Sukses

Berbeda dari Negara Tetangganya, Intip Gaya Rambut Unik Khas Korea Utara

Korea Utara memiliki 30 aturan gaya rambut yang harus diterapkan oleh warga negaranya.

Liputan6.com, Jakarta Korea Utara dikenal sebagai negara yang memiliki kesan kaku dan penuh dengan aturan-aturan yang wajib ditaati oleh masyarakat, termasuk dalam hal penggunaan gaya rambut.

Baik pria maupun wanita, pemerintah Korea Utara telah mengatur berbagai gaya rambut untuk tiap status warga negaranya.

Terdapat sekitar 30 gaya rambut yang wajib diterapkan untuk pria dan wanita. Jika warga negara Kim Jong-un tersebut tidak menaati peraturan, maka akan diberikan hukuman yang setimpal.

Simak 30 gaya rambut khas Korea Utara berikut, melansir dari The Tech Outlook:

Gaya Rambut Pria Korut

Pria muda di Korea Utara dapat memilih dari 15 gaya potongan rambut yang telah ditentukan ini. Mereka dilarang menumbuhkan rambut lebih panjang dari 5 cm kurang dari 2 inci.

Sedangkan pria yang lebih tua dapat tumbuh hingga 7cm dan 3 inci. Terlihat dari potret gaya rambut di atas, style ini tidak termasuk rambut runcing, rambut gel, poni, maupun pewarnaan pada rambut.

Penerapan gaya rambut tersebut juga dinilai tidak cocok untuk menghadiri sebuah acara biasa.

Peraturan soal gaya rambut di atas, tidak banyak berubah dari generasi ke generasi pemimpin Korea Utara.

Bahkan, Kim Jong-un dikabarkan menggunakan gaya rambut yang terdapat pada salah satu gambar tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaya Rambut Wanita Korut

Tak hanya pada pria, wanita di Korea Utara juga memiliki 15 potongan dan gaya rambut berbeda yang telah diatur oleh pemerintah.

Penerapan gaya rambut pada wanita ini agaknya sedikit berbeda dibandingkan dengan pria. Wanita Korea Utara memiliki gaya rambut berdasarkan status perkawinan mereka.

Wanita yang telah menikah diperbolehkan untuk memiliki gaya rambut dengan potongan pendek. Sedangkan bagi wanita yang belum menikah, harus memiliki rambut panjang yang dibiarkan terurai.

Mungkin gaya rambut pada wanita Korea Utara cenderung seperti potongan pada era 1980-an, namun tidak mengurangi kecantikan khas dari negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un tersebut.

3 dari 4 halaman

Tidak Boleh Mengubah Gaya Rambut

Masih berkaitan dengan peraturan gaya rambut bagi wanita Korea Utara, pemerintah di sana menetapkan kepada para wanita untuk tidak mengepang rambut mereka.

Tak hanya mengepang, peraturan soal gaya rambut yang telah diterapkan juga tidak memperbolehkan para wanita untuk memotong dengan gaya seperti pixie, bob, maupun potongan layer.

Mereka hanya benar-benar boleh mengenakan 15 gaya rambut yang telah ditetapkan oleh pemerintah di atas. Apabila melanggar, maka akan ada hukuman yang menanti bagi mereka.

4 dari 4 halaman

Menyesuaikan Gaya Rambut Pimpinan

Beberapa tahun lalu para pria di Korea Utara diminta untuk meniru gaya rambut Kim Jong Un. Sedangkan wanitanya diminta meniru gaya rambut bob klasik seperti istri Kim Jong un, yakni Ri Sol Ju.

Jika ada yang terlihat melanggar aturan, petugas akan memotong rambut mereka dengan hukuman bahkan makeup tidak diperbolehkan untuk mengekspresikan kecantikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.