Sukses

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Biji Nangka untuk Kulit dan Rambutmu

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, rupanya nutrisi yang terkandung dalam biji nangka tak kalah berkhasiat untuk kecantikan. Padahal biji nangka seringkali diabaikan bahkan dibuang begitu saja.

Kandungan antioksidan, vitamin A dan kaya serat membuat biji nangka membantu berbagai masalah kulit dan rambut. 

Nah, penasaran apa saja manfaat biji nangka bagi kesehatan kulit dan rambut? Berikut ulasannya seperti melansir dari Daily Hunt, Senin (10/8/2020).

1. Menghambat Kerutan pada Kulit

 

Seiring bertambahnya usia, kerutan di permukaan kulit sedikit demi sedikit mulai menampakkan diri. Tentu, hal ini membuat Anda menjadi risih. Nah, jurus jitu memeranginya ialah menggunakan pasta berbahan biji nangka.

Cara mengolahnya hanya dengan menggiling dan mencampurnya dengan susu, pasta biji nangka siap diaplikasikan pada kulit Anda. Olahan ini meningkatkan tekstur kulit dan membuat Anda terasa awet muda.

2 dari 6 halaman

2. Memperhalus Permukaan Kulit

Alternatif lainnya yang patut dicoba, campurkan madu, susu, dan gilingan biji nangka sampai halus. Lalu, oleskan campuran tersebut pada wajah sampai leher Anda secara merata.

Usai diaplikasikan, tunggu hingga mengering sekitar 15 menit dan bilas bersih dengan air hangat. Hasilnya, kulitmu tampak cerah dan lembut seketika.

3 dari 6 halaman

3. Mendorong Pertumbuhan Rambut

Selain bermanfaat bagi kulit Anda, ternyata biji nangka juga mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Peran biji buah berdaging kuning ini untuk memperlancar sirkulasi darah. Dengan begitu, aliran darah yang baik dan sehat menstimulasi tumbuhnya rambut Anda.

Masih banyak lagi yang bisa didapatkan, tingginya vitamin A yang terkandung di dalam bji nangka juga berkhasiat mencegah rambut Anda jadi kering dan kusut.

4 dari 6 halaman

4. Menghambat Penuaan Dini

Bertambahnya usia, kamu akan merasa insecure dengan tanda-tanda penuaan. Lingkungan dan perawatan Anda jalani jadi faktor penyebabnya.

Namun, tenang saja kandungan antioksidan di dalam buah nangka mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Dengan begitu, secara perlahan tanda penuaan dini mulai menjauhi diri Anda.

5 dari 6 halaman

5. Menyembuhkan sembelit

Jika Anda mengalami sembelit, mengonsumsi biji berdaging kuning ini merupakan solusi tepat. Kandungan serat yang terkandung dalam biji nangka mampu mendetoksifikasi pada tubuh yang berguna memperlancar metabolisme tubuh Anda.

Penulis:

Ignatia Ivani

Universitas Multimedia Nusantara

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: