Sukses

Rilis Fitur Baru, Ini 4 Langkah Mudah Berjualan Lewat Instagram

Bagi kalian yang baru memiliki bisnis baru ataupun online shooping, bisa mencoba tips di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Kini Instagram telah menghadirkan tambahan fitur Belanja Instagram. Bagi Anda yang memiliki usaha online shop, atau baru saja memulai berjualan dapat mencoba tips ini.

Jika Anda sebelumnya hanya berjualan produk secara online, Anda harus mencoba menggunakan Belanja Instagram untuk mempromosikan produk Anda.

Daripada mengarahkan pembeli dari akun Instagram Anda ke laman situs web Anda, Belanja Instagram juga memungkinkan mereka untuk memilih dan membeli produk dengan mudah dari aplikasi.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna Instagram, inilah fitur yang bermanfaat untuk mempermudah mereka menemukan dan berbelanja produk dari toko Anda. Berikut ulasannya dilansir dari hootsuite.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Belanja ala milenials

Instagram adalah platform penting untuk berjualan, dengan 200 juta pengguna Instagram mengunjungi setidaknya satu profil bisnis setiap hari.

Di masa lalu, sebelum teknologi belum canggih seperti saat ini pembeli biasanya akan mengunjungi situs web atau toko fisik Anda untuk memilih produk yang mereka cari.

Tetapi sejak 2017, Belanja Instagram telah memungkinkan merek untuk mengubah profil mereka menjadi etalase virtual hanya dengan memilih produk menggunakan aplikasi, berikut langkah-langkahnya simak di bawah ini.

3 dari 7 halaman

1. Pastikan Anda memenuhi persyaratan

Sebelum Anda dapat mengatur Belanja Instagram, Anda perlu memastikan bisnis Anda telah memenuhi tiga kriteria. Seperti  berbasis di negara tempat Belanja Instagram tersedia.

Periksa daftar untuk mengonfirmasi, selain itu, hanya produk fisik yang dapat dijual.

Apabila Anda memiliki profil bisnis di Instagram sebelumnya sudah terlanjur dipakai sebagai profil pribadi, jangan khawatir sangat mudah untuk mengubah setelan akun Anda menjadi bisnis.

Anda telah menghubungkan profil Instagram Anda ke Halaman Facebook. Ini agar Anda dapat mengatur katalog produk Anda di Facebook. Pelajari juga cara menambah atau mengubah Halaman Facebook yang terhubung di Instagram.

4 dari 7 halaman

2. Buat katalog produk Anda di Facebook

Setelah Anda menambahkan produk ke katalog, Anda akan dapat menandainya di unggahan dan Instagram Story Anda. Anda juga dapat mengatur toko di Halaman Facebook Anda.

Saat menambahkan nama produk, pastikan nama tersebut deskriptif sehingga pengguna dapat mengetahui item apa dalam foto yang telah diberi tag.

5 dari 7 halaman

3. Dapatkan persetujuan untuk belanja Instagram

Setelah Anda menyiapkan katalog dan memeriksa bahwa bisnis Anda telah memenuhi persyaratan, Anda dapat mengirimkan akun Anda untuk ditinjau oleh Instagram.

Buka Pengaturan Anda, ketuk Bisnis, lalu Daftar untuk Belanja Instagram. Ikuti langkah-langkahnya dan tekan kirim. Peninjauan dan persetujuan mungkin membutuhkan waktu beberapa hari.

6 dari 7 halaman

4. Aktifkan belanja di aplikasi Instagram

Setelah akun jualan Anda telah disetujui, Anda akan melihat opsi baru di bawah Pengaturan dan Bisnis, berjudul Belanja. Ketuk untuk mengaktifkan belanja di aplikasi Instagram.

7 dari 7 halaman

5. Siapkan postingan Instagram pertama Anda yang dapat dibeli oleh pembeli

Jika Anda sudah siap untuk memulai berjualan, unggah foto seperti yang Anda lakukan untuk berjualan. Lalu ketuk item yang ingin Anda tandai. Anda dapat menandai hingga lima produk dari unggahan Anda.

Mulailah mengetik nama produk yang ingin Anda beri tag, ini harus sesuai dengan nama di katalog produk Anda, Unggahan Instagram yang dapat dibeli akan diidentifikasi di feed Anda dengan ikon tas belanja di pojok kanan atas.

Semua produk yang akun Anda beri tag akan muncul di profil Anda di bawah tab Belanja Instagram.

Penulis

Fayola Gishlaine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.