Sukses

Ini 4 Langkah Mudah Ciptakan Perawatan Spa di Rumah ala Salon Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Di era modern saat ini, perawatan spa kerap menjadi pilihan favorit para wanita untuk merelaksasi tubuh dan pikiran. Mereka meluangkan waktu khusus dan rela bepergian jauh untuk mendatangi perawatan spa yang umumnya bisa ditemukan di pusat kecantikan atau kesehatan, seperti klinik kecantikan, massage parlour, hingga salon.

Sayangnya, kesibukan dan padatnya kegiatan serta besarnya biaya yang harus dikeluarkan seringkali menjadi hambatan para wanita untuk mendatangi perawatan spa. Alhasil tubuh seakan semakin lelah dan energi terkuras habis. Belum lagi melewatkan manfaat kesehatan lainnya.

Di samping menjadi me time para wanita, spa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Diantaranya memberi efek relaksasi, mengurangi nyeri dan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, membersihkan dan mencerahkan kulit, menjaga kesehatan jantung, hingga membuat tidur lebih nyenyak.

Kabar baiknya, sekarang tak perlu khawatir punya waktu terbatas atau mengeluarkan banyak biaya perawatan spa di salon kecantikan, karena kamu juga bisa melakukannya dengan cara yang sederhana! Caranya dengan menciptakan perawatan spa di rumah, cukup empat langkah sederhana saja.

1. Ciptakan Suasana Ruangan

Menciptakan suasana ruangan yang menenangkan akan mendukung proses relaksasi sehingga tubuh akan terasa rileks dan nyaman selama melakukan perawatan. Kamu dapat menyalakan musik untuk menemani bersantai sambil berkaraoke. Mulai dari lagu bertempo slow, menenangkan seperti jazz, atau suara alam misalnya suara rintik hujan atau kicauan burung.

Nggak hanya itu, kamu juga dapat menyalakan beberapa lilin aromatherapy agar suasana rileks lebih terasa.  Baik dalam bentuk lilin, minyak, maupun diffuser. Dan tentunya, atur cahaya lampu kamar agar tidak terlalu terang sehingga menyerupai suasana spa dan memberikan efek relaksasi lebih.

2. Lakukan Perawatan Wajah

Sebelum melakukan perawatan tubuh, mulailah dengan membersihkan bagian wajah dengan pembersih yang sesuai kulit kamu. Lakukan teknik penguapan dengan cara merendam handuk ke dalam air panas dan letakkan pada wajah. Biarkan wajah menyerap uap selama 5-6 menit untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran secara efektif.

Setelah itu, oleskan masker wajah selama beberapa saat dan diamkan. Kamu dapat menggunakan masker alami atau masker favorit. Oh iya, jangan lupa gunakan potongan timun sebagai penutup mata agar area mata lebih segar dan terasa seperti di tempat spa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Lanjutkan dengan Scrub

Sambil mendiamkan masker wajah, kamu bisa melanjutkan ke tahap scrubbing badan. Kamu dapat mengaplikasikan scrub pada tubuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Kamu bisa menggunakan produk body scrub favorit atau DIY body scrub.

Hasilnya? Tentu kulit akan terasa lebih lembut juga lebih cerah. Lakukan lulur dengan gerakan memijat juga, ya! Selain membuat tubuh lebih rileks, memijat juga bisa melancarkan peredaran darah, lho!

4. Berendam Air Hangat

Tahap terakhir, kamu bisa menyelesaikan sesi spa dengan berendam air hangat. Untuk membuat ala spa, gunakan bath bomb untuk sesi ini. Bukan hanya anak kecil yang senang melihat air pada bak berubah warna warni karena bath bomb, bukan? Bath bomb juga sering digunakan sebagai campuran rendaman pada beberapa spa, karena khasiatnya yang baik untuk kulit.

Setelahnya, kamu bisa menutup homemade spa di rumah dengan menggunakan moisturizer. Proses ini juga menjadi salah satu komponen penting untuk menjaga kesehatan kulit. Penggunaan moisturizer bertujuan agar kulit semakin lembab terawat dan halus.  Pilih produk moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit, ya!

Nah, dengan melakukan rangkaian perawatan homemade spa, kamu bisa berhemat dan mendapatkan keuntungan yang nggak kalah menenangkan. Selamat mencoba spa di rumah dan bersantai, ya!

 

(*/Ayr)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS