Sukses

Memotivasi Anak Gemar Matematika Melalui Lomba

Tentu ada banyak cara untuk menyukai belajar matematika, seperti melalui lomba.

Liputan6.com, Jakarta - Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang sulit bagi para siswa, karena dibutuhkan ketelitian saat mengerjakannya. Tak heran jika matematika masih menjadi momok bagi pelajar.

Namun, tentu ada banyak cara untuk menyukai belajar matematika, seperti melalui lomba. Hal tersebut pun diungkapkan Customer Service Manajer Shinkenjuku, Kusumaninghayu Sihpudyastuty.

Shinkenjuku (Shinkenjuku Online) telah menggelar lomba matematika ke-6 secara daring yang berlangsung mulai 24 Juli – 7 Agustus 2021. Tujuan pelaksanaan Shinkenjuku Math Championship (SMC) kali ini adalah untuk membuat anak-anak meningkatkan kepercayaan dirinya dengan mengikuti lomba matematika, mengubah momok lomba matematika menjadi hal yang menyenangkan.

"Selain lomba, adapula fasilitas pendukung sebelum mengikuti lomba yaitu buku Kangaeru. Dimana kami membantu peserta dengan materi persiapan lomba melalui bentuk soal yang menantang," kata Kusumaninghayu dalam keterangan persnya, Kamis (9/9/2021).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motivasi belajar anak jadi meningkat

Dari pelaksanaan lomba tersebut telah terpilih para pemenang dari masing-masing kategori kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD dan berhasil membawa pulang hadiah senilai jutaan rupiah.

Presiden Direktur PT Benesse Indonesia, Keiko Toyoizumi mengatakan, di tahun ini SMC sudah memasuki season ke 6.

“Sebelumnya, kami melaksanakan lomba ini dengan 90 tempat offline seperti outlet-outlet, bersama dengan sekolah, dengan babak penyisihan dilakukan per daerah. Namun sejak pandemi ini, kami tetap melaksanakan kegiatan SMC secara online dengan anak-anak dari seluruh wilayah Indonesia,” pungkasnya.

Salah satu manfaat yang sangat dirasakan perubahannya oleh orangtua yang anaknya mengikuti lomba ini adalah motivasi belajar anak jadi meningkat. Selain itu, anak menjadi menemukan momen yang seru dan menyenangkan ketika berhasil memecahkan soal-soal yang sulit sehingga kepercayaan dirinya bertambah.

“Di masa seperti ini sangat dibutuhkan kerjasama antara sekolah, orangtua, dan lembaga pendidikan, untuk terus memotivasi anak agar tetap semangat belajar,” ujar Sarah Aruan, selaku Marketing Manajer Shinkenjuku.  

Shinkenjuku dipersiapkan khusus untuk membantu anak usia tingkat sekolah dasar dalam memahami konsep dasar matematika melalui soal-soal cerita dengan konsep yang menarik untuk menumbuhkan serta meningkatkan logika berpikir anak. Sehingga dengan dasar konsep yang kuat tidak hanya akan membantu anak dalam pelajaran matematika, tetapi juga dibutuhkan dalam pelajaran-pelajaran lainnya, utamanya untuk kehidupan sehari-hari.

Selain kelas private dan semi private, ada pula Interactive Challenge Session atau ICS, dimana anak bisa mengikuti sesi belajar bersama teman-teman dari seluruh wilayah.

“Kami terus berharap dapat memberikan kontribusi kepada anak-anak supaya mereka bisa termotivasi dengan belajar dan membantu mengembangkan kemampuan berpikir anak,” tutup Keiko.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.