Sukses

5 Makanan Sehat yang Berbahaya Jika Dimakan Berlebihan

Banyak yang tak menyadari bahwa makanan sehat itu bisa sama berbahayanya dengan gula dan natrium.

Liputan6.com, Jakarta - Sayuran dan buah-buahan telah dikenal sangat baik untuk kesehatan. Namun, banyak yang tak menyadari bahwa makanan sehat itu bisa sama berbahayanya dengan gula dan natrium. 

Nyatanya ada berbagai makanan sehat yang berbahaya jika dimakan berlebihan. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Rabu (20/10/2021).

1. Pisang  

 

Makan terlalu banyak pisang bisa menyebabkan kerusakan gigi. Sama seperti gula, buah ini bisa menghasilkan bakteri perusak gigi yang merusak email gigi Anda. Namun kabar baiknya, jumlah gula dalam pisang kurang pekat.

Selain itu, jika Anda memakan pisang matang terlalu banyak, Anda juga akan mengalami sakit kepala karena pisang matang mengandung tyramine yang tinggi yang bisa menjadi pemicu migrain.

Untuk menghindari dampak buruk tersebut, Anda cukup makan dua pisang sehari yang dianggap jumlah yang sehat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Oat

Jika Anda makan oat secara berlebihan, Anda akan mengalami masalah lambung dan buang air besar. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gejala sembelit bisa dikurangi secara signifikan dengan menurunkan asupan serat makanan. Terlebih lagi, makan terlalu banyak oat membatasi penyerapan kalsium, magnesium dan seng.

Selain itu, terlalu banyak oat menyebabkan penambahan berat badan, terutama jika Anda menambahkan terlalu banyak topping.

3-6 ons oat per hari itu sehat, tapi tergantung pada asupan kalori harian Anda.

3 dari 5 halaman

3. Keju

Makan keju berlebihan bisa menyebabkan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Jenis makanan ini tinggi lemak jenuh yang terkenal menyebabkan penyakit jantung koroner. 

Keju juga sering menyebabkan mulas karena hormon yang disebut cholecystokinin, yang dilepaskan saat makan.

4 dari 5 halaman

4. Brokoli

Brokoli mengandung tiosianat yang menyebabkan produksi hormon tiroid berlebihan. Akibatnya, Anda akan mengalami kerontokan rambut dan pipi terlihat lebih chubby. 

Selain itu, juga menyebabkan hidung tersumbat dan memicu alergi lain, seperti ruam kulit atau gatal-gatal.

5 dari 5 halaman

5. Blueberry

Blueberry bisa menurunkan glukosa darah di bawah normal yang berbahaya bagi pengidap diabetes. Buah beri juga mengencerkan darah, jadi berhati-hatilah, terutama jika Anda meminum pil apa pun, karena blueberry bisa mengganggu pengobatan Anda.

Selain itu, Anda bisa merasa sesak napas atau pernapasan Anda tidak teratur karena blueberry kaya akan vitamin K.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.