Sukses

Terungkap, Awal Masuknya Kasus Pertama Omicron di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Kini telah terungkap awal mula masuknya kasus pertama varian Omicron di Tanah Air. Kasus Omicron pertama diduga berasal Warga Negara Indonesia (WNI) yang datang dari Nigeria pada 27 November 2021. 

Sebelumnya, Kemenkes mengonfirmasi kasus pertama Omicron di Indonesia pada Kamis (16/12/2021). Selain itu, ada juga lima kasus probable Omicron yang kini masih menunggu status konfirmasinya.

Petugas kebersihan berinisial N tersebut diketahui tidak pernah melakukan perjalanan internasional. Dari hal itu bisa disimpulkan bahwa N tertular dari WNI yang datang dari luar negeri dan melakukan karantina di Wisma Atlet.

Kementerian Kesehatan pun merunut kasus WNI yang positif COVID-19 yang menjalani karantina di Wisma Atlet pada 14 hari ke belakang. Selanjutnya, hasil penelusuran menunjukkan, kemungkinan besar kasus pertama atau index case Omicron adalah WNI usia 21 tahun berinisial TF yang tiba dari Nigeria pada 27 November 2021.

Hhasil penelusuran (tracing), satu orang berinisial TF merupakan probable dengan kemungkinan besar tertular Omicron. Saat ini, hasil tes PCR TF sudah dinyatakan negatf.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jumlah Kasus Omicron di Indonesia

Hingga kini, tercatat ada tiga kasus konfirmasi varian Omicron di Indonesia. Kemenkes mengonfirmasi kasus pertama Omicron di Indonesia pada Kamis (16/12/2021). 

Selanjutnya, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi pada Sabtu (18/12/2021), mengumumkan adanya dua tambahan kasus varian Omicron dalam keterangan tertulisnya.

Tambahan dua kasus ini merupakan hasil pemeriksaan sampel dari 5 kasus probable Omicron yang baru Kembali dari luar negeri. 

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Omicron
  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Omicron Covid-19
  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    varian omicron
  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Adalah