Sukses

6 Cara Mendisiplinkan Kucing Peliharaanmu dengan Benar

Liputan6.com, Jakarta - Seseorang yang memiliki seekor kucing peliharaan di rumah, pastinya tidak heran dengan betapa mandiri dan keras kepala mereka.

Bahkan, seringkali hewan peliharaan yang satu ini bersikap dan berperilaku buruk, membuat berantakan isi rumah. Menghadapi hal tersebut, kamu mungkin berpikir untuk mendisplinkan kucing peliharaan. Namun, satu yang perlu diketahui adalah mengajar atau melatih kucing tidaklah mudah.

Melansir laman PetKeen, Jumat (9/12/22) berikut beberapa teknik terbaik yang dapat kamu coba dalam hal mendisiplinkan kucing peliharaan. Di antaranya:

1. Penguatan Positif

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mengajari kucingmu adalah mencari tahu cara terbaik untuk memberi hadiah kepada kucingmu, yang sekiranya hal itu akan ditanggapi dengan baik oleh mereka.

Misalnya, kucingmu termotivasi oleh makanan, maka gunakan suguhan favorit selama sesi latihan. Atau mungkin kucingmu memiliki mainan yang disukai, maka gunakan permainan tersebut sebagai hadiah.

Sebab, dengan cara ini kucing kamu akan mulai mengasosiasikan suguhan atau mainan khusus ini saat menghilangkan perilaku buruk atau nakal tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Hadiahi Perilaku Baik

Saat kucing kamu berhenti melakukan perilaku yang tidak kamu sukai, seperti menggaruk sofa kursi di rumah, atau memecahkan barang berharga, maka berikan hadiah kepada mereka. Mungkin bisa dengan memberikan makanan favorit mereka dan tak lupa juga memberikan perhatian dan berikan pujian kepada kucingmu.

Dengan begitu, kucing kamu akan mulai menyadari bahwa hal-hal baik terjadi saat mereka menghentikan perilaku buruk atau saat mereka melakukan tindakan tertentu yang kamu sukai.

3. Tidak Ada Perhatian (Abaikan)

Jika kucingmu berprilaku buruk yang agresif,  seperti menggigit atau bermain terlalu kasar, kamu bisa melakukan tindakan dengan menarik perhatian dan diri kamu dari situasi tersebut. Misalnya, memilih berhenti bermain bersama mereka atau membelainya.

Sebab, hal ini dapat membuat kucingmu berpikir bahwa kamu tidak senang dengan prilaku tersebut, yang akhirnya membuat kucing enggan melanjutkan perilaku itu.

Sebab, segala bentuk perhatian dari kamu dapat dianggap sebagai ajakan lebih lanjut untuk terus melakukan itu, namun jika kamu menarik perhatian, otomatis kucingmu akan menyadari bahwa kamu tidak menyukai prilaku tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Pengalihan

Saat kucingmu memulai perilaku yang tidak kamu sukai, kamu bisa mengalihkan perhatian kucing.

Misalnya, ketika mereka mulai menggaruk sofa, ambil tongkat bulu atau lempar salah satu mainan kucing, yang akhirnya menarik perhatian kucing dan akan membuatnya melupakan perilaku merusak tadi.

5. Metode untuk Mencegah Perilaku Buruk

Perlu diketahui, bahwa seekor kucing tidak akan merespon dengan baik jika dihukum, jadi ada beberapa trik yang dapat kamu gunakan untuk mencegah perilaku nakalnya. Yakni:

- Aroma

Ada banyak aroma yang tidak disukai kucing, terutama jeruk, dan kamu bisa menyemprotkannya ke area yang menimbulkan masalah bagi kucing. Kucing secara otomatis akan menghindari area tersebut. 

- Bungkus kabel

Jika kucingmu memiliki kebiasaan mengunyah kabel listrik, kamu dapat membeli pembungkus kabel yang akan mencegah kucingmu menggigitnya.

 

4 dari 4 halaman

6. Tidak menggunakan kekerasan fisik

Hal yang paling penting untuk diperhatikan saat mengajari atau menghindari prilaku buruk yang dilakukan hewan peliharaanmu, jangan sampai melukai mereka secara fisik.

Ini karena kucing kamu tidak akan belajar dari kekerasan justru mereka akan merasa takut dan perilakunya mungkin akan memburuk. Ini juga akan memengaruhi ikatanmu dengan kucingmu.

Jadi, jangan pernah memukul atau mengguncang kucingmu, tidak peduli seberapa frustrasi perasaanmu dengan prilaku buruk mereka. Kamu harus tetap menghindari kekerasan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS