Sukses

Bukan Penuaan, Ini 4 Alasan Muncul Kerutan di Dahi Saat Usia 20 Tahun-an

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, sedikit demi sedikit kerutan di dahi akan muncul. Kerutan di dahi dapat membuat penampilan tampak lebih tua. Wajah akan tampak lesu dan lusuh.

Namun, sebagian orang mengalami kerutan di dahi saat memasuki usia 20 sampai 30 tahun. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan munculnya kerutan di dahi saat usia muda. Bukan karena penuaan melainkan karena gaya hidup yang tak sehat sampai masalah kesehatan mental. 

Lantas, apa saja penyebab munculnya kerutan di dahi saat usiamu masih muda? Simak alasannya di bawah ini.

2 dari 6 halaman

Tidak Menjaga Kebersihan Wajah

Saat bepergian keluar rumah, polusi dan debu siap menempel di wajah. Selain itu, wajah yang sering terkena sinar matahari juga dapat menimbulkan kerutan. Bahkan ekspresi berlebihan dapat membuat goresan permanen pada wajah.

Sinar matahari mengandung ultraviolet (UV) yang dapat mempercepat proses penuaan. Oleh karena itu, sebagian orang mengalami kerutan dini. Pasalnya, sinar UV merusak bagian jaringan ikat bawah dari kulit. Tanpa adanya jaringan ikat yang mendukung, kulit akan kehilangan fleksibilitas. Hal inilah yang menyebabkan kulit mudah berkerut.

Untuk itu, penting menggunakan sunscreen saat keluar rumah. Lakukanlah eksfoliasi setiap satu minggu sekali untuk mengangkat kulit mati sehingga tak ada kotoran yang tertinggal akibat wajah yang kurang dibersihkan.

 

3 dari 6 halaman

Mengalami stres

Salah satu penyebab munculnya kerutan di dahi adalah stres. Stres menyebabkan hormon kortisol meningkat sehingga mencegah kolagen dan elastisitas kulit.

Umumnya, stres lebih banyak dialami oleh kalangan muda. Kondisi inilah yang mempengaruhi kesehatan kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Terdapat penelitian yang mengungkapkan, pembuluh darah di dahi lebih halus daripada bagian lain dari tubuh.

 

4 dari 6 halaman

Gaya hidup yang tak sehat

Penyebab lain munculnya kerutan di dahi adalah gaya hidup yang tak sehat. Pola makan memainkan peran penting bagi kesehatan kulit, termasuk munculnya kerutan di dahi.

Dengan pola makan yang benar dan sehat tentunya dapat membantu mencegah kerutan pada kulit.

Mengonsumsi karbohidrat dan gula yang berlebihan menyebabkan kerusakan pada kolagen kulit. Hal ini menyebabkan munculnya kerutan pada kulit termasuk pada bagian dahi.

 

5 dari 6 halaman

Kekurangan cairan

Kekurangan air dalam tubuh menyebabkan hilangnya kelembapan pada kulit. Ketika kulit dehidrasi, kulit akan terasa “ketarik” meskipun dalam keadaan berminyak.

Umumnya, kulit dehidrasi akan terlihat kusam dan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini, seperti hilangnya elastisitas dan muncul kerutan di dahi.

 

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini: