Sukses

Tidak Perlu Direndam Air Panas, Begini Cara Mudah Kupas Kulit Ari Kacang Tanah

Dengan cara ini, kulit ari kacang tanah yang sangat tipis bisa dikupas tanpa harus direndam air panas. Simak caranya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Kacang tanah merupakan salah satu bahan makanan yang dapat diolah jadi berbagai macam bumbu yang lezat.

Selain lezat, kacang tanah juga diketahui mengandung zat bioaktif yang dapat mencegah berbagai penyakit sehingga akan memperpanjang umur manusia.

Terlepas dari semua itu, proses pengolahan kacang yang paling rumit justru adalah saat mengupas kulit ari yang sangat tipis.

Biasanya, orang-orang merendam kacang tanah di dalam air panas terlebih dahulu agar lebih mudah untuk mengupas kulit ari.

Namun, pemilik kanal YouTube Belajar Masak memiliki pendekatan lain, yakni dengan cara disangrai. Dirangkum pada Senin (17/6/2024), simak langkah-langkahnya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Panaskan Kacang Tanah pada Wajan

Pertama-tama, panaskan wajan di atas kompor, lalu masukkan semua kacang tanah yang ingin disangrai. Tidak perlu memasukkan minyak atau bahan apapun pada cara ini, cukup kacang tanah dan wajan saja.

3 dari 11 halaman

Sangrai Kacang Tanah Hingga Kering

Mulai menyangrai  dengan mengaduk kacang tanah pada wajan yang dipanaskan hingga semua kacang kering agar lebih mudah dikupas.

Jika proses mengaduk sudah terasa lebih ringan, maka itu pertanda jika kacang tanah sudah kering.

4 dari 11 halaman

Letakkan Kacang Tanah pada Wadah

Untuk memeriksa apakah kacang sudah kering atau belum, bisa coba ambil satu lalu gesekkan dengan ibu jari dan telunjuk. Jika kulit langsung terkelupas, maka kacang tanah memang sudah kering.

Matikan kompor, lalu masukan semua kacang tanah yang sudah kering pada suatu wadah. Biasanya kacang tanah yang sudah kering juga akan mengeluarkan bintik-bintik hitam

5 dari 11 halaman

Kupas Kulit Ari Kacang Tanah

Karena sudah kering, maka kulit ari  kacang tanah bisa langsung dikupas baik secara manual atau bantuan alat pengupas. Namun jika jumlah kacang tanah terlalu banyak, maka disarankan untuk menggunakan mesin.

6 dari 11 halaman

Pisahkan Kulit Ari yang Sudah Dikupas

Jangan lupa untuk memisahkan kulit ari agar tidak tercampur dengan kacang tanah yang sudah dikupas.                                   

Terlihat kulit ari kacang tanah sudah terkelupas dengan sempurna dan siap diolah untuk menjadi berbagai bumbu atau saus.

7 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Mengupas Kacang Tanah?

Rebus air sampai mencapai titik mendidih. Kemudian, matikan api kompor dan masukkan kacang tanah ke dalam panci yang telah ditutup. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu, letakkan kacang tanah secara perlahan ke dalam sebuah wadah ulekan batu. Lanjutkan dengan menggiling kacang menggunakan tangan atau saringan.

8 dari 11 halaman

Berapa Lama Kacang Tanah Kupas Bertahan?

Untuk memperpanjang daya tahan, kacang tanah kupas dapat disimpan dalam kulkas selama hingga enam bulan. Perbedaan suhu antara kulkas dan suhu ruangan mencegahnya dari pertumbuhan jamur dan kebusukan. Pastikan untuk menempatkannya dalam wadah kedap udara sebelum disimpan di dalam kulkas.

9 dari 11 halaman

Apakah Kulit Ari Kacang Tanah Bisa Dimakan?

Potensi kulit ari kacang tanah sebagai sumber makanan fungsional dapat dijelaskan melalui beragamnya senyawa fenolik yang terkandung di dalamnya. Ini memungkinkan pengembangan kulit ari kacang tanah sebagai bahan baku suplemen.

10 dari 11 halaman

Apakah Kacang Tanah Baik untuk Paru-paru?

Sumber antioksidan yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas yang berpotensi merusak paru-paru terdapat pada kacang tanah, polong, kedelai, dan jenis kacang lainnya.

11 dari 11 halaman

Apa Manfaat dari Kulit Kacang Tanah?

Hasil riset menunjukkan bahwa kulit kacang tanah memiliki potensi besar sebagai biosorben yang ramah lingkungan, terjangkau, dan efektif dalam menyerap logam seperti Ca dan Mg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini