Sukses

Top 3: Tata Cara Sholat Tolak Bala dalam Tradisi Rebo Wekasan

Liputan6.com, Jakarta - Rebo Wekasan menjadi tradisi yang dilakukan masyarakat di beberapa daerah di Indonesia. Rebo Wekasan sendiri merupakan Rabu terakhir di bulan Safar atau Shafar.

Bagi sebagian orang, Rebo Wekasan dianggap sebagai hari keramat dan menakutkan. Pasalnya mereka meyakini bahwa pada hari itu akan ada bencana yang datang. Pada tahun 1444 M ini, Rabu wekasan jatuh pada tanggal 21 September 2022 atau 24 Safar 1444 H.

Tradisi Rebo Wekasan sudah berlangsung secara turun-temurun di kalangan masyarakat Jawa, Sunda, Madura, dan lainnya. Umumnya, tradisi ini dilakukan dengan menjalani sholat dan berdoa. Masyarakat yang melakukan sholat ini memohon keselamatan dari berbagai bencana dan penyakit. 

Artikel tentang hukum dan tata cara sholat tolak bala dalam tradisi Rebo Wekasan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang jadwal tayang serta harga tiket film One Piece: Red di bioskop Jakarta.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang enam zodiak paling arogan menurut astrologi, ada kamu di dalamnya?

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Hukum dan Tata Cara Sholat Tolak Bala dalam Tradisi Rebo Wekasan

 

Dilansir nu.or.id, Selasa (20/9/22), keputusan musyawarah NU Jawa Tengah tahun 1978 di Magelang menegaskan bahwa sholat khusus Rebo Wekasan hukumnya haram, kecuali jika diniati sholat sunnah muthlaqah atau niat sholat hajat. Jika Anda melakukan sholat tersebut dengan niat sholat sunah mutlak atau sholat hajat, maka hukumnya boleh dilakukan.

Sholat sunah mutlak adalah sholat yang tidak dibatasi waktu, sebab, dan bilangannya tidak terbatas. Sementara itu sholat hajat adalah salat yang dilaksanakan saat memiliki keinginan atau jahat tertentu, termasuk hajat li fa'il makhuf (menolak hal-hal yang dikhawatirkan).

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. Jadwal Tayang Serta Harga Tiket Film One Piece: Red di Bioskop Jakarta

Kabar baik untuk penggemar serial anime One Piece Indonesia, pasalnya aksi bajak laut Topi Jerami Monkey D Luffy cs dapat Anda saksikan di layar bioskop Indonesia mulai besok Rabu (21/9/2022).

Tentu saja tak sedikit penggemar yang sudah tak sabar untuk menyaksikan film One Piece: Red, terlebih serial animasi yang diangkat dari komik ini telah memasuki fase terakhir setelah hadir lebih dari 25 tahun.

Tak hanya Indonesia, sejauh ini sudah ada kurang lebih 18 negara yang terkonfirmasi akan menayangkan filmnya. Di Asia Tenggara sendiri, beberapa negara yang sudah terkonfirmasi akan menayangkan film One Piece: Red adalah Malaysia dan Singapura. 

Film One Piece: Red diketahui tayang di sejumlah bioskop terkenal di Tanah Air. Melalui akun instagram dan laman resmi masing-masing bioskop tersebut pun telah merilis jadwal tayang film One Piece: Red hingga harga tiketnya. 

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. 6 Zodiak Paling Arogan Menurut Astrologi, Ada Kamu di Dalamnya?

Beberapa orang begitu angkuh sehingga mereka mungkin mengira dunia ini hanya tentang mereka. Menariknya, tampaknya ada alasan mengapa beberapa orang jauh lebih arogan daripada orang lain.

Punya anggota keluarga yang tidak bisa menahan diri untuk tidak melihat diri mereka sendiri di setiap cermin yang mereka lewati? Tahu rekan kerja yang membuat setiap percakapan tentang diri mereka sendiri?

Ternyata ini bisa saja terkait dengan zodiak yang mereka miliki. Berikut ini zodiak paling arogan dan angkuh menurut astrologi.

1. Libra

Libra ingin terlihat terbaik setiap saat dan suka memanjakan diri mereka dengan manikur dan potongan rambut mewah. "Diperintah oleh Venus, planet keindahan dan kemewahan, Libra adalah pengisap untuk apa pun yang menyenangkan mata," jelas Rachel Clare, seorang peramal di Mysticsense.

Fokus pada penampilan ini sering berarti bahwa mereka akan menarik orang yang berpikiran sama. "Di lingkaran sosial mereka, mereka adalah magnet bagi orang yang paling menarik di ruangan itu," kata Clare. Ini juga berarti bahwa mereka cenderung mendasarkan teman dan pasangan mereka pada penampilan.

"Mereka sangat pilih-pilih tentang dengan siapa mereka bergaul, dan jika mereka merasa seseorang akan membuat mereka terlihat buruk, kemungkinan besar mereka akan menjaga jarak," Amanda Lee memperingatkan, seorang astrolog di Astrologybuff.

Selengkapnya...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS