Sukses

Viral Wanita Ungkap Video Tersembunyi di Balik Uang Rp 75 Ribu

Liputan6.com, Jakarta Tepat pada 17 Agustus lalu, Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-75. Untuk menambah euforia Dirgahayu RI, pemerintah Indonesia meluncurkan uang baru dengan pecahan nominal Rp 75 ribu.

Ternyata, uang edisi khusus ini menyimpan fitur canggih di dalamnya. Belum lama ini, melalui video unggahan TikTok @ahhhmeelyaaa memperlihatkan fitur augmented reality (AR) yang ditemui dari nominal Rp 75.000.

Fitur augmented reality (AR) atau dalam KBBI disebut realitas berimbuh adalah teknologi yang memadukan tampilan dua atau 3 dimensi yang nantinya diproyeksikan ke dalam tangkapan layar untuk membentuk kesan nyata. 

2 dari 4 halaman

Tutorialnya

Berangkat dari eksperimennya ini, siapa menyangka perempuan ini menemukan hal tidak terduga lewat pecahan nominal Rp 75 ribu ini.

Didukung dengan aplikasi Ivivelembaran uang tersebut sukses diproyeksikan menjadi cuplikan video lagu wajib nasional Indonesia. 

Tampak dari tangkapan layar, kelompok paduan suara yang kemarin ikut memeriahkan Dirgahayu Republik Indonesia. Alhasil, perempuan tersebut terkejut dengan hasilnya. 

@ahhhmeelyaaa

😂 HIDDEN TRICK ##indonesia ##Merdeka ##uangbaru ##uang ##uang75 ##uang75ribu

♬ A Moment Apart - ODESZA - Hannah Stater
3 dari 4 halaman

Respons Warganet

Unggahan tersebut sukses memukau warganet. Sebagian dari mereka belum banyak yang tahu rahasia di balik uang pecahan nominal Rp 75 ribu ini.

Mereka juga banyak yang menanggapi dengan turut mempraktikkannya lewat aplikasi tersebut. Namun, ada juga merespons ini sebagai editan. 

"OMG...gils keren banget, plis yang punya uang ini jangan diuntel-untel ya," tulis akun @lalalallevi.

"Sumpah langsung dicoba, bisa dong keren banget," balas akun @hakamsr.

"Uang 75k ini cerdas, secara tidak langsung meningkatkan nilai uang Indonesia, pasti banyak yang beli dan nggak dipakai. Smart!" ucap akun @celinedionku.

"Kalau hoax tanggung jawab sendiri ya," sahut akun @kakakpertama69.

"Hoax itu diedit," kata akun @haniku_ibnu.

Penulis 

Ignatia Ivani

Universitas Multimedia Nusantara

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: