Sukses

Sarapan Sehat, Yuk Coba Resep Muffin Telur Jamur Untuk Awali Harimu

Mufin telur jamur ini bisa menjadi piihan yang tepat untuk mengawali hari karena kandungan nutrisi pada jamur.

Liputan6.com, Jakarta Memulai pagi dengan mengonsumsi sarapan yang sehat merupakan cara yang tepat untuk menjalani hari. Sarapan sangat penting dilakukan saat akan memulai hari, utamanya dengan  makanan yang bergizi agar dapat memberikan dampak positif.

Melansir dari Verywell Fit, Selasa, (13/7/2021), direkomendasikan untuk konsumsi makanan dengan campuran protein, serat, dan lemak yang sehat agar tetap kenyang dan berenergi selama berjam-jam. Telur menjadi salah satu hidangan yang tepat untuk bisa mendapatkan banyak protein.

Makanan yang bisa dijadikan pilihan ialah muffin telur dengan tambahan sayuran seperti jamur dan paprika. Dari muffin tersebut bisa mendapatkan banyak protein, serat, dan vitamin yang bisa membuat tetap sehat tanpa meningkatkan tekanan darah saat sarapan.

Penggunaan jamur dalam muffin telur ini juga memberikan nutrisi yang baik untuk menu sarapan. Berikut beberapa nutrisi yang bisa memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nutrisi & Manfaat Kesehatan Dari Jamur

Melansir dari Verywell Fit, dalam satu cangkir jamur mentah mengandung sekitar 15 kalori dan 2,3 gram karbohidrat. Di dalam jamur juga terdapat sumber serat yang baik untuk tubuh, terutama serat beta-glukan.

Jamur juga dianggap memiliki sedikit efek negatif pada glukosa darah atau respons insulin karena kandungan karbohidratnya yang rendah. Selain itu, jamur hnaya memiliki sedikit lemak, yang sebagian besarnya merupakan lemak tak jenuh ganda, sehingga bisa menjadi pilihan makanan untuk menyehatkan jantung.

Namun, jamur hanya memiliki sejumlah kecil protein yaitu 2,2 gram dalam per cangkir, sehingga bisa dikombinasikan dengan makanan yang kaya protein seperti telur. Jamur adalah sumber yang baik dari tembaga, niasin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), kalium, fosfor, dan zat besi.

Vitamin B bisa membantu dalam pelepasan energi dari karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan, tembaga bisa membantu dalam produksi energi dan pemanfaatan zat besi, dan menjaga integritas jaringan ikat, serta membantu enim antioksidan.

Dari banyaknya nutrisi tersebut dapat memberikan manfaat kesehatan seperti melawan kerusakan sel, yang di mana antioksidan telah terbukti melawan stres oksidatif dan peradangan. Dengan mengonsumsi jamur juga bisa membantu memperlambat penurunan kognitif yang menyertai penuaan.

Jamur juga memiliki sumber vitamin D yang baik, di mana sangat penting untuk kesehatan tulang. Dengan makan jamur juga bisa memiliki manfaat yang sama dengan mendapatkan vitamin D dari suplemen atau dari paparan sinar matahari.

Sumber serat yang baik pada jamur juga memberikan manfaat kesehatan seperti menurunkan risiko diabetes tipe 2, menurunkan kadar kolesterol, dan juga bisa untuk meningkatkan pengendalian berat badan.

3 dari 4 halaman

Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang digunakan dalam muffin telur di bawah ini diperuntukkan untuk 6 cangkir atau cetakan. Berikut bahan-bahan yang digunakan dalam membuat menu sarapan ini, yaitu:

  • Semprotan minyak zaitun
  • 1/4 cangkir bawang bombay, potong dadu
  • 1/4 cangkir paprika merah, potong dadu
  • 1/4 cangkir jamur, potong dadu
  • 3 butir telur besar
  • 1/4 cangkir susu skim
  • 1/2 sendok teh lada hitam yang baru dipecah
  • 1/4 sendok teh bubuk bawang putih
4 dari 4 halaman

Cara Pembuatan

Untuk membuat muffin ini membutukan waktu sekitar 10 menit untuk persiapannya dan 30 menit untuk memasaknya. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat muffin ini.

  1. Panaskan oven hingga 350 derajat F atau 176 derajat C
  2. Siapkan cetakan untuk memanggang muffin dan semprotkan dengan minyak zaitun
  3. Bagi bawang, paprika, dan jamur ke dalam semua cetakan secara merata
  4. Dalam mangkuk, kocok telur dengan susu, merica, dan bawang putih
  5. Tuangkan kocokan telur tersebut ke dalam setiap cetakan muffin yang sudah berisi sayuran
  6. Panggang sekitar 25-30 menit sampai telur matang
  7. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin untuk siap disantap

 

Catatan: Dalam menu muffin telur jamur ini mengandung 78 kalori, 4 gram lemak, 4 gram karbohdirat, dan 6 gram protein. Dalm mengonsumsi muffin ini bisa dipadukan dengan sepotong roti gandum, atau bersama dengan potongan keju dalam sandwich.

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.