Sukses

Kalian Perlu Tahu, Begini Cara Benar Melepas Masker di Tempat Umum

Dalam mencegah penyebaran atau penularan Covid-19, kita harus senantiasa memakai masker dengan cara yang baik dan benar.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang haruslah memakai masker di tempat umum dengan baik dan benar. Ini penting saat menerapkan social distancing sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. Hal itu diingatkan Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat.

Belum lama ini, CDC mengunggah sebuah video di akun Twitter-nya @CDC. Isi video mengingatkan setiap orang untuk menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut di tempat umum. Serta mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer saat memasang dan melepas masker.

“Jangan menaruh masker di leher atau di atas dahi Anda,” demikian penjelasan dalam video dari akun Twitter resmi @CDC, seperti dikutip dari Prevention.

Gubernur New York Andrew Cuomo menjelaskan, kebiasaan mengenakan masker di bawah dagu dan dahi biasanya terjadi ketika seseorang ingin makan, minum, ataupun berolahraga. Dengan demikian, orang tersebut perlu melepas maskernya.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengapa Menaruh Masker di Bawah Dagu Berisiko ?

Amesh A. Adalja salah satu pakar penyakit menular dan peneliti senior di John Hopkins Center for Health Security mengatakan, virus Corona dapat menyebar melalui droplet atau percikan ludah ketika bersin atau batuk dari hidung dan mulut.

Menurutnya, ketika Anda menggunakan masker tetapi area hidung dan mulut terbuka, maka virus tersebut dapat kemungkinan hinggap di tubuh Anda melalui celah tersebut.

“Jika memakai masker, harus dipakai dengan benar agar efektif. Ingat, Anda memakai masker juga untuk melindungi orang lain dari diri Anda” ucap Dr. Adalja.

Adalja juga mengatakan, menyentuh masker menggunakan tangan untuk menggesernya ke dagu dan dahi dapat membuat masker yang sedang Anda pakai terkontaminasi.

 

3 dari 4 halaman

Cara Melepas Masker di Tempat Umum

Dr. Adalja berbagi tips melepaskan masker saat Anda ingin makan, minum, dan berolahraga di tempat umum.

1.     Cuci tangan terlebih dahulu dengan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

2.     Kemudian, lepaskan masker pada lilitan telinga, pastikan tidak menyentuh bagian yang menutupi wajah Anda.

3.     Biasakan membawa kantong pelastik atau wadah yang dapat di tutup. Letakkan masker di wadah atau kantong tersebut setelah Anda melepas masker.

4.     Bersihkan kembali tangan saat ingin mengenakan kembali masker ke wajah Anda, pastikan masker di atas mulut dan hidung, sambil lilitkan tali masker ke dua telinga menggunakan tangan. 

Mengenai cara membuka masker, Plt Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI Kartini Rustandi pun pernah berbagi cara. Kartini memberi tahu agar membuka masker dari samping. 

“Membuka masker yang benar adalah dari samping, dengan melepaskan pengait atau simpul dari telinga dan belakang kepala. Bukan menurunkan ke dagu,” ucap Kartini Rustandi beberapa waktu lalu.

Senada dengan Adalja, Kartini pun mengingatkan, menurunkan dan menaikkan masker ke dan dari dagu justru akan membuat masker yang digunakan terkontaminasi.

 

(Deskhila Wijaya)

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.