Sukses

Top 3: Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Maulid Nabi

Liputan6.com, Jakarta - Pada bulan Rabiul Awal, seluruh umat muslim di dunia akan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dilansir dari NU Online, peringatan Maulid Nabi memiliki hukum yang sunnah karena tujuannya adalah meneladani Nabi Muhammad SAW dan bershalawat kepadanya.

Peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW tahun ini jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, umat Muslim dianjurkan melakukan sejumlah amalan. Lantas apa saja amalan yang bisa dilakukan umat muslim dalam memperingati Maulid Nabi? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber: 

1. Puasa Sunah

Salah satu amalan yang bisa dilakukan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad adalah berpuasa. Rasulullah SAW selalu memperingati hari lahirnya dengan berpuasa pada hari Senin. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu hadits berikut ini:

"Pada hari itu aku dilahirkan dan hari aku dibangkitkan (atau hari itu diturunkan Al-Qur’an kepadaku)". (HR. Muslim)

Artikel tentang empat amalan yang bisa umat muslim lakukan saat peringatan Maulid Nabi menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang tiga zodiak paling berorientasi pada keluarga menurut astrologi.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang ketahui lima tanda kanker serviks yang perlu dideteksi sejak dini.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 4 Amalan yang Bisa Umat Muslim Lakukan Saat Peringatan Maulid Nabi

 

2. Bersedakah

Selanjutnya amalan sunnah untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW yang bisa dilakukan ialah bersedekah. Hal ini dilakukan untuk memperingati kelahiran Rasulullah sebagai wujud ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Terlebih lagi keutamaan bersyukur bagi umat muslim salah satunya ialah Allah akan menambah nikmat dan dilapangkan rizkinya. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu surah Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

"Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumatkan, 'Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih'," (QS Ibrahim ayat 7).

3. Berzikir

Berzikir kepada Allah SWT juga bisa menjadi salah satu amalan yang dilakukan umat muslim untuk memperingati Maulid Nabi. Hal ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur dan supaya setiap muslim selalu mengingat Allah.

Hal tersebut sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ar-Ro’d ayat 28 yang berarti:

"Yaitu orang-orang yang beriman, dan hati mereka aman tentram dengan dzikir pada Allah, ingatlah dengan dzikir pada Allah itu, maka hati pun akan merasa aman dan tentram." (QS Ar-Ro’d;28).

4. Membaca Sholawat

Salah satu amalan sunah untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah membaca sholawat sebanyak-banyaknya. Sholawat nabi bisa dibaca kapan saja tanpa mengenal waktu mulai dari pagi, siang, sore, dan malam. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu surah Al-Qur’an berikut ini:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (QS. Al Ahzab: 56).

Selengkapnya...

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

2. Ini 3 Zodiak Paling Berorientasi pada Keluarga Menurut Astrologi

Keluarga adalah aspek penting dari kehidupan kebanyakan orang — apakah Anda mendefinisikannya sebagai kerabat sedarah, pasangan rumah tangga, orang yang dibesarkan bersama Anda, atau keluarga pilihan yang menawarkan kehangatan, cinta, dan dukungan yang sama seperti keluarga tradisional. Namun, tidak semua orang memilih untuk terlibat dengan orang yang mereka cintai seperti yang dilakukan orang lain. Kita semua memiliki prioritas dan batasan yang berbeda, dan itu tidak masalah.

Tetapi untuk tanda-tanda zodiak yang paling berorientasi keluarga, berkomitmen pada klan terdekat mereka selalu merupakan suatu keharusan. Zodiak-zodiak yang berdedikasi ini sangat peduli dengan mengutamakan keluarga.

Ketika sampai pada astrologi ikatan keluarga kita, ada banyak penanda dalam bagan kelahiran yang dapat mengisyaratkan bagaimana seseorang berorientasi keluarga. Satu tempat yang berguna untuk dilihat adalah rumah keempat dalam bagan Anda, yang terkait dengan masalah rumah tangga, keluarga, dan masa kanak-kanak.

Bagian penting lain dari bagan kelahiran yang dapat memberikan wawasan tentang kehidupan keluarga adalah lokasi zodiak dan aktivitas bulan. Bulan dalam astrologi adalah planet yang mengatur rumah dan ingatan kita, dan juga terkait dengan ibu dan keibuan — sehingga dapat menjelaskan banyak hubungan kita dengan masa kanak-kanak, gaya pengasuhan, dan kehidupan pribadi kita secara umum.

Melihat tanda zodiak atau rumah astrologi tempat bulan jatuh, serta planet-planet penting mana yang terhubung dengannya, dapat memberi kita lebih banyak informasi tentang kecenderungan seseorang terhadap anggota keluarga atau urusan rumah tangganya.

Tentu saja, tanda zodiak saja tidak akan menentukan apakah Anda merasa sangat terhubung dengan kerabat Anda atau tidak. Tetapi jika Anda adalah salah satu tanda zodiak yang paling berorientasi pada keluarga, maka kemungkinan orang yang Anda cintai adalah bagian yang sangat penting dalam hidup Anda.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Ketahui 5 Tanda Kanker Serviks yang Perlu Dideteksi Sejak Dini

Serviks merupakan bagian bawah rahim – organ reproduksi wanita yang paling penting, terletak tepat di atas vagina. Serviks bertindak sebagai penjaga rahim dengan mencegah bakteri masuk.

Ini juga menghasilkan lendir serviks dan memungkinkan aliran darah menstruasi dan janin melalui saluran vagina. Kanker serviks disebabkan oleh pertumbuhan tumor ganas di bagian bawah rahim.

Human papillomavirus (HPV) diketahui menyebabkan 95% kasus kanker serviks. Sistem kekebalan yang melemah akibat pengobatan atau human immunodeficiency virus (HIV), penggunaan kontrasepsi oral yang berkepanjangan (pengendalian kelahiran), herpes dan merokok adalah penyebab lain dari kanker serviks.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda kanker serviks yang perlu diwaspadai sejak dini, seperti melansir dari Times of India, Selasa (27/9/2022).

1. Ketidaknyamanan panggul

Pertumbuhan tumor bisa memberikan tekanan pada dinding panggul, menyebabkan ketidaknyamanan. Ketidaknyamanan panggul pada gilirannya bisa menyebabkan hubungan seksual yang menyakitkan atau pemeriksaan panggul yang menyakitkan.

Setiap pembengkakan atau ketidaknyamanan yang tidak bisa dijelaskan harus segera diperiksakan ke ginekolog.

2. Penurunan berat badan

Dengan semua kanker, nafsu makan mulai menurun. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan dan tiba-tiba. Namun, penurunan berat badan juga bisa terjadi terlepas dari nafsu makan yang normal.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.