Sukses

5 Judul Drama Korea yang Mengangkat Isu Kesehatan Mental

Liputan6.com, Jakarta - Kesehatan mental kini menjadi tema yang lazim ditemukan dalam jalan cerita drama Korea. Meskipun ini bukan isu baru dan telah disinggung sejak lama, para kreator sinema perlahan berupaya menampilkan isu tersebut sehingga penonton bisa lebih mudah terhubung dengan masalah itu.

Tujuannya tidak lain adalah membawa kesadaran akan masalah ini untuk menunjukkan berbagai masalah kesehatan mental.

Sederet drama Korea ini menampilkan bagaimana setiap karakter menghadapi gangguan mental dan cara mereka pulih dari apa yang dideritanya. Selain menarik untuk ditonton, ada berbagai pelajaran yang dapat diterima penonton setelah menyaksikan perkembangan karakter menangani isu kesehatan mentalnya.

Para penikmat drama Korea mungkin bisa menyebutkan satu persatu judul-judul drama Korea yang mengangkat isu ini. Selain bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari, kesehatan mental merupakan sesuatu yang pasti dimiliki setiap orang. Masalah gangguan mental pun tidak jarang menjadi salah satu isu yang dihadapi banyak orang.

Salah satu judul drama Korea populer yang mengangkat isu kesehatan mental adalah "My Mister" yang tayang pada 2018. Drakor ini dibintangi oleh penyanyi solo asli Korea Selatan, IU. Dalam drama Korea ini, IU berperan sebagai Lee Ji An, seorang gadis yang berusaha bertahan menghadapi depresi.

Dirinya hampir kehilangan seluruh keluarganya. Ji An menjalankan hari-harinya bertanggung jawab mengurus neneknya dan bekerja paruh waktu.

Tak ayal hal-hal ini membuatnya pesimis, karena merasa tidak pernah mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya.

Ji An pun kesulitan menghadapi depresi dan memandang kehidupan dalam sudut pandang yang negatif tanpa harapan.

Kemudian dia bertemu dengan Park Dong Hoon, seorang pria yang lebih tua darinya dan memiliki pribadi yang positif dan penyayang.

Pertemuannya dengan Dong Hoon pun perlahan mengubah cara Ji An memandang kehidupan dan membuatnya kembali percaya akan hidup yang bahagia.

Selain My Mister, terdapat judul-judul drakor populer yang turut mengangkat isu kesehatan mental, beberapa di antaranya pun baru dirilis pada tahun ini, berikut daftarnya.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Still 17 (2018)

Menceritakan tentang pria bernama Gong Woo Jin yang mengalami kecelakaan tragis saat dirinya masih muda. Dirinya merasa kesulitan untuk membangun hubungan dengan orang lain sebagai orang dewasa, ia juga mengabaikan self-improvement dan tidak mengembangkannya. Kemudian dirinya bertemu dengan Woo Seo Ri, gadis yang baru saja bangun dari komanya setelah 13 tahun.

Keduanya saling menemukan satu sama lain seolah pertemuan mereka adalah takdir. Gong Woo Jin dan Woo Seo Ri pun saling memberikan dukungan emosional satu sama lain. Satu hal yang sama dari mereka adalah keduanya sama-sama mengalami peristiwa traumatis saat masih sekolah.

Trauma yang dialami Gong Woo Jin membuatnya mengisolasi diri dan menolak berinteraksi dengan dunia di sekitarnya. Namun, pertemuannya dengan Woo Seo Ri menyadarkan Gong Woo Jin bahwa Seo Ri memegang kunci untuk membantunya mengatasi trauma masa lalu dan membebaskannya.

3 dari 6 halaman

2. SKY Castle (2018)

Mengangkat cerita dengan latar lingkungan keluarga ternama, "SKY Castle" menceritakan isu yang dihadapi oleh empat keluarga kaya dan anak-anaknya. SKY Castle merupakan sebutan untuk lingkungan tempat tinggal empat keluarga yang bersedia melakukan apa saja untuk memastikan anak-anak mereka masuk ke universitas ternama.

Drama ini menampilkan para siswa yang berurusan dengan tekanan karena dituntut untuk selalu berprestasi secara akademis, terutama di Korea Selatan. Desakan yang terus-menerus mendorong siswa untuk mencapai posisi paling atas dan terus bekerja keras menyebabkan mereka mengalami gangguan kesehatan mental, salah satunya adalah depresi. Drama ini menampilkan bagaimana para siswa menangani isu yang dialaminya.

4 dari 6 halaman

3. It's Okay To Not Be Okay (2020)

Drama Korea "It's Okay To Not Be Okay" dirilis pada tahun 2020 dan bisa disaksikan melalui platform streaming Netflix. Drama ini sempat menjadi drama Korea yang populer berkat akting aktor dan aktris yang ada di dalamnya. Dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Seo Yea Ji, drama ini mengangkat topik tentang kesehatan mental.

Moon Kang Tae, karakter yang diperankan Kim Soo Hyun, bekerja sebagai perawat di rumah sakit jiwa. Di tempat itu juga ia bertemu dengan Go Moon Young, seorang penulis buku anak-anak berkonsep kelam. Tidak butuh waktu lama bagi Go Moon Young untuk menaruh hati kepada Moon Kang Tae. Ia pun bertekad untuk memenangkan hati Kang Tae, walaupun harus menghadapi sikap Kang Tae yang tertutup.

It's Okay To Not Be Okay memperkenalkan berbagai jenis penyakit mental dan bagaimana cara mereka menanganinya. Banyak karakter berurusan dengan semacam trauma yang telah menyebabkan mereka mengalami banyak tekanan emosional saat dewasa. Seiring cerita bergulir, para karakter mulai menunjukkan masalah yang mereka alami, membuat mereka saling mengandalkan satu sama lain dan saling memahami.

5 dari 6 halaman

4. Tomorrow (2022)

"Tomorrow" termasuk sebagai salah satu drama Korea terbaru yang rilis di 2022. Drama ini memiliki 16 episode dan membahas tentang isu kesehatan mental dengan menunjukkan berbagai jenis isu kesehatan mental dalam ceritanya.

Drama ini menceritakan Choi Jun Woong, karakter yang diperankan Rowoon, yang mencoba untuk menyelamatkan seseorang yang ingin melompat ke Sungai Han, tetapi malah terjebak dalam koma dan harus bekerja sebagai malaikat pencabut nyawa.

Jun Woong bergabung bersama sebuah tim manajemen risiko atau Management Risk Team bersama Koo Ryeon dan Lim Ryung Gu. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan orang-orang menjalani hidup mereka sampai hari terakhirnya dan mencegah mereka dari bunuh diri.

Tomorrow mengajarkan bagaimana seseorang harus menghormati dan menjalani kehidupan yang mereka miliki dengan baik. Tidak peduli seberapa sulitnya, semua masalah dan isu yang dialami pasti dapat diatasi.

6 dari 6 halaman

5. The Sound of Magic (2022)

"The Sound of Magic" merupakan drama Korea yang mengusung tema musikal, tema yang jarang ditemukan pada sebagian besar drama Korea. Selain itu, drama ini juga memiliki karakter utama yang kesulitan dalam berjuang menghadapi isu kesehatan mental yang dialami. Ji Chang Wook mengambil peran sebagai tokoh utama dalam drama bernama Ri Eul, seorang pesulap misterius yang memiliki masa kecil traumatis.

Sementara itu, ada juga Yoon Ah Yi, seorang remaja yang tinggal bersama saudara perempuannya dan mencoba menyeimbangkan kehidupannya untuk sekolah dan bekerja paruh waktu. Hal ini membuatnya mengalami depresi. Di sisi lain ada juga Na Il Deung, dirinya memiliki gangguan kecemasan yang muncul akibat tuntutan dari orang tuanya yang menginginkannya menjadi pengacara ternama.

Drama ini membuka mata penontonnya terhadap kenyataan bagaimana standar sosial menjadi salah satu beban yang dipegang para remaja. Ini merupakan salah satu drama Korea yang memiliki kekuatan penyembuhan magis segera setelah penonton selesai menyaksikan seluruh episodenya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Kesehatan mental mencakup kesehatan emosional, psikologis, dan sosial.
    kesehatan mental
  • Drama korea atau sering disingkat drakor di Indonesia, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.
    drama Korea
  • Drakor adalah singkatan dari drama korea, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.
    drakor