Sukses

Sering Mengeluh Sakit, Dokter Temukan 20 Cacing Hidup di Mata Pria Ini

Seorang dokter di Tiongkok terkejut ketika mengeluarkan 20 cacing hidup dari mata seorang pria.

Liputan6.com, Tiongkok - Seorang dokter di Tiongkok terkejut ketika mengeluarkan 20 cacing hidup dari mata seorang pria. 

Pasien bermarga Wan yang berumur 60 tahun itu mengatakan bahwa dirinya pertama kali merasakan sesuatu yang mengganggu matanya beberapa bulan lalu.

Melansir dari India Times, Jumat (30/10/2020), awalnya Wan mengira sakit pada matanya efek dari kelelahan. Untuk itu, dia tidak memikirkan lebih jauh mengenai masalah pada matanya itu. Namun, karena sakit di matanya semakin parah, dia akhirnya memutuskan untuk memeriksakannya di rumah sakit di kota Suzhou. 

Dokter di rumah sakit itu melakukan pemeriksaan medis menyeluruh dan menemukan setidaknya 20 cacing hidup di bawah kelopak mata kanan Wan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Parasit dari Air Mata Hewan

Dr Xi Ting yang menangani Wan mengidentifikasi cacing tersebut sebagai nematoda, parasit umum yang hidup di kantung konjungtiva dan saluran air mata anjing, kucing dan beberapa hewan lainnya.

Dr Xi mengatakan bahwa dibutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 hari agar larva berkembang menjadi cacing yang terbentuk sempurna. 

 

3 dari 3 halaman

Tidak Punya Hewan Peliharaan

Ketika dimintai keterangan dokter, Wan mengatakan bahwa dia tidak memelihara hewan peliharaan di rumahnya, tapi dia mengatakan bahwa dia sering pergi keluar untuk berolahraga dan bersentuhan dengan hewan. 

Para dokter mengimbau masyarakat agar berhati-hati karena parasite dari hewan, termasuk hewan peliharaan yang bisa menular ke manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.