Sukses

Top 3: Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023

Liputan6.com, Jakarta - Pada Minggu, 22 Januari 2023, seluruh masyarakat Tionghoa tengah merayakan Tahun Baru Imlek. Seperti hari raya keagamaan lainnya, hari raya Imlek dimanfaatkan masyarakat Tionghoa untuk bersyukur serta tak lupa untuk introspeksi diri atas hal yang telah dilalui. 

Tentunya selain memanjatkan doa untuk diri sendiri, hari raya Imlek juga biasanya dimanfaatkan untuk mendoakan kebaikan untuk orang lain. Hal ini bisa dilakukan kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, orangtua, saudara, kekasih, hingga rekan kerja.

Umumnya saat perayaan ini keluarga akan berkumpul dan makan bersama. Namun jika tak bisa bertemu langsung, Anda bisa mengirimkan ucapan Selamat Imlek melalui pesan singkat. 

Ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2023 juga bisa dikirimkan oleh siapa saja sebagai salah satu cara untuk turut memeriahkan rekan yang merayakan pergantian tahun untuk umat Khonghucu ini. 

Artikel tentang 20 ucapan selamat tahun baru Imlek 2023, cocok untuk caption media sosial menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang sering diucapkan saat tahun baru Imlek, sebenarnya apa arti Gong Xi Fa Cai?

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang 10 fakta tentang tahun baru Imlek yang belum banyak orang tahu.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 20 Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023, Cocok untuk Caption Media Sosial

 

Kata-kata atau ucapan yang dikirimkan bisa berupa harapan serta doa kepada kerabat yang merayakan Tahun Baru Imlek 2023.

Ucapan ini selain bisa kalian kirim kepada kerabat yang merayakan Imlek, bisa juga kalian unggah di media sosial. Nah, berikut ini adalah kumpulan ucapan selamat Tahun Baru Imlek ke-2574 seperti dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber:

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. Sering Diucapkan Saat Tahun Baru Imlek, Sebenarnya Apa Arti Gong Xi Fa Cai?

Hari ini, Minggu (22/1/2023), masyarakat Tionghoa sedang merayakan Tahun Baru Imlek 2023. Saat perayaan Imlek, umumnya keluarga yang merayakan akan berkumpul untuk beribadah dan makan bersama. 

Tak sedikit dari mereka yang juga kerap memberikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek. Ya, saat Imlek kalian tentu sering dengar kata-kata bertuliskan Gong Xi Fa Cai. 

Lalu, apa sebenarnya arti Gong Xi Fa Cai? Dilansir dari NC State University, “Gong Xi Fa Cai” atau “Gong Hey Fat Choy” tidak diterjemahkan menjadi “Selamat Tahun Baru” seperti yang mungkin dipikirkan sebagian orang. 

Terjemahan lepas dalam bahasa Mandarin adalah “Semoga Anda sejahtera di tahun yang akan datang”, sedangkan terjemahan bahasa Kantonnya adalah “semoga Anda bahagia dan sejahtera”. Beberapa orang mengganti kemakmuran dengan kekayaan, jadi itu bisa berarti "Semoga Anda menghasilkan banyak uang".

Sementara itu dilansir dari Urban Dictionary, kata "Gong Xi Fa Cai" jika diterjemahkan secara harfiah berarti "Semoga kekayaan Anda melimpah." Kata "Gong Xi" artinya "berharap/berkah". Sementara kata "Fa" artinya "memperbesar", sedangkan "Cai" berarti "kekayaan".

Melansir dari laman Metro, Gong Xi Fa Cai atau Gong Hei Fat Choy, sebagai salah satu sapaan yang paling sering diucapkan saat Imlek. Namun, kata tersebut tidak bermakna "selamat tahun baru".

Mengucapkan "Gong xi fa cai" tidak sama dengan mengucapkan "selamat Tahun Baru Imlek." Kata-kata tersebur sebenarnya menyampaikan harapan untuk kemakmuran, yaitu harapan kepada penerima agar menjadi kaya pada tahun depan.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. 10 Fakta Tentang Tahun Baru Imlek yang Belum Banyak Orang Tahu

Tahun Baru China dirayakan oleh lebih dari 20% penduduk dunia. Ini adalah hari libur paling penting di Tiongkok dan bagi orang-orang Tionghoa di seluruh penjuru. Itu mengapa perayaan ini sangat penting bagi masyarakat Tionghoa. 

Begitu banyak tradisi, perayaan serta berbagai persiapan yang dilakukan untuk menyambut Tahun Baru Imlek. Tak hanya itu banyak pula pantangan yang harus dipatuhi oleh semua orang yang merayakannya. 

Deretan hal tersebut mungkin masih belum banyak diketahui oleh orang banyak. Oleh karena itu tak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui beberapa fakta terkait Tahun Baru Imlek. Berikut ulasannya, dilansir dari chinesenewyear.net, Minggu (22/1/2023).

1. Tahun Baru Imlek juga dikenal sebagai Festival Musim Semi

Di China, Anda akan mendengarnya disebut chunjie (春节), atau Festival Musim Semi. Masih sangat dingin, tetapi liburan menandai akhir dari hari-hari terdingin ini. Orang-orang menyambut musim semi dengan mengawali tahun yang baru. 

Anda juga bisa menyebutnya Tahun Baru Imlek, karena negara-negara seperti Korea Utara dan Selatan serta Vietnam juga merayakannya. Dan karena Festival Musim Semi berjalan menurut kalender lunar, hal itu yang menyebabkan tak ada tanggal pasti untuk Tahun Baru Imlek setiap tahunnya.

Selengkapnya...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS