Sukses

Bantu Tidur Lebih Nyenyak dan Baik untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Mandi di Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta Ahli dermatologists merekomendasikan kita agar menghabiskan sekitar 5 sampai 10 menit saja dalam sehari di kamar mandi. Untuk waktunya sendiri beberapa dari kita banyak yang lebih senang mandi pagi, sementara yang lain lebih memilih untuk menghilangkan stres usai seharian beraktivitas dengan mandi di malam hari. 

Dan meskipun waktu Anda mandi tergantung pada preferensi pribadi Anda sendiri, mereka yang memilih untuk melakukannya di malam hari sebenarnya dapat mendapatkan lebih banyak manfaat kecantikan dan kesehatan.

Ya, ternyata ada cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mandi di malam hari. Dilansir dari Brightside, berikut ulasannya. 

1. Membantu Anda Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak

 

Mandi malam membuat tubuh dan pikiran Anda rileks, dan ketika Anda melakukannya pada waktu yang tepat, itu juga dapat membuat Anda tidur yang lebih baik. 

Mandi 90 menit sebelum tidur dengan air hangat dapat membantu Anda tertidur sekitar 10 menit lebih cepat dari biasanya. Ini terjadi karena air hangat sedikit menurunkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya mengirimkan sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Lebih Baik untuk Kulit Anda

Mandi sebelum tidur juga dapat membantu mencegah jerawat. Rambut kita mengumpulkan bakteri dan penumpukan produk sepanjang hari, dan saat kepala Anda menyentuh bantal, semua kotoran ini dapat pindah ke sarung bantal Anda, dan kemudian ke wajah Anda. Karena kulit kita beregenerasi saat kita tidur, tidur dengan kulit bersih dan segar juga berarti sel-sel kulit baru Anda akan sehat.

3 dari 5 halaman

3. Dapat Meredakan Alergi Musiman

Jika Anda menderita alergi musiman, mandi malam dapat membantu meringankan gejalanya. Berada di luar rumah berarti alergen, seperti serbuk sari dan debu, masuk ke kulit dan pakaian Anda, dan kecuali Anda mandi sebelum tidur, itu mungkin berakhir di tempat tidur Anda. 

4 dari 5 halaman

4. Rambut Akan Lebih Sehat

Jika Anda mencuci rambut di malam hari, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk membiarkannya mengering secara alami. Ini, pada gilirannya, akan membuat rambut Anda berkilau lebih lama dan juga membantu menjaga kelembabannya. Mengeringkan rambut dengan cepat di pagi hari dapat merusak helaian rambut, membuatnya rapuh dan kusam.

5 dari 5 halaman

5. Membantu Mencegah Keringat Berlebih

Meskipun mandi pagi adalah cara yang bagus untuk menyegarkan diri sebelum menghadapi hari, mandi di malam hari sebenarnya dapat membantu Anda mencegah bau badan. Mandi air dingin sebelum tidur dapat membantu mengurangi keringat malam yang diderita banyak orang.