rekomendasi ahli sebesar 200 mg per hari. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan vitamin C dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan, termasuk risiko terkena beberapa jenis kanker.

4 dari 8 halaman

Memelihara Kesehatan Jantung dan Sistem Pencernaan

Buah belimbing adalah sumber yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi tersebut tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan secara umum, tetapi juga mendukung fungsi jantung dan pencernaan. Satu buah belimbing berukuran besar dapat menyediakan sekitar 3,5 gram serat, yang sangat penting bagi kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, konsumsi serat juga dapat membantu melindungi kesehatan jantung dengan menurunkan kadar lipid darah, tekanan darah, dan gula darah, yang secara keseluruhan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5 dari 8 halaman

Tips Mengkonsumsi Buah Belimbing

Berikut adalah beberapa saran untuk menikmati buah belimbing:

1. Campurkan potongan buah belimbing ke dalam yogurt atau oatmeal.

2. Sajikan potongan buah belimbing sebagai tambahan dalam salad buah.

3. Gunakan jus buah belimbing untuk membuat koktail atau smoothie.

4. Jadikan buah belimbing sebagai camilan bersama dengan kacang atau keju.

6 dari 8 halaman

Apakah Buah Belimbing Bisa Menurunkan Tekanan Darah?

Menurut Winarto (2003), buah belimbing manis dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat belimbing manis sebagai penurun tekanan darah juga sudah cukup banyak dikenal oleh masyarakat.

 

 

 

 

7 dari 8 halaman

Apakah Buah Belimbing Baik untuk Asam Urat?

Serat yang terdapat di dalam buah belimbing membantu mengikat kolesterol dan membuangnya dari tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

8 dari 8 halaman

Apa Manfaat Belimbing Bagi Kulit?

Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam buah belimbing bersifat sebagai antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas penyebab penuaan dini. Kandungan mineral dan nutrisi lainnya dalam buah ini juga bermanfaat untuk mengurangi garis halus atau kerutan pada wajah, sehingga kulit akan terlihat lebih awet muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini