Sukses

9 Tips Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami Agar Lebih Cerah

Liputan6.com, Jakarta - Setiap perempuan tentunya mendambakan memiliki bibir yang cerah dan sehat. Namun, bibir yang berwarna hitam dan gelap terkadang membuat banyak kaum hawa tidak percaya diri untuk tampil lebih maksimal.

Karena itu, perlu ada upaya untuk menghilangkan bibir hitam agar lebih cerah dan sehat. Bibir yang gelap atau menghitam terjadi akibat hiperpigmentasi. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya dan disebabkan oleh melanin berlebihan.

Melansir dari Medical News Today, Sabtu (11/6/2022), terdapat beberapa hal yang menyebabkan bibir menjadi gelap, seperti paparan sinar matahari yang berlebihan, dehidrasi dan merokok. Selain itu, hiperpigmentasi pada bibir juga bisa terjadi karena disebabkan adanya reaksi alergi terhadap pasra gigi, lipstik, dan lainnya. Bisa juga disebabkan terlalu banyak mengonsumsi kafein, kehamilan, dan mengisap bibir.

Sebagian besar penyebab tersebut bisa diatasi dengan mengubah gaya hidup. Antara lain yaitu dengan memakai tabir surya, membatasi asupan kafein, atau mengganti merek pasta gigi atau lipstik.

Tak hanya itu, bibir yang gelap juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Yaitu kemoterapi, kekurangan vitamin C, anemia, serta penggunaan flouride berlebihan.

Ya, karena bibir lebih sensitif dari kulit, maka bibir membutuhkan perawatan lebih banyak. Untuk meminimalisir efek samping, ada baiknya Anda melakukan perawatan bibir yang hitam dengan bahan-bahan alami.

Berikut ini tips menghilangkan bibir hitam secara alami, yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

 

2 dari 4 halaman

1. Lemon

Lemon diketahui memiliki sifat memutihkan dan exfoliating alami. Anda bisa memakai lulur lemon dan gula setiap hari untuk menghilangkan bibir hitam.

Caranya, potong-potong lalu oleskan pada bibir dan biarkan semalaman. Setelah itu, cuci dengan air hangat pada keesokan harinya. Hasil perawatan lmasker lemon ini akan bisa terlihat dalam waktu satu bulan.

2. Lidah Buaya

Gel lidah buaya dipercaya dapat memperbaiki kulit gelap dan mengurangi produksi melanin. Caranya Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya yang Anda miliki selama rutinitas perawatan kulit pada malam hari. Bibir pun akan tampak kenyal pada saat Anda sudah bangun tidur.

3. Kunyit

Sebuah studi 2010 pada jurnal Cell Biology and Toxicology, menyatakan bahwa kunyit dapat dimanfaatkan sebagai bahan-bahan alami untuk cara mengatasi bibir hitam lainnya.

Untuk mengaplikasinya, pertama-tama siapkan mangkuk kecil, campurkan bahan seperti 1 sendok makan susu cair dan bubuk kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Aduk hingga membentuk pasta dan tambahkan sedikit air agar teksturnya tidak terlalu padat.

Dengan menggunakan ujung jari yang basah, gosokkan pasta tersebut di bibir. Lalu, biarkan sekitar 5 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Setelah bibir kering, oleskan dengan pelembap bibir favorit Anda.

3 dari 4 halaman

4. Jeruk Nipis

Sama seperti lemon, jeruk nipis juga berfungsi sebagai penghambat produksi melanin. Untuk menghilangkan bibir hitam, Anda tinggal mencampurkan satu setengah sendok teh perasan jeruk nipis segar, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh gliserin. Oleskan campuran tersebut ke bibir Anda sebelum tidur. Lalu Anda bisa membilas bibir Anda keesokan paginya.

5. Kacang Almond

Bahan alami lain yang bisa dijadikan perawatan alami bibir hitam adalah kacang almond. Caranya ambil beberapa kacang almond, krim susu segar, dan campur hingga menjadi pasta.

Pijat pasta ke bibir Anda selama beberapa menit dan biarkan sampai kering. Setelah kering, basahi perlahan dengan air hangat dan bilas. Lakukan tips ini setiap hari untuk mendapatkan bibir yang lebih cerah dan kenyal secara alami.

6. Buah Beri

Buah beri mengandung mineral dan vitamin penting untuk menjaga bibir tetap sehat dan ternutrisi. Baik raspberry maupun stroberi, buah ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bibir hitam.

Caranya dengan mencampurkan madu dalam ramuan ini juga cukup membantu. Selain mencerahkan, buah beri dan madu membantu mengatasi bibir pecah-pecah dan iritasi.

Selain itu, campuran beri dan madu juga berkhasiat merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan membantu mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Oleskan bahan-bahan alami ini untuk membantu bibir berwarna merah muda secara alami.

Campurkan bahan-bahan tersebut dalam sebuah mangkuk, lalu oleskan sebagai scrub pada bibir. Pijat lembut dalam 10 menit. Kemudian biarkan hingga mengering lalu bilas hingga bersih.

4 dari 4 halaman

7. Buah Bit

Buah bit juga bisa dijadikan sebagai bahan alami penghilang bibir hitam. Buah bit dipercaya dapat memberikan warna merah muda pada bibir secara alami.

Caranya dengan memblender buah bit menjadi adonan halus, lalu oleskan pada area bibir seminggu 3 kali. Biarkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas. Setelah bibir bersih dan kering, oleskan petroleum jelly secara tipis-tipis.

8. Minyak Zaitun

Untuk mengatasi bibir hitam, Anda bisa mencampurkan 2 tetes air mawar dan minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke bibir 3 hingga 4 kali sehari, atau sebelum tidur di malam hari.

Meski rasa berminyak cukup terasa pada area bibir, sebaiknya Anda tak terburu-buru membasuhnya. Pasalnya, campuran dua bahan ini bisa membuat bibir terasa lebih lembap dan mencegahnya kering.

9. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Bibir bisa menjadi salah satu area tubuh pertama yang terlihat kering dan gelap. Minum air dengan cukup adalah salah satu cara terbaik untuk merawat kulit.

Nah, tubuh yang terhidrasi dengan baik juga menjadi cara mengatasi bibir hitam dengan cepat. Anda juga bisa menambahkan irisan mentimun atau lemon ke dalam segelas air untuk rasa yang lebih nikmat dan menyegarkan.