Sukses

Triknya saat Menggoreng, Begini Cara Masak Tempe Goreng yang Renyah dan Bumbu Meresap Sempurna

Menggoreng tempe dengan bumbu yang meresap sempurna sangatlah praktis, yakni hanya dengan merendamnya dalam bumbu. Berikut caranya.

Liputan6.com, Jakarta Tempe goreng merupakan salah satu makanan tradisional yang sudah hampir mengakar di seluruh lapisan masyarakat.

Dengan bahan baku yang terjangkau, tempe bisa diolah menjadi beberapa hidangan yang lezat. Tak hanya lezat, tempe diketahui juga sarat akan protein dan kalsium.

Salah satu olahan tempe yang paling banyak digemari adalah tempe goreng, karena cara pembuatannya yang cukup praktis.

Salah satu kanal YouTube bernama Dapur ummu syazwan telah membagikan tutorial membuat tempe goreng renyah dengan bumbu meresap sempurna. Dirangkum pada Sabtu (15/6/2024), berikut adalah rangkuman langkah-langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Potong Tempe Beberapa Bagian

Pertama-tama, siapkan tempe sekitar satu papan, lalu potong jadi beberapa bagian. Untuk ketebalan tempe bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Namun agar lebih puas, buat potongan yang agak besar agar kenikmatan  bumbunya bisa memenuhi mulut.

3 dari 11 halaman

Buat Garis Kecil-kecil pada Tempe

Selanjutnya, karatkan atau buat garis-garis kecil dengan menyayat sedikit permukaan tempe menggunakan pisau. Hal ini bertujuan agar bumbu bisa meresap secara sempurna ke dalam tempe saat digoreng nanti.

4 dari 11 halaman

Rendam Tempe dalam Bumbu

Setelah itu, buat campuran bumbu yang meliputi:

●     2 siung bawang putih yang sudah ditumbuk.

●     Ketumbar.

●     Kunyit bubuk.

●     1 sdt garam

●     1 sdt penyedap rasa

Campurkan semua bumbu tersebut dalam mangkuk, lalu tuang air secukupnya untuk kemudian diaduk-aduk sampai tercampur merata.

Sesudah itu, masukkan tempe satu per satu ke dalam mangkuk tersebut untuk dilumuri dengan bumbu.

5 dari 11 halaman

Goreng Tempe

Panaskan minyak goreng dalam takaran yang tidak terlalu banyak, lalu masukkan setiap tempe ke penggorengan.

Tunggu hingga tempe matang dan berwarna kuning keemasan selama proses penggorengan. Jangan lupa untuk membolak-balikkan tempe agar matang secara merata.

6 dari 11 halaman

Tuang Bumbu ke Penggorengan

Jika tempe sudah setengan matang, tuang bumbu yang digunakan untuk melumuri tempe tadi ke dalam penggorengan. Hal ini bertujuan agar bumbu bisa lebih meresap ke dalam tempe.

Lanjutkan dengan mengaduk-aduk tempe selama menggoreng hingga matang dan berwarna keemasan.

Jika dirasa sudah cukup matang, matikan kompor lalu angkat dan tiriskan tempe. Sekarang, tempe goreng yang renyah dengan bumbu yang meresap sudah siap disantap dengan sambal.

7 dari 11 halaman

Apa Saja yang Dapat Membuat Kegagalan dalam Membuat Tempe?

Beberapa faktor yang bisa mengakibatkan kegagalan dalam pembuatan tempe termasuk kualitas kedelai yang tidak baik, kurangnya kebersihan peralatan yang digunakan, kadar air yang tidak sesuai, suhu ruangan fermentasi, serta tingkat kelembapan yang tidak tepat.

8 dari 11 halaman

Mengapa Bungkus Tempe Perlu Dilubangi?

Kemasan plastik memerlukan lubang kecil-kecil agar udara dapat mengalir, karena kantong plastik kedap udara.

9 dari 11 halaman

Bagaimana Ciri-ciri Tempe yang Baik?

Ciri-ciri tempe yang berkualitas baik adalah warna putih bersih yang merata di permukaannya, struktur homogen dan kompak, serta aroma khas yang khas dan wangi.

10 dari 11 halaman

Apakah Protein Tempe Akan Hilang Saat Digoreng?

Menggoreng juga dapat meningkatkan suhu secara berlebihan serta mengurangi kandungan protein yang berupa asam amino dalam makanan tersebut. Terutama jika makanan tersebut digoreng hingga kering.

11 dari 11 halaman

Apakah Tempe Baik untuk Jantung?

Kandungan asam lemak tak jenuh di dalam tempe, terutama omega-3 dan omega-6, dapat memberikan dukungan bagi kesehatan jantung. Khususnya, omega-3 berperan dalam menurunkan tingkat kolesterol jahat dan trigliserida dalam aliran darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini