Sukses

5 Teknologi Tertua di Dunia yang Masih Berfungsi dan Dipakai hingga Kini

Teknologi merupakan satu hal yang melekat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Seiring berjalannya waktu, teknologi juga selalu mengalami perkembangan yang pesat. Namun, teknologi yang telah ada sejak dahulu pun masih kerap digunakan hingga kini. Yuk, simak 5 teknologi tertua yang masih digunakan sampai saat ini!

Liputan6.com, Jakarta Seiring berlalunya waktu, selama berabad-abad, manusia terus berusaha untuk melebihi batas-batas teknologi, serta menyelidiki cara untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan teknologi. Mulai dari penemuan sederhana seperti sempoa hingga teknologi canggih seperti bluetooth, upaya terus-menerus dilakukan untuk menemukan inovasi baru yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun banyak teknologi modern telah ditemukan di masa lalu, ada juga beberapa teknologi yang telah terbukti kehandalannya seiring berjalannya waktu, dan tetap relevan dalam era yang terus berkembang ini.

Dikutip dari oldest.org, Minggu (16/6/2024), berikut ini daftar 5 teknologi yang paling tua di dunia dan masih digunakan hingga kini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Floppy Disk

Floppy disk dipakai untuk berbagai keperluan terkait komputer, seperti menyebarkan perangkat lunak, transfer file, dan pencadangan data. Teknologi ini pertama kali dikembangkan pada akhir 1960-an, tapi baru tersedia secara komersial satu dekade setelahnya. Meski tak sepopuler di awal tahun 2000-an, floppy disk masih dipakai oleh banyak orang di seluruh dunia untuk kegiatan beragam. Sebagai contoh, beberapa pesawat seperti Boeing 747 juga menggunakan floppy disk untuk mengunduh perangkat lunak avionik. Selain itu, beberapa mesin bordir dan peralatan medis pun mengandalkan floppy disk dalam mekanisme internalnya.

3 dari 11 halaman

Cobol

Bahasa pemrograman komputer yang dikenal sebagai Cobol telah menjadi bagian integral dari banyak sistem bisnis, administrasi, dan keuangan. Diciptakan dengan tujuan keterbacaan dan portabilitas, Cobol dirancang oleh Grace Hopper, seorang laksamana, ilmuwan komputer, dan ahli matematika. Proyek ini bermula dari kebutuhan Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk memiliki bahasa pemrograman portabel yang dapat digunakan dalam pemrosesan data mereka.

Bahasa pemrograman komputer yang dikenal sebagai Cobol telah menjadi bagian integral dari banyak sistem bisnis, administrasi, dan keuangan. Diciptakan dengan tujuan keterbacaan dan portabilitas, Cobol dirancang oleh Grace Hopper, seorang laksamana, ilmuwan komputer, dan ahli matematika. Proyek ini bermula dari kebutuhan Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk memiliki bahasa pemrograman portabel yang dapat digunakan dalam pemrosesan data mereka.

4 dari 11 halaman

Telepon Rumah

Selama beberapa tahun terakhir, penggunaan sambungan telepon rumah telah meningkat secara signifikan, dengan masyarakat di berbagai belahan dunia mulai mengadopsinya. Meskipun telepon seluler kini mendominasi pasar global, namun masih terdapat banyak rumah tangga di berbagai negara yang tetap mempertahankan sambungan telepon rumah. Berdasarkan data penelitian tahun 2022, lebih dari 82% rumah tangga di Jerman masih menggunakan sambungan telepon rumah, meskipun mereka juga memiliki telepon seluler.

5 dari 11 halaman

Papan Ketik QWERTY

Papan ketik QWERTY adalah salah satu teknologi tertua yang tetap populer hingga hari ini. Nama ini diambil dari susunan tombol di sudut kiri atas setiap keyboard. Keyboard QWERTY pertama kali dikembangkan oleh Christopher Latham Sholes, seorang pencetak dan editor, pada akhir abad ke-19.

6 dari 11 halaman

Sempoa

Sempoa, salah satu penemuan tertua di dunia, berfungsi sebagai alat perhitungan dan untuk berbagai fungsi matematika lainnya. Perangkat sempoa ini pertama kali ditemukan di Mesopotamia kuno. Menurut sejarah, teknologi ini dimulai dari kebiasaan orang-orang Yunani yang menggunakan kerikil untuk menghitung.

7 dari 11 halaman

Apa yang Dimaksud Teknologi Modern?

Teknologi modern adalah industri yang mempunyai pengaruh global, mempengaruhi hampir keseluruhan dari segi kehidupan manusia dan masyarakat. 

 

 

 

8 dari 11 halaman

Apa Arti Dari Kata Teknologi?

Secara umum, teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan, dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Dalam penggunaan ini, teknologi merujuk pada alat, dan mesin yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia nyata.

9 dari 11 halaman

Kapan Teknologi Pertama Kali Ditemukan?

Mengutip situs Australian Museum, lebih dari 3 juta tahun yang lalu diperkirakan telah ada penggunaan alat atau kemampuan pembuatan alat. Perkiraan ini didasarkan pada penemuan dan analisa ilmuwan.

10 dari 11 halaman

Bagaimana Awal Sejarah Munculnya Teknologi?

Sejarah teknologi dimulai dari munculnya spesies manusia di muka bumi, jejak-jejak peralatan dan teknologi yang dimiliki manusia sejak awal peradabannya ditemukan, kemudian direkonstruksi secara historis dan kemudian dianalisis kaitannya dengan perkembangan peradaban manusia.

 

 

11 dari 11 halaman

Apa itu Alat Komunikasi Tradisional?

Alat komunikasi tradisional adalah media sederhana yang digunakan selama proses transmisi pesan oleh pengirim (komunikator) ke penerima (komunikan). Biasanya alat komunikasi tradisional masih memakai metode yang manual. Hal ini dikarenakan belum ditemukannya teknologi pada masa tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini