Sukses

7 Rekomendasi Model Kacamata yang Cocok untuk Tipe Wajah Oval

Memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah akan menambah penampilan semakin cantik. Maka dari itu, yuk simak beberapa model kacamata berikut yang cocok untuk wajah oval!

Liputan6.com, Jakarta Untuk meningkatkan daya tarik penampilan, penting untuk memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah. Oleh karena itu, bagi yang memiliki wajah oval, perlu untuk mengetahui jenis kacamata yang cocok untuk wajah oval guna meningkatkan penampilan mereka. 

Wajah oval biasanya ditandai oleh dahi dan rahang yang lebar dengan sisi kanan dan kiri yang sedikit menyempit. Untuk memastikan bentuk wajah, Kamu bisa mengukur panjangnya dari sisi ke sisi. 

Meskipun wajah oval cenderung cocok dengan berbagai model kacamata, tetapi tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pemilihan tersebut.

Di bawah ini adalah beberapa jenis dan model kacamata yang sesuai untuk wajah oval, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (20/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Kacamata Square

Kacamata berbentuk persegi sangat ideal untuk pemilik wajah oval. Bagian kanan dan kiri frame lensa memberikan penekanan yang pas dan harmonis dengan rahang yang tirus.

Untuk menciptakan tampilan profesional, pemilik wajah oval dapat memilih kacamata berbentuk kotak. Pilihlah kacamata yang lebarnya sesuai dengan garis wajah, hindari yang terlalu lebar sehingga mencapai ujung hidung. 

Hindari juga frame yang terlalu besar sehingga melebihi tulang wajah di kedua sisi. Hal ini karena kacamata yang terlalu besar dapat mengganggu penglihatan dan mengurangi daya tarik penampilan.

3 dari 13 halaman

2. Kacamata Bulat

Kacamata yang sesuai untuk wajah oval berikutnya adalah kacamata bulat atau berbentuk bundar. Jenis kacamata ini membantu meruncingkan tulang pipi yang tirus, sehingga wajah terlihat lebih bulat. 

Saat memilih kacamata bulat, penting juga untuk mempertimbangkan frame yang sesuai. Beberapa orang lebih suka frame tipis karena terasa ringan dan memberikan kesan yang lebih halus. Namun, ada juga yang memilih kacamata bulat dengan frame tebal untuk menonjolkan bentuk wajah, terutama di sekitar mata.

4 dari 13 halaman

3. Kacamata Persegi Panjang

Model kacamata yang sesuai untuk wajah oval berikutnya adalah dengan frame berbentuk persegi panjang. Bentuk frame ini cocok karena dapat mengaksentuasi struktur wajah, memberikan kesan lebih tirus, dan memberikan penegasan pada area sekitar mata.

Namun, saat memilih frame ini, penting untuk berhati-hati. Kadang-kadang, jika frame terlalu lebar atau terlalu panjang, hal tersebut dapat membuat penampilan kurang menarik. Oleh karena itu, penting untuk memilih ukuran yang sesuai dengan proporsi wajah dengan cermat.

5 dari 13 halaman

4. Kacamata Aviator

Model kacamata aviator, atau yang sering disebut kacamata pilot, sesuai untuk wajah oval. Desainnya memiliki garis di bagian atas dekat dahi yang dapat meningkatkan daya tarik penampilan. 

Kacamata aviator memiliki kesan yang tidak lekang oleh waktu dan bisa dipadukan dengan gaya apa pun. Bagi pemilik wajah oval, kacamata ini dapat memberikan kesan formal atau modis sesuai keinginan.

6 dari 13 halaman

5. Kacamata Cat Eye

Model kacamata yang cocok untuk wajah oval adalah kacamata cat eye. Gaya kacamata ini telah menjadi favorit, terutama di kalangan wanita, sejak lama hingga saat ini. 

Desainnya yang melengkung dengan ujung yang tajam di kedua sisi dapat memberikan penonjolan pada tulang pipi. Selain itu, kesan lucu dan menawan dari kacamata ini juga memiliki daya tarik tersendiri.

Kacamata cat eye memiliki sifat yang abadi dan sangat efektif dalam menonjolkan tulang pipi. Namun, sebaiknya hindari memilih kacamata cat eye yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk memastikan penampilan yang menarik. 

Jika terlalu besar, kacamata tersebut dapat membuat wajah terlihat terbebani, sementara jika terlalu kecil, ruang pandang mata akan menjadi terbatas.

7 dari 13 halaman

6. Kacamata Rimless

Kacamata rimless merupakan salah satu jenis atau model kacamata yang cocok untuk wajah oval. Kacamata ini tidak memiliki bingkai, sehingga memberikan kesan bersih dan tanpa celah. 

Selain itu, kacamata rimless juga dapat memberikan kesan profesional dan modis bagi pemakainya. Pengguna kacamata rimless akan terlihat lebih menonjol, dan bentuk wajah oval dapat dengan mudah berpadu dengan jenis kacamata ini.

8 dari 13 halaman

7. Kacamata Oversized

Selain itu, ada juga model kacamata yang cocok untuk wajah oval yang memiliki lebar dan luas yang melebihi ukuran. 

Sebenarnya, pemilik wajah oval dapat memakai berbagai bentuk kacamata, namun perlu mempertimbangkan apakah kacamata tersebut terlalu besar, berat, merepotkan, atau cenderung menutupi sebagian besar wajah. 

Disarankan untuk memilih kacamata oversized yang sesuai dan nyaman untuk wajah, agar penglihatan sehari-hari tidak terganggu.

9 dari 13 halaman

Wajah Oval Lebih Cocok Pakai Kacamata Apa?

Frame tebal, model cat eye, atau frame persegi dengan lengkungan adalah pilihan terbaik untuk wajah oval saat memilih kacamata. Contoh frame yang sesuai termasuk Ashley atau Durand.

10 dari 13 halaman

Seperti Apa Bentuk Wajah Oval?

Bentuk wajah oval merupakan perpaduan antara persegi dan bulat. Biasanya, dahi lebih sempit daripada tulang pipi, dan wajah memiliki proporsi panjang yang lebih dominan daripada lebar. Shafer mencatat bahwa garis rahang dan dagu yang lebih melengkung adalah ciri khas dari bentuk wajah oval.

11 dari 13 halaman

Kacamata Apa yang Cocok untuk Wajah Lonjong?

Untuk wajah yang lebih panjang, pilihlah kacamata dengan frame oversized yang dapat menciptakan keseimbangan visual dengan panjang wajah. Frame yang tebal juga disarankan untuk memberikan ilusi keseimbangan dan proporsi yang lebih baik.

12 dari 13 halaman

Kacamata Model Cat Eye Cocok untuk Wajah Apa?

Tentu, kacamata dengan desain cat-eye yang memiliki ujung yang tajam sangat cocok bagi Anda yang memiliki wajah bulat. Bentuk cat-eye ini mampu menciptakan ilusi yang membuat pipi Anda terlihat lebih tirus dan memberikan sentuhan gaya yang semakin modis pada penampilan Anda!

13 dari 13 halaman

Apakah Wajah Oval Cocok Pakai Kacamata Cat Eye?

Pemilik wajah oval juga cocok untuk menggunakan model kacamata cat eye.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini