Sukses

Begini Cara Rebus Daging Agar Empuk dalam 15 Menit, Modal 2 Bahan Dapur Saja

Cara berikut ini bisa membuat daging sapi rebus jadi empuk.

Liputan6.com, Jakarta Daging sapi merupakan salah satu jenis bahan pangan yang bisa diolah dengan berbagai metode, termasuk tumis, masakan berkuah, atau panggang. Tidak hanya itu, daging sapi juga bisa disajikan dengan variasi bumbu seperti balado, asam manis, lada hitam, dan sebagainya.

Namun, bagi sebagian orang, proses pengolahan daging bisa menjadi suatu tantangan. Hal ini dikarenakan tekstur daging yang keras ketika masih mentah, sehingga membuatnya sulit untuk diolah. Untuk mencapai tekstur daging yang lembut, seringkali diperlukan proses perebusan yang cukup lama, bahkan berjam-jam.

Dalam usaha untuk mencapai kelembutan daging, banyak orang memilih menggunakan panci presto. Panci dengan tekanan tinggi ini mampu menghasilkan daging empuk dalam waktu singkat. Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua orang memiliki panci khusus tersebut.

Bagi mereka yang tidak memiliki atau tidak ingin menggunakan panci presto, bisa mencoba cara sederhana yang dibagikan oleh Noer Diary, seorang pengguna YouTube. Melalui salah satu videonya, Noer Diary menjelaskan bahwa ia hanya menggunakan panci biasa saat merebus daging. Dengan menerapkan teknik khusus dan menambahkan dua bahan dapur tertentu, ia berhasil membuat daging yang direbus menjadi empuk.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari pengguna kanal YouTube Noer Diary, pada Selasa (18/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Bahan Apa yang Digunakan?

Merujuk pada kanal YouTube Noer Diary, disampaikan bahwa dalam proses merebus daging, Noer Diary memanfaatkan campuran air lemon dan garam. Penting untuk memastikan penggunaan yang akurat dari kedua bahan ini agar dapat mencapai tingkat kelembutan daging yang optimal.

3 dari 9 halaman

Langkah Pertama

Persiapkan potongan daging yang sudah dipotong. Selanjutnya, siram dengan jus jeruk nipis. Aduk perlahan sambil meremas daging, dan diamkan selama 5 menit.

Asam dari jus jeruk nipis dapat membantu melonggarkan serat protein dalam daging, sehingga daging akan lebih lembut setelah proses memasak.

Namun, untuk menghindari rasa daging yang terlalu asam, disarankan untuk membilasnya setelah proses perendaman dengan jus jeruk nipis.

4 dari 9 halaman

Langkah Kedua

Langkah berikutnya, letakkan potongan daging ke dalam panci yang sudah diisi air. Selanjutnya, panaskan hingga mendidih selama 5 menit dengan menutup panci.

5 dari 9 halaman

Langkah Ketiga

Setelah lewat waktu 5 menit, bukalah penutup panci. Selanjutnya, bersihkan gelembung atau partikel kotoran yang timbul di atas permukaan air rebusan.

6 dari 9 halaman

Langkah Keempat

Pada tahap akhir, taburkan garam secukupnya untuk memastikan kelembutan daging yang lebih cepat saat proses merebus. Setelah garam ditaburkan, tutup pancinya kembali dan rebus selama 5 menit. Setelah itu, matikan kompor dan biarkan selama 5 menit dengan panci yang tetap tertutup. Setelah jeda tersebut, rebus kembali selama 5 menit.

Dengan demikian, total waktu perebusan sejak dimasukkan daging pertama kali adalah 15 menit. Kemudian, matikan kompor dan buka penutup panci. Angkat dan tiriskan daging yang telah direbus. Melalui tahapan ini, daging sapi yang telah dimasak menjadi empuk dan siap untuk diolah dengan berbagai macam bumbu.

7 dari 9 halaman

Apakah Daging Sapi Perlu Dicuci Setelah Direbus?

Daging segar tak perlu dicuci untuk direbus. Cukup didihkan air di panci. Setelah air mendidih, masukkan daging.

8 dari 9 halaman

Daging Sapi yang Empuk Bagian Apa?

Daging yang berasal dari bagian tengah tubuh sapi disebut sebagai Tenderloin. Karena kelembutan dan keempukannya yang luar biasa, Tenderloin ideal digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat steak.

9 dari 9 halaman

Bagaimana Ciri-Ciri Daging yang Baik?

Ciri-ciri daging sapi yang baik atau berkualitas ditandai dengan warna merah ceri dan terang, aroma yang tidak mencurigakan (tanpa bau amis, asam, atau menyengat), serta kebersihan permukaan daging tanpa adanya darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.