Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini Fakta Menarik Tentang Trending Topic di Twitter

Salah satu fitur Twitter paling diketahui pengguna adalah trending topic, namun tak banyak yang mengerti bagaimana fitur itu bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter menjadi salah satu media sosial yang paling populer. Tak heran jika penggunanya menyeluruh ke banyak negara di dunia.

 

Berbagai hal yang tengah terjadi di sekitar kita, mulai dari hal lucu hingga peristiwa penting banyak dibahas hingga menjadi percakapan menarik di antara pengguna.

Tak jarang, berbagai topik yang tengah diperbincangkan memuncaki trending topic Twitter. Ya, trending topic menjadi satu fitur Twitter paling diketahui pengguna. Akan tetapi, tak banyak yang mengerti bagaimana fitur itu bekerja.

Nah, untuk memahami lebih lanjut cara kerjanya, berikut deretan hal yang perlu Anda ketahui tentang trending topic di Twitter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Tren = tagar?

Tidak. Tagar memang bagian dari tren, namun kata dan frasa juga menjadi faktor yang menentukan. Twitter juga mengelompokkan tagar-tagar yang saling terkait, seperti #MalamJumat dan #Kamistis yang keduanya dapat dinyatakan dengan #MalamJumat.

3 dari 9 halaman

2. Bagaimana saya melihat Tweet yang menjadi bagian dari sebuah trending topic?

Klik atau sentuh salah satu trending topic yang ada pada daftar dan kamu akan melihat hasil pencarian tren tersebut. Kamu akan melihat semua Tweet yang berisi frasa, kata atau tagar.

Untuk melihat Tweet terdahulu yang tidak lagi terdaftar, kamu dapat menggunakan pencarian Twitter.

4 dari 9 halaman

3. Algoritma

Menurut keterangan resmi Twitter, Kamis (29/10/2020), tren ditentukan oleh algoritma. Secara otomatis, tren disesuaikan untuk pengguna berdasarkan akun yang mereka ikuti, minat, dan lokasi kamu.

Namun, pengguna juga dapat mengubahnya dengan memilih tren berdasarkan lokasi (misalnya, Indonesia) dan mereka dapat menemukan topik populer di kalangan orang-orang dalam lokasi geografis tertentu.

5 dari 9 halaman

4. Tren ditentukan oleh jumlah Tweet?

Tidak. Tren menunjukkan apa yang sedang dibicarakan di Twitter saat itu juga. Tren tidak ditentukan hanya dari jumlah Tweet tentang topik tertentu.

Tren mencerminkan apa yang terjadi saat ini dan membantu Anda menemukan topik diskusi terhangat yang sedang dibicarakan di Twitter.

6 dari 9 halaman

5. Apakah ada pilihan trending topic berbayar di Twitter?

Trending topic organik bekerja seperti yang dijelaskan di atas dan berada dalam parameter Hal itu tidak dapat diubah, namun Twitter juga menawarkan dua pilihan untuk trending topic berbayar. Antara lain:

- Tren Promosi

Ini adalah promosi berdampak tinggi dalam kurun waktu 24 jam yang populer di kalangan brand. Untuk memastikan transparan, semua tren promosi ditandai dengan jelas dan harus mengikuti panduan.

- Tren Promosi Spotlight atau

Ini adalah format iklan visual yang muncul di daftar tren teratas. Tren ini dilengkapi video berdurasi 6 detik, GIF atau kumpulan foto statis.

7 dari 9 halaman

6. Apakah ada topik yang dibatasi agar tidak masuk ke dalam jajaran trending topic?

Twitter ingin agar trending topic yang ada dapat mempromosikan diskusi yang sehat di platform. Beberapa jenis konten tidak dapat muncul ke dalam jajaran trending topic, antara lain:

- Konten yang berisi referensi gambar/dewasa atau cabul.

- Menyebarkan ujaran kebencian yang berdasarkan pada ras, suku bangsa, asal negara, orientasi seksual, jenis kelamin, identitas jenis kelamin, kelompok agama, usia, disabilitas, atau penyakit.

- Melanggar Peraturan Twitter.

8 dari 9 halaman

7. Apakah saya bisa berpartisipasi dalam trending topic?

Bisa! Tweet kata, frasa atau tagar yang sama seperti yang muncul di daftar tren dan kamu sudah menjadi bagian dari percakapan yang terkait dengan trending topic tersebut.

Catatan: Twitter juga menyaring pencarian demi kualitas. Untuk memahami jenis perilaku yang dapat menyebabkan Tweet kamu lolos proses pemilihan, baca tentang peraturan dan pembatasan pencarian Twitter.

9 dari 9 halaman

8. Bagaimana saya melihat Tweet yang menjadi bagian dari sebuah trending topic?

Klik atau sentuh salah satu trending topic yang ada pada daftar dan kamu akan melihat hasil pencarian tren tersebut. Kamu akan melihat semua Tweet yang berisi frasa, kata atau tagar.

Untuk melihat Tweet terdahulu yang tidak lagi terdaftar, kamu dapat menggunakan pencarian Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.