Sukses

5 Makanan Terbaik Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kestabilan kadar gula darah adalah hal yang penting. Kadar gula dalam darah haruslah sehat, artinya angka kadar gula darah yang normal tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah agar tak menghambat kinerja organ tubuh lainnya.

Gula darah yang tinggi menghasilkan berbagai risiko penyakit, di antaranya gagal ginjal, penyakit kardiovaskular, dan memicu diabetes. Untuk menjaga kestabilan gula dalam darah, penderita diabetes perlu memperhatikan asupan makanan sehari-hari dan mengonsumsi makanan penurun gula darah.

Berbagai jenis makanan penurun gula darah dapat ditemukan dengan mudah. Mulai dari makanan bergizi seimbang yang terdiri dari protein, karbohidrat, lemak sehat. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

2 dari 7 halaman

1. Seafood

Makanan laut, seperti ikan dan kerang mengandung sumber protein, lemak sehat, mineral, vitamin, dan antioksidan yang mampu membantu mengatur kadar gula darah.

Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah. Pasalnya, protein dapat membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Selain itu, ini juga dapat membantu mencegah makan berlebih dan meningkatkan kehilangan lemak tubuh berlebih di mana keduanya berpengaruh untuk kadar gula darah yang sehat.

3 dari 7 halaman

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat membantu mengatur dan mengurangi naiknya gula darah. Hal ini karena rendahnya indeks glikemik dan kandungan lain yang ada pada kacang-kacangan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang almond sepanjang hari sebagai bagian dari diet rendah karbohidrat memiliki kadar glukosa yang stabil dan lebih rendah.

4 dari 7 halaman

3. Buah Alpukat

Alpukat dianggap mampu membantu menurunkan kadar gula darah karena mengandung lemak tak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal. Pasalnya, buah ini mampu menekan rasa lapar dan menjaga kadar insulin dan gula darah. Insulin sendiri merupakan hormon yang dapat membantu menormalkan kadar gula.

Buah alpukat mudah untuk ditemukan di mana saja. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus tanpa gula, salad, atau topping.

5 dari 7 halaman

4. Sayuran tinggi serat

Bukan hanya protein saja, sayuran hijau juga mampu menurunkan kadar gula darah karena kaya akan serat. Beberapa jenis sayuran yang kaya akan serat, seperti bayam, kubis, brokoli, dan kale.

Sayuran hijau kaya akan kandungan zeaxanthin dan antioksidan lutein. Kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau sebagai lalapan, salad, atau ditumis.

6 dari 7 halaman

5. Ubi Jalar

Bagi para penderita diabetes, ubi jalar adalah salah satu makanan yang dapat mengendalikan sekaligus menurunkan kadar gula darah. Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah.

Beberapa kandungan dalam ubi jalar, seperti kalium, vitamin A, vitamin C, dan serat merupakan kandungan yang baik untuk penyakit diabetes. Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus, ditumbuk, atau dikukus.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini: