Sukses

Tak Hanya Hilangkan Lemak Menumpuk, Ini Manfaat Melakukan Weight Training!

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda yang suka pergi ke tempat gym, pasti sudah tidak asing dengan weight training. Namun, jika Anda adalah seorang awam, pasti belum mengetahui dari hal tersebut. 

Fyi, weight training merupakan salah satu bentuk latihan angkat beban yang bermanfaat bagi tubuh, seperti dapat meningkatkan kekuatan otot dan menghilangkan lemak yang menumpuk.

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari weight training, Anda perlu mempelajari tekniknya dengan tepat, ya! Selain itu, teknik tersebut juga dapat menghindari Anda dari risiko cedera yang akan muncul. 

Ketika Anda sudah melakukan weight training dengan tepat, manfaat yang didapat juga akan besar. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

1. Otot Jadi Kuat dan Elastis

Sudah jelas bahwa weight training memiliki manfaat untuk menurunkan massa otot. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, massa otot Anda akan berkurang mulai dari 3 hingga 8 persen setiap 10 tahun sekali.

Untuk itu, ketika Anda melakukan weight training, otot Anda akan dilatih agar lebih kuat dan elastis. Kondisi tersebut akan melancarkan peredaran darah yang membawa nutrisi ke dalam otot lho!

2. Absolutely, Perkuat Otot!

Ya, jika Anda rutin melakukan weight training, otot akan dilatih menjadi kuat, bukan berarti badan Anda akan seperti binaragawan, ya!

Pada weight training, Anda bisa memfokuskan otot mana yang akan dibentuk. Hal tersebut berbeda dengan ketika Anda melakukan kardio yang harus melibatkan seluruh bagian tubuh. 

Dengan otot yang kuat, Anda bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih berenergi dan tubuh akan terlihat semakin indah. 

3 dari 3 halaman

3. Ya, Turunkan Berat Badan!

Weight training juga dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan lho! Bagaimana tidak? Pasalnya weight training membantu Anda membakar kalori yang ada pada tubuh. Jika Anda mengalami kenaikan massa otot, kapasitas tubuh dalam membakar kalori juga akan meningkat.

4. Tubuh Bisa Makin Seimbang!

Rutin melakukan weight training juga dapat membuat Anda menggerakkan otot secara lebih efisien lho. Selain itu, Anda juga dapat menjaga keseimbangan tubuh. Pasalnya, otot Anda akan semakin kuat dan kokoh, sehingga tidak mudah cedera.

Itulah empat manfaat dari Anda melakukan weight training secara rutin. Eits, tapi jangan diluoajan juga untuk selalu melakukan pemanasan sebelum melakukannya, ya! Anda juga tidak boleh gegabah saat memindahkan beban dan melakukannya secara berlebihan, agar tidak terjadi cedera.

 

(*) 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS