Sukses

Penyebab Jerawat yang Bandel di Punggung dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat bukan hanya muncul di area wajah, melainkan di semua anggota tubuh bahkan yang tak terlihat oleh orang lain sekali pun.

Salah satunya jerawat yang sulit dilihat orang lain adalah jerawat punggung. Jerawat punggung adalah kondisi jerawat yang berkembang di bagian punggung, karena adanya penumpukan keringat dan sel kulit mati.

Jerawat punggung akan terlihat ketika kalian melepaskan baju saat ingin mandi. Umumnya, kalian akan menatap cermin ketika berada di kamar mandi dan memperhatikan kondisi tubuh.

Mungkin kamu pernah atau tengah mengalami kondisi satu ini. Tidak begitu mengganggu penampilan, namun bisa menghambat aktivitasmu.

Jerawat punggung dikenal dengan istilah backne, yang umumnya akan menimbulkan rasa gatal dan perih. Bagaimana tidak, jerawat ini secara langsung dapat bergesekan dengan pakaian yang kalian gunakan.

Melansir dari My cleve and clinic, Selasa (8/11/2022), tanpa memandang usia dan jenis kelamin, siapa pun bisa terkena jerawat punggung.

Namun, jerawat punggung akan lebih sering mengintai kalian para remaja yang sedang mengalami perubahan hormon.

Meski jerawat punggung sulit terlihat oleh orang lain, rasa gatal yang mengganggu membuat kalian ini segera terlepas dari penderitaan satu ini.

Bahkan, ada saja yang memilih cara cepat untuk menghilangkan jerawat dengan memaksanya agar isi dari jerawat keluar, yaitu memencetnya.

Kebanyakan dari kalian bertanya-tanya, apa penyebab awal munculnya jerawat punggung dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penyebab Jerawat Punggung

Jerawat punggung dapat berkembang sama seperti jerawat yang timbul di area kulit wajah. Pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran, sel kulit mati, keringat dan sebum akan menimbulkan jerawat.

Terlalu banyak sebum yang menumpuk dan jarang dibersihkan akan semakin memperparah kondisi kulit. Berikut ini terdapat penyebab jerawat punggung:

Riwayat Keluarga

Jerawat akan lebih mudah berkembang saat kalian memiliki keluarga dengan riwayat seperti ini.

Gesekan

Adanya gesekan dari pakaian atau benda dengan kulit punggung saat berkeringat dapat menyebabkan dan memperburuk jerawat punggung.

Hormon

Wanita hamil dan remaja yang sedang pubertas kemungkinan akan mengalami jerawat, karena adanya perubahan hormon.

Pola Hidup Buruk

Rambut yang kotor dapat menimbulkan jerawat punggung. Hal ini dikarenakan, adanya penumpukan minyak yang ditimbulkan dari gesekan rambut dengan punggung. Selain itu, seprai, handuk dan pakaian kotor bisa menjadi pemicu jerawat punggung.

3 dari 4 halaman

Macam-macam Jerawat Punggung

Dilansir dari Everydayhealth, jerawat punggung memiliki berbagai macam jenis yang perlu diketahui oleh penderitanya, berikut merupakan macam-macam jerawat punggung:

Whiteheads

Jenis jerawat punggung whiteheads lebih dikenal dengan istilah komedo tertutup yang berkembang saat folikel tersumbat di bawah kulit.

Saat folikel tersumbat, kondisi inilah yang membuat adanya benjolan putih pada bagian punggung kalian.

Komedo

Ketika folikel tersumbat pada permukaan kulit, dapat menimbulkan komedo hitam yang disebabkan oleh reaksi sebum dan udara.

Kondisi ini sebenarnya bukan disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada folikel, melainkan adanya sebum dan udara yang terkumpul pada permukaan kulit luar.

Papula

Jenis jerawat satu ini tidak mengandung nanah dan tercipta akibat folikel rambut yang tersumbat hingga menyebabkan peradangan.

Papula ditandai dengan munculnya benjolan kecil berwarna merah muda pada bagian kulit punggung.

Pustula

Berbeda dengan papula, pustula merupakan jerawat yang memiliki nanah putih atau kuning. Nanah yang muncul pada jenis jerawat satu ini disebabkan oleh penumpukan sel darah putih.

Nodul

Jerawat nodul akan terbentuk saat bakteri terperangkap dalam folikel rambut. Kondisi ini membuat jerawat berkembang dan mengeras yang menyebabkan kerusakan jaringan.

Kista

Jerawat berisi nanah yang terbentuk saat bakteri terperangkap dalam folikel rambut bisa membuat jerawat kista.

Jika infeksi meluas lebih dalam ke bagian kulit, bisa menimbulkan benjolan yang menyakitkan dan menyebabkan bekas luka permanen.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Dilansir dari Healthline, jerawat punggung dapat dihilangkan dengan pola hidup yang bersih, berikut cara mengatasinya:

Makan Sehat

Pola makan yang tidak sehat bisa mempengaruhi kondisi tubuh seseorang. Apalagi, untuk kalian yang memiliki kulit sensitif dan rentan terhadap jerawat.

Peneliti menunjukan, makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa menyebabkan gula darah naik dan memperburuk jerawat.

Biasakan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan serta protein tanpa lemak.

Eksfoliasi

Kalian bisa mengurangi jerawat punggung dengan cara mengeksfoliasi kulit dengan scrub berbahan asam salisilat.

Kandungan ini sanggup menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit bagian punggung. Selain itu, asam salisilat bisa mengurangi jumlah sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Gunakan Pakaian Longgar

Pakaian ketat bisa mengikat kotoran dan keringat yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

Umumnya, saat berolahraga kebanyakan orang akan mengenakan pakaian yang cukup ketat. Inilah yang menyebabkan penumpukan kotoran yang berdampak pada kesehatan kulit. Oleh karena itu, gunakan pakaian longgar yang bisa membantu kulit untuk bernapas lebih lega.

Jauhkan Rambut dari Punggung

Kondisi rambut panjang bisa menambah minyak dan kotoran ke kulit punggung. Hal ini menjadi penyebab awal munculnya jerawat punggung. Rajin mencuci rambut secara teratur dan ikatlah rambut guna menghindari gesekan pada kulit bagian punggung.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS