Sukses

7 Tanda Stres Mulai Pengaruhi Hubunganmu dengan Pasangan

Stres juga bisa memengaruhi hidup Anda dalam banyak hal, salah satunya bisa merusak hubungan dengan pasangan.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu pastinya pernah mengalami stres dan cemas. Jika Anda mengalami kecemasan dan stres yang berlebihan bisa memengaruhi kesehatan Anda terutama pada jantung dan kekebalan tubuhmu.  

Selain itu, stres juga bisa memengaruhi hidup Anda dalam banyak hal, salah satunya bisa merusak hubungan dengan pasangan.

Oleh karena itu, ketahui beberapa tanda yang menunjukkan stres telah memengaruhi hubungan cintamu, seperti melansir dari Times of India, Jumat (24/2/2023).

1. Sedikit atau bahkan tidak ada komunikasi sama sekali

Saat Anda atau pasangan sedang stres, mungkin sulit untuk berkomunikasi secara efektif. Anda mungkin lebih sering berdebat atau kesulitan mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan jelas. 

2. Kurangnya keintiman 

Stres berdampak pada dorongan seksual dan keinginan untuk keintiman fisik. Saat Anda atau pasangan sedang stres, wajar jika Anda merasa kurang tertarik untuk berhubungan intim secara fisik atau merasa lebih sulit untuk rileks dan menikmati momen tersebut. 

3. Cepat marah 

Stres bisa membuatmu atau pasangan lebih mudah tersinggung atau frustasi, sehingga memicu lebih banyak pertengkaran atau konflik.

4. Waktu berkualitas menurun

Ketika pasangan sedang stres atau ada salah satu atau situasi, Anda merasa lebih sulit untuk meluangkan waktu satu sama lain. Hal ini bisa menyebabkan kurangnya waktu berkualitas yang dihabiskan bersama yang bisa mengganggu hubungan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5. Menarik diri atau menghindar

Saat stres beberapa individu bisa menarik diri dari pasangannya atau menghindari percakapan atau situasi tertentu. Ini bisa mempersulit untuk menyelesaikan konflik atau mengatasi masalah yang muncul dalam hubungan. 

6. Kurang empati

Stres juga bisa memengaruhi kemampuanmu untuk berempati terhadap perasaan dan pengalaman pasanganmu. Hal ini bisa menyebabkan kurangnya pemahaman dan dukungan dalam hubungan tersebut.

7. Gejala fisik

Ketika stres, Anda mengalami sakit kepala, kelelahan dan ketegangan otot, yang bisa memengaruhi kesejahteraan dan kemampuanmu secara keseluruhan untuk hadir dalam hubungan.

3 dari 4 halaman

Cara Sederhana yang Efektif Mengatasi Stres dan Rasa Sakit

Beberapa cara sederhana berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres dan rasa sakit dengan efektif, seperti melansir dari Bright Side.

1. Gunakan es batu

Menggunakan es batu adalah salah satu trik tertua dan paling efektif untuk membantu mengobati rasa sakit di bagian tubuh mana pun.

Ini bisa membantu dalam menangani cedera akut serta peradangan dan pembengkakan yang mungkin terjadi.

Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa mengoleskan es ke bagian yang terkena baik sebagai kompres es atau mandi es.

2. Pijat bagian tengah alis

Titik-titik tekanan adalah cara yang terkenal untuk mendapatkan kelegaan sementara dari semua jenis rasa sakit dan stres. Salah satunya terletak di antara alis kita yang disebut titik aula kesan.

Menerapkan tekanan atau memijat area ini adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan kecemasan dari tubuhmu.

4 dari 4 halaman

3. Pijat telinga

Titik tekanan lain yang bisa dirangsang untuk menghilangkan stres dan kecemasan dari tubuh terletak di telingamu.

Dikenal sebagai titik gerbang surgawi, memijat telingamu dan memberikan tekanan lembut pada titik ini akan membantu mengatasi stres.

4. Makan oatmeal

Oat adalah makanan yang sangat sehat yang harus kita masukkan ke dalam makanan kita. Tapi salah satu manfaat oatmeal yang tidak diketahui adalah efek relaksasinya.

Oatmeal memiliki banyak magnesium dan potasium yang menurunkan tekanan darah, dan juga meningkatkan akdar serotonin jika dimakan secara teratur.

Ini tidak hanya membantu Anda rileks, tapi juga membuatmu lebih bahagia dalam jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.