Sukses

Hanya Butuh 7 Menit, Ini Cara Rebus Telur dengan Kematangan Pas dan Mudah Dikupas

Dengan cara ini, telur rebus dapat matang hanya dalam 7 menit dan tetap mudah dikupas. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Melansir WebMD, telur rebus mengandung Lutein and zeaxanthin, zat anti-radang dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan mata.

Selain itu, telur rebus juga memiliki kandungan seng dan selenium yang dapat menjaga imunitas tubuh selama bulan puasa ini.

Dengan segala manfaat yang dimiliki, ternyata tidak sedikit orang yang mengeluh kesulitan saat mengupas telur.

Hal itu disebabkan karena cara mengupas yang kurang tepat, sehingga ada bagian telur yang terbuang saat dikupas.

Namun dengan cara yang dibagikan pada video pendek YouTube oleh kanal GlentinaPasaribu, mengupas telur rebus jadi jauh lebih mudah.

Dirangkum pada Senin (17/6/2024), berikut caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Gunakan Api Sedang Saat Merebus

Siapkan panci berisi air hingga semua telur yang direbus bisa terendam. Hal ini sangat penting tingkat kepanasan tersebar merata, sehingga tekstur telur jadi mulus dan cerah.

Jangan lupa untuk gunakan api sedang saat merebus. Jika api terlalu kecil, kematangan telur tidak akan bisa masuk sampai ke bagian terdalam. Sedangkan jika terlalu besar, telur berisiko pecah sehingga teksturnya jadi kasar.

3 dari 10 halaman

Rebus Selama 7 Menit

Jika rebusan telur sudah diatur pada kompor dengan api sedang, tunggu sekitar  5-7 menit hingga rebusan mendidih dan bergelembung.

Setelah 7 menit, matikan kompor lalu diamkan sebentar selama 2 menit.

4 dari 10 halaman

Rendam Telur dalam Air Dingin

Usahakan untuk gunakan wadah berisi air es untuk merendam telur rebus. Jika tidak, maka bisa cuci saja dengan air mengalir sebagai alternatif.

Rendaman air es sendiri sangat berguna agar kulit telur rebus jadi lebih rapuh dan mudah mengelupas.

5 dari 10 halaman

Pecahkan Telur pada Bagian yang Tumpul

Jika diraba-raba, ada bagian pada telur rebus matang yang lebih tumpul dari bagian lain. Pecahkan terlebih dahulu bagian tersebut, baru kupas sisanya.

Bisa dilihat, telur rebus memiliki tone warna yang sangat cerah dengan tekstur yang lebih lembut. Selain mudah dan praktis, proses merebus telur ini juga hemat gas karena hanya memakan waktu 7 menit.

6 dari 10 halaman

Berapa Lama Merebus Telur Agar Mudah Dikupas?

Pengaruhnya juga akan terasa saat mengolah telur rebus. Waktu pemasakan dapat bervariasi mulai dari 2 hingga 15 menit, tergantung pada tingkat kematangan yang diinginkan. Untuk telur yang matang secara merata dan sempurna, direbus selama 15 menit bisa menjadi pilihan.

7 dari 10 halaman

Kenapa Kulit Telur Rebus Sulit Dikupas?

Ketika telur yang baru dikumpulkan dimasak dalam air mendidih, protein dalam bagian albumen akan terikat dengan cepat pada membran bagian dalam telur karena pH yang lebih rendah. Sebagai hasilnya, proses untuk mengupas cangkang telur tanpa merusak bagian dalamnya akan menjadi lebih sulit. Artinya, semakin baru telur tersebut, semakin sulit cangkangnya untuk dikupas.

8 dari 10 halaman

Apakah Merebus Telur Menggunakan Air Garam?

Melarutkan garam ke dalam air yang digunakan untuk merebus telur dapat meningkatkan kepadatan bagian putih telur secara optimal. Garam tersebut juga berperan dalam memecahkan protein, yang mana mengurangi risiko terjadinya keretakan pada cangkang telur. Proses kimia ini membantu dalam penggumpalan putih telur, yang kemudian dapat menutup retakan pada cangkang serta mencegahnya dari bocor ke dalam air rebusan.

9 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Mengetahui Telur Rebus Sudah Matang?

Menurut laporan dari Food Network, telur yang dimasak dalam keadaan berputar dengan cepat, lancar, dan stabil menandakan bahwa telur telah dimasak sempurna. Sebaliknya, jika telur masih mentah, putarannya akan terasa sangat lambat dan bergoyang maju mundur karena ketidakstabilan cairan telur di dalam cangkangnya.

10 dari 10 halaman

Kenapa Telur Rebus Ada Bintik Hitam?

Menurut Anna, adanya bintik hitam kecoklatan pada telur rebus menandakan bahwa makanan tersebut telah tidak aman untuk dikonsumsi. Menurutnya, telur yang telah terkontaminasi bakteri dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan, seperti timbulnya rasa mual, muntah, dan diare.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini