Sukses

Jangan Dibuang, Kulit Pisang Ternyata Punya 5 Manfaat untuk Kecantikan

Kulit pisang yang sering kita buang begitu saja nyatanya memiliki manfaat bagi kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta - Pisang telah dikenal dengan manfaat kesehatan dan kecantikan. Selain buahnya, nyatanya ada unsur pisang yang sangat bermanfaat namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

Kulit pisang yang sering kita buang begitu saja nyatanya memiliki manfaat bagi kecantikan.

Kulit pisang mengandung antioksidan, asam lemak dan berbagai mineral seperti zat besi, kalium dan seng yang bisa memberikan dorongan nutrisi pada kulit, juga bisa mengatasi berbagai masalah kulit.

Nah, penasaran apa saja manfaat kecantikan yang didapat dari kulit pisang? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (4/8/2020).

1. Atasi Jerawat

Sifat antibakteri kulit pisang bisa melawan bakteri penyebab jerawat yang berbahaya. Campur ini dengan kunyit yang dikenal sebagai antiseptik dan madu bisa melembabkan.

Siapkan 2 sdt kulit pisang tumbuk, 1/2 sdt madu dan 1/2 sdt bubuk kunyit. Selanjutnya masukkan kulit pisang dalam mangkuk, tambahkan madu dan kunyit ke dalamnya. Aduk hingga tercampur rata.

Lalu oleskan pasta ini ke wajahmu. Biarkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangat. Kamu bisa menggunakan pasta ini dua kali seminggu untuk mengatasi jerawatmu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Penuaan Dini

Vitamin C yang terkandung dalam kulit pusing bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Sementara itu, telur yang kaya protein akan membuat kulitmu kencang dan kenyal.

Kamu hanya perlu mencampurkan kulit pisang yang sudah ditumbuk dan satu butir telur hingga menjadi pasta. Lalu oleskan campuran ini di wajahmu. Biarkan meresap ke kulitmu selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.

Gunakan campuran ini seminggu sekali untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

3 dari 5 halaman

3. Kulit Kusam

Kulit pisang mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan meremajakannya. Dengan tambahan oatmeal yang bisa mengelupas kulit, gula dan susu yang membantu menghilangkan sel kulit mati, sehingga kotoran di kulitmu rontok dan membuat kulitmu lebih cerah.

Siapkan kulit pisang yang diblender, 2 sdm oatmeal powder, 2 sdm gula dan 1 sdm susu. Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk, lalu aduk hingga rata.

Oleskan campuran ini di wajahmu dan pijat lembut wajahmu selama sekitar 5 menit. Lalu diamkan selama 20-30 menit, dan bilas hingga bersih.

Gunakan campuran ini 1-2 kali dalam seminggu untuk membuat kulitmu cerah.

4 dari 5 halaman

4. Komedo

Kulit pisang memiliki efek pengelupasan pada kulitmu, dan bisa menghilangkan semua kotoran yang menempel di pori- pori kulit.

Sementara soda kue dan lemon mengandung antibakteri luar biasa yang menangkal bakteri berbahaya dan menjaga kulitmu tetap bersih.

Siapkan 1 sdm kulit pisang tumbuk, soda kue dan 1/2 sdt perasan lemon. Lalu campurkan semua bahan dalam mangkuk dan aduk hingga rata.

Kemudian olesta pasta pada area yang berkomedo. Biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan kain basa. Gunakan campuran ini seminggu sekali untuk mengurangi komedo.

5 dari 5 halaman

5. Kulit Kering

Kulit pisang penuh dengan vitamin A yang membantu mengunci kelembaban di kulit dan mengembalikan kulit kering dan kusam ke kulit aslinya.

Sementara lemon mengandung asam sirat dan vitamin C. Kedua bahan ini membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan kering sehingga bisa meregenerasi kulit untuk membuat kulitmu bergizi dan lembab.

Masukkan kedua bahan dalam blender dan giling bersama untuk membuat pasta. Lalu oleskan campuran ini pada kulitmu. Biarkan selama 15 menit dan cuci menggunakan air hangat.

Gunakan campuran ini 2-3 kali dalam seminggu untuk mengatasi kulit kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.