Sukses

Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini 5 Alasan untuk Setop Menggunakan Ponsel di Toilet

Kebiasaan membawa ponsel ke toilet memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang sangat terikat dengan ponsel mereka. Sampai-sampai, terbiasa membawa ponsel saat ke toilet atau kamar mandi.

Tidak berbahaya seperti kedengaranya, membawa ponsel ke kamar mandi berujung dengan risiko yang harus Anda pertimbangkan. Tak hanya berbahaya bagi kesehatan, tapi juga memengaruhi pikiran dan seberapa baik Anda bekerja.

Berikut ini beberapa dampak negatif dari kebiasaan membawa ponsel ke toilet seperti dilansir dari Brightside:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menyebarkan banyak bakteri berbahaya

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa ponsel lebih kotor daripada dudukan toilet itu sendiri. Ini tentunya fakta yang cukup menjijikkan.

Ponsel ditemukan terkontaminasi oleh E. coli selama penelitian terhadap anak-anak sekolah menengah. Bakteri berbahaya ini terkait dengan masalah usus seperti keracunan makanan. Tapi ingat, itu bukan satu-satunya bakteri berbahaya yang dapat Anda temui di kamar mandi.

 

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan kemungkinan Anda terkena wasir

Hal ini mungkin terjadi karena jumlah waktu yang dihabiskan di toilet di mana tekanan diletakkan pada organ kita, yang tidak didukung oleh mangkuk toilet.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memverifikasi hubungan ini, kasus wasir telah meningkat sejak diperkenalkannya smartphone. Oleh karena itu, meski membawa ponsel sambil buang air dapat menghilangkan kebosanan, itu mungkin menyebabkan masalah kesehatan nantinya.

 

4 dari 6 halaman

3. Membatasi kapasitas berpikir Anda

Ponsel benar-benar mengganggu konsentrasi dan pemikiran Anda, membatasi kemampuan Anda untuk menangani masalah, bahkan saat Anda tidak menggunakannya atau dimatikan.

Oleh karena itu, waktu tanpa gangguan menggunakan ponsel sangat penting untuk pikiran Anda, dan mematikannya serta menghabiskan waktu sendirian terkadang adalah hal yang Anda butuhkan. Ini berarti bahwa membawa ponsel ke kamar mandi dapat menghilangkan istirahat berharga yang dibutuhkan pikiran Anda.

 

5 dari 6 halaman

4. Dapat menyebabkan disfungsi dasar panggul

Menghabiskan waktu lama di toilet sambil bermain ponsel bisa menimbulkan masalah bagi otot Anda. Secara khusus, organ tubuh Anda seperti usus, kandung kemih, dan vagina bisa tergelincir karena otot dasar panggul tidak lagi cukup kuat untuk menopangnya.

Ini sebagian karena postur tubuh Anda saat duduk di toilet, terutama jika Anda membungkuk dalam waktu lama.

 

6 dari 6 halaman

5. Meningkatkan ketergantungan pada ponsel

Meskipun ponsel menghubungkan Anda ke seluruh dunia, ini juga bisa membuat kecanduan. Faktanya, 1 dari 10 milenial sebenarnya lebih suka kehilangan satu jari daripada ponsel mereka.

Ini jelas bukan pertanda baik karena ini menunjukkan bahwa Anda sudah mulai tak peduli pada lingkungan sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.