Sukses

7 Hal Baik yang Terjadi pada Tubuh Bila Anda Sering Makan Bawang

Berikut ini manfaat yang dapat Anda peroleh bila rutin mengonsumsi bawang

Liputan6.com, Jakarta Bawang adalah salah satu bumbu dapur yang umum ditemukan di tiap rumah. Bahan yang satu ini dapat diolah menjadi apa dan menyedapkan makanan.

Namun di samping itu, ternyata ada banyak manfaat terbiasa mengonsumsi bawang. Apa saja? Seperti dihimpun dari Brightside, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Meningkatkan kepadatan tulang Anda

Meski terdengar aneh, beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang dapat memiliki efek positif pada kepadatan tulang Anda. Makan bawang setiap hari selama sebulan dilaporkan meningkatkan kepadatan tulang Anda sebesar 5% dibandingkan dengan mereka yang tidak.

 

3 dari 8 halaman

2. Menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung

Memiliki sifat anti-inflamasi yang tinggi, bawang dapat mengurangi kolesterol jahat yang ada di tubuh Anda. Tingkat kolesterol yang rendah juga berarti menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan pada gilirannya menjaga kesehatan jantung Anda.

 

4 dari 8 halaman

3. Melancarkan pencernaan

Bawang memiliki serat yang mempercepat pencernaan yang tepat dalam tubuh Anda. Selain itu, juga meningkatkan produksi "bakteri baik" di usus Anda yang membuat proses pencernaan lebih mudah di tubuh Anda.

 

5 dari 8 halaman

4. Mengurangi kerusakan sel dan meningkatkan antioksidan

Bawang adalah rumah bagi 25 jenis antioksidan berbeda yang baik untuk tubuh kita. Antioksidan tidak hanya menjauhkan kita dari penyakit tertentu, tetapi juga mencegah kerusakan sel.

 

6 dari 8 halaman

5. Meningkatkan penglihatan dan kesehatan mulut

Bawang membunuh bakteri jahat yang ada di mulut Anda dan meningkatkan kebersihan mulut Anda. Sifat antimikroba mereka juga dapat memperkuat gigi Anda. Mereka juga mengandung "quercetin," zat yang melawan katarak dan menjaga mata Anda tetap aman.

 

7 dari 8 halaman

6. Membantu Anda tidur nyenyak

Penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Mereka memiliki serat makanan di dalamnya yang meningkatkan kesehatan usus dan juga mengurangi stres.

 

8 dari 8 halaman

7. Melawan penuaan dan memperbaiki kulit

Kaya akan vitamin A, C, dan E, bawang dapat membantu Anda mendapatkan kulit bercahaya sempurna yang Anda inginkan. Mereka juga mengurangi jerawat dan, menurut sebuah penelitian, mengoleskan gel yang diekstrak dari bawang ke bekas luka Anda sebenarnya bisa meringankannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.