Sukses

4 Alasan Kocak Anjing Suka Mengejar Kucing

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu adalah pemilik anjing dan kucing, mungkin seringkali kamu mendapati anjing mengejar kucingmu, dan kamu menganggap bahwa ini adalah bentuk permainan mereka.

Namun, kenyataannya dalam beberapa kondisi, kebiasaan ini tidak baik. Terutama apabila kucing kamu dari awal tidak suka dikejar, dan kamu membiarkan itu terjadi yang akhirnya dapat menyebabkan kucing stres. Tetapi, hal ini juga bukan berarti kucing dan anjing tidak bisa bersatu.

Melansir laman PetKeen, Jumat (9/12/22) berikut alasan mengapa anjing mengejar kucing, di antaranya:

1. Naluri

Diketahui bahwa anjing adalah hewan yang memiliki naluri berburu. Dan naluri mereka memainkan peran besar dalam perilaku ini.

Anjing memiliki keinginan bawaan untuk mengejar benda yang bergerak, tidak terkecuali kucing kamu itu. Sehingga, saat kucing atau anak kucing kamu berlari melintasi ruangan, insting mangsa anjing kamu secara otomatis pasti akan muncul, dan akhirnya pengejaran pun terjadi dan berlanjut.

2. Mainan

Perlu diketahui bahwa tidak semua pengejaran yang dilakukan anjing pada kucingmu adalah niat jahat.

Beberapa anjing, terutama anak anjing, mengejar hanya karena mereka ingin bermain dengan teman serumahnya (kucingmu). Sebab anjing tersebut mungkin memandang kucing sebagai mainan.

Di sisi lain, kucing kamu mungkin tidak suka dikejar sehingga terus berlari untuk mencari tempat yang aman untuk berlindung. Perlu diperhatikan, jika kucingmu selalu gelisah karena hal ini atau kebiasaan dikejar, hidup kucing kamu bisa sangat menyedihkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Jenis Ras Anjing

Perilaku mengejar yang ditunjukkan anjing kamu, bisa  sangat dominan, apabila anjingmu termasuk atau memiliki ras anjing dengan insting menggembala.

Anjing yang termasuk dalam kelompok penggembala pasti akan mengejar, dan mungkin sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Tapi, jika anjing dan kucing kamu sebelumnya adalah sahabat yang rukun dan menganggap kejaran itu sebagai permainan mereka,  maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama anjingmu tidak terlalu kasar dan memahami batasan dan batasan.

3 dari 4 halaman

4. Isu Teritorial

Anjing yang mengejar kucing, bisa jadi disebabkan karena prilaku teritorial mereka. Adapun, untuk alasan terkait mengapa beberapa anjing menunjukkan perilaku teritorial tersebut, tentunya berbeda-beda.

Sehingga, untuk menjaga keamanan kucing kamu, perlu untuk memeriksa dan mengetahui alasan dari perilaku anjingmu tersebut, memastikan bahwa itu berbahaya atau tidak.

Biasanya, beberapa tanda agresi teritorial anjing adalah menggeram, membentak, menerjang, dan menggigit. Jika anjing kamu menunjukkan salah satu dari perilaku ini, penting untuk mengatasinya sesegera mungkin.

4 dari 4 halaman

Studi: Setengah dari Pemilik Hewan Peliharaan Mencintai Anjing dan Kucing Mereka Lebih dari Pasangan

Sebelumnya, penelitian mengungkapkan, hampir setengah dari pemilik hewan peliharaan mencintai kucing atau anjing mereka lebih dari pasangan mereka.

Sebuah survei terhadap 2.000 pemilik kucing dan anjing dalam hubungan menemukan seperempat dari jumlah tersebut lebih suka berpelukan di sofa dengan teman berbulu mereka daripada pasangan mereka.

Dan hampir seperlima menikmati menghabiskan waktu dengan teman berkaki empat mereka lebih dari dengan pasangan mereka.

Yang lain menyukai ditemani hewan peliharaan mereka karena mereka membantu mereka rileks dan mereka lebih baik untuk kesejahteraan mereka.

Juga, pemilik hewan peliharaan memiliki rata-rata lebih dari 40 gambar anjing atau kucing mereka di ponsel mereka - dengan hampir setengahnya mengklaim ini lebih banyak daripada foto pasangan mereka.

Akibatnya, tiga dari sepuluh berpikir orang yang mereka cintai cemburu dengan perhatian yang mereka berikan kepada hewan peliharaan mereka.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS