Sukses

Tidak Usah Tepung Terigu, Ini Trik Sederhana Bikin Bakwan Renyah dan Utuh saat Digoreng

Kini, menggoreng bakwan sayur yang renyah dan tetap utuh tidak lagi memerlukan tepung terigu. Ini bahan rahasianya.

Liputan6.com, Jakarta Bakwan sayur yang renyah dengan isian yang penuh memang sangat nikmat. Namun, sayangnya kebanyakan bakwan sayur dibuat dengan tepung terigu agar semakin tebal.

Melansir dari WebMD, tepung terigu bukanlah bahan yang sehat karena banyak nutrisi yang hilang pada proses penyaringan. Selain itu, tepung terigu juga dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit dalam jangka panjang.

Oleh karena itu penggunaan tepung terigu sebaiknya diminimalisir. Termasuk dalam membuat gorengan seperti bakwan sayur.

Lalu, apakah ada cara agar bakwan sayur bisa tetap renyah dan utuh walau tanpa tepung terigu? Salah satu video tutorial yang diunggah oleh kanal YouTube Bunda Ary Fr telah membagikan cara menggoreng bakwan sayur tanpa tepung terigu.

Lantas, bahan apa saja yang digunakan? Dirangkum pada Minggu (9/6/2024), ini dia langkah-langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Iris-iris lalu Campurkan Semua Isian Bakwan

Pertama-tama, iris kecil-kecil isian tahu yang meliputi kol, wortel, daun bawang, dan daun bawang. Setelah itu, masukkan semua sayuran tersebut ke dalam mangkuk.

Masukkan dua siung bawang putih yang sudah dihaluskan beserta dua butir telur ke dalam mangkuk tersebut. Lalu, aduk sampai semua sayuran lengket dan merata.

3 dari 10 halaman

Masukkan Bubuk Agar-agar dan Jeli

Ternyata, pemilik kanal Bunda Ary Fr ini menggunakan bubuk agar-agar dan jeli sebagai pengganti tepung terigu.

Masukkan masing-masing satu bungkus bubuk agar-agar dan jeli yang plain dengan merk apapun ke dalam mangkuk. Lalu, aduk sampai tercipta adonan yang tercampur rata

4 dari 10 halaman

Tambahkan Bumbu Penyedap

Karena bakwan sayur tanpa terigu ini diperuntukkan untuk yang sedang diet, maka bumbu yang digunakan juga tidak banyak.

Tambahkan sekitar 2 sendok teh saja kaldu bubuk ke dalam adonan. Jika ingin ada sensasi pedas, bisa tambahkan lada bubuk secukupnya.

Jangan lupa untuk aduk adonan lagi hingga tercampur secara sempurna dengan bumbu.

5 dari 10 halaman

Goreng Bakwan Sayur

Panaskan minyak dengan api sedang pada teflon, lalu masukkan adonan bakwan satu per satu untuk digoreng.

Jangan lupa untuk membolak-balik bakwan agar bisa matang di kedua sisi sampai berwarna agak kecoklatan.

Jika sudah matang, tiriskan bakwan sayur lalu sajikan di atas piring untuk segera disantap dengan sambal atau cabai rawit.

6 dari 10 halaman

Kenapa Bakwan Menyerap Minyak?

Apabila api kekecilan, suhu yang dihasilkan mungkin tidak optimal sehingga bakwan akan menyerap minyak lebih banyak. Namun, bila terlalu besar, bakwan hanya akan matang pada bagian luarnya saja sementara bagian dalamnya masih mentah.

7 dari 10 halaman

Apa Penyebab Gorengan Jadi Lembek?

Untuk memastikan gorengan matang secara merata serta memiliki tekstur renyah di luar dan di dalamnya, penting untuk memastikan bahwa bakwan terendam sepenuhnya saat digoreng. Jika minyak yang digunakan terlalu sedikit, konsekuensinya akan membuat gorengan kurang renyah dan cenderung menjadi lembek ketika sudah dingin. Selain itu, kelembaban berlebih dalam adonan juga dapat menyebabkan gorengan cepat menjadi lembek.

8 dari 10 halaman

Mengapa Bakwan Menjadi Keras?

Sebaiknya, hindari membiarkan adonan bakwan terlalu lama, karena hal tersebut dapat mengakibatkan teksturnya menjadi keras. Lebih baik menggoreng adonan secara langsung tanpa menunggu terlalu lama. Pastikan untuk membuat adonan bakwan dalam jumlah yang pas agar tidak ada sisa.

9 dari 10 halaman

Apakah Air Es Bisa Merenyahkan Gorengan?

Menggunakan air es dalam pembuatan adonan pencelup dapat memberikan hasil yang lebih renyah pada gorengan bertepung, seperti bakwan. Oleh karena itu, umumnya resep-resep menyarankan penggunaan air es dalam pembuatan batter. Proses ini melibatkan pencelupan bahan yang akan digoreng, seperti bakwan, ke dalam telur terlebih dahulu sebelum dilapisi dengan tepung.

10 dari 10 halaman

Apakah Adonan Bakwan Bisa Disimpan di Kulkas?

Adonan bakwan bisa disimpan dalam kulkas untuk mencegah kerusakan. Namun, sering kali adonan bakwan mengalami perubahan tekstur ketika disimpan dalam lemari es.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.