Sukses

7 Penyebab Mengapa Anda Sulit Tidur Nyenyak dan Cara Mengatasinya

Nah, penasaran apa saja penyebab yang membuat Anda sulit tidur dan bagaimana solusinya?

Liputan6.com, Jakarta - Kurang tidur secara teratur tentu akan membuat kita merasa lelah setelah bangun tidur. Selain itu, salah satu alasan utama memiliki kualitas tidur yang baik yakni untuk menambah berat badan.

Nyatanya ada beberapa penyebab mengapa Anda tidak bisa tidur dengan nyenyak. Beberapa di antaranya bahkan menjadi kebiasaan Anda sehari-hari.

Nah, penasaran apa saja penyebab yang membuat Anda sulit tidur dan bagaimana solusinya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Minggu (3/10/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Posisi tidur

Tidur dalam posisi yang tidak nyaman, baik sendiri atau bersama pasangan, membuat tubuh Anda stres, sehingga kurang istirahat.

Solusinya, coba untuk ambil posisi yang Anda rasa paling nyaman dan cobalah untuk tidak mengubahnya sampai Anda tertidur.

3 dari 8 halaman

2. Pikiran berlebihan

Kita sering tidak membiarkan otak kita beristirahat dari masalah sehari-hari sebelum tidur, yang berakibat pada kualitas tidur yang rendah.

Solusinya, coba alihkan perhatian Anda dari semua kekhawatiran dan arahkan pikiran Anda pada hal lain, seperti mengingat nama negara yang diawali dengan huruf yang sama atau coba hitung domba.

4 dari 8 halaman

3. Alkohol

Meski alkohol diklaim bisa membuat seseorang tertidur lebih cepat. Namun itu berdampak negatif pada gerakan mata yang cepat tidur dan Anda bangun dengan kondisi lelah dan mual.

Solusinya, jika Anda ingin tetap mengonsumsi alkohol, coba untuk minum tidak kurang dari dua jam sebelum tidur. Namun, lebih baik lagi Anda coba untuk berhenti sama sekali.

5 dari 8 halaman

4. Bising

Suara apa pun, baik itu suara mobil di luar rumah atau suara keras dari tetangga, itu akan menghalangi tubuh Anda untuk beristirahat.

Untuk itu, coba gunakan penyubat telinga untuk menghindari suara bising yang membuat Anda sulit tidur.

6 dari 8 halaman

5. Pencahayaan

Bahkan cahaya terkecil dari lampu atau lampu LED akan mengacaukan tidur Anda. Nyatanya semakin ruangan kamar Anda gelap, semakin baik dan memudahkan Anda tidur.

Solusinya, coba singkirkan semua sumber cahaya atau kenakan masker tidur.

7 dari 8 halaman

6. Latihan fisik

Latihan fisik akan merangsang sistem saraf, itulah sebabnya mengapa tertidur setelah pergi gym bisa menjadi masalah.

Solusinya, berolahraga tidak kurang dari tiga jam sebelum tidur.

8 dari 8 halaman

7. Suhu udara yang salah

Meskipun tertidur dalam kehangatan itu menyenangkan, suhu optimalnya adalah 15-23 derajat Celcius.

Solusinya, tutupi dengan selimut tipis dan ganti dengan selimut hangat di malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.