Sukses

Ini 5 Alasan Pentingnya Ajak Kucingmu Bermain

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan kucing tidak cukup dengan memberi makan dan memeriksakan kesehatannya ke dokter, tetapi mengajak mereka bermain juga bisa menjadi salah satu cara agar kesehatan dan kebahagian kucing tetap terjaga.

Melansir laman Petstradar, Minggu (4/11/2022), salah satu penyebab utama obesitas pada kucing yaitu ketika mereka tidak aktif, yang kemudian dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik lainnya.

Sedangkan, kebanyakan pemilik kucing sering memberikan makanan yang terlalu banyak pada kucing mereka. Akibatnya, kucing cenderung makan lebih banyak ketika mereka bosan dan kurang terstimulasi.

Untuk itu, bermain bersama kucing bisa mengurangi risiko obesitas yang akan memengaruhi kesehatannya. Adapun alasan lain dari pentingnya mengajak kucing kamu bermain, di antaranya:

1. Kucing jadi lebih sehat

Bermain dapat merangsang indra kucing dan membantu meningkatkan suasana hati mereka, sambil membantu mereka membakar kalori melalui gerakan. Kucing yang lebih bahagia cenderung menjadi kucing yang lebih sehat, yang jauh dari stres atau tidak percaya diri dengan rutinitas sehari-hari.

Sesi bermain juga dapat mencegah kucing makan berlebihan, yang juga membantu menurunkan berat badan mereka.

2. Bermain akan menciptakan ikatan

Bermain dengan kucing akan membuat kucing semakin terikat denganmu. Jika kamu kurang berinteraksi dengan kucingmu, mereka akan kehilangan minat padamu.

Biasanya ikatan terasa sulit terjalin karena kamu sering meninggalkan kucingmu untuk bekerja. Untuk itu, mengajak mereka bermain adalah salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk menebus waktu saat kamu meninggalkan mereka di rumah sendirian.

Tak hanya itu, bermain bersama juga akan membantu menurunkan stres setelah lelah bekerja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Mengajarkan kucing berperilaku lebih baik

Bermain bersama kucing tidak hanya melatih mereka, tetapi juga membantu mereka berperilaku lebih baik.

Kucing yang bosan biasanya akan berulah dengan memanjat tirai, menggaruk kulit sofa, dan menjatuhkan barang dari rak.

Jika kamu tidak bermain dengan kucingmu, mereka akan bersenang-senang sendiri, dan akan menimbulkan rasa ingin tahunya dengan mengacak perabotan dan kerapian rumah, sehingga menyempatkan waktu bersosialisasi dengan kucing melalui permainan itu penting.

Meskipun kucing tidak dapat dilatih, tetapi kamu bisa menggunakan mainan asah seperti laser pointer untuk menghentikan kucing melakukan hal-hal seperi menggigit dan perilaku yang merugikan lainnya. Dan bermain dengan cara yang lebih dapat diterima.

3 dari 4 halaman

4. Kucing dalam ruangan perlu bermain

Jika kamu memiliki kucing yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, kamu harus menemukan cara untuk membuat kucing menjadi sibuk.

Kucing luar dapat berkeliaran di luar dan menemukan area baru atau mengejar hewan lain, tetapi kucing dalam ruangan akan membutuhkan lebih banyak stimulasi.

Sehingga, aktivitas bermain seperi mengejar laser (alat pancar cahaya), akan membuat kucing tidak kehilangan naluri berburu yang biasa mereka asah saat di alam liar.

Dan juga, rasa bosan dan stres dapat terjadi pada kucing yang hari-harinya menghabiskan waktu di dalam ruangan, sehingga dengan diajak bermain sangat penting bagi mereka.

 

4 dari 4 halaman

5. Bermain bersama kucing itu menyenangkan

Bermain bersama, tidak hanya bermanfaat untuk kucing, tetapi juga untukmu.

Sebab, dengan melihat kucing yang berputar, melompat, menerjang atau bahkan berguling saat bermain akan membuatmu merasa senang, dan mungkin saja sampai tertawa. Hal ini bisa bermanfaat bagi kesehatan mental.

Hal ini juga menjadi alasan mengapa banyak dijumpai video kucing menjadi salah satu video yang paling banyak ditonton di internet.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS