Sukses

Deg-degan Belanja di Pasar? Simak 14 Tips Aman dari Covid-19

Belanja di pasar tetap memiliki sensasi tersendiri. Namun saat pandemi Covid-19 belum berlalu, tentu bikin deg-degan.

Liputan6.com, Jakarta - Belanja di pasar tetap memiliki sensasi tersendiri. Namun saat pandemi corona virus disease 2019 atau Covid-19 belum berlalu, tentu bikin deg-degan.

Saat berkegiatan di luar rumah dan di ruang publik, memang sangat penting menerapkan protokol kesehatan. Ini menjadi cara menekan penyebaran Covid-19. Nah hal serupa dilakukan ketika berada di pasar.

Supaya waktu belanja di pasar efektif, ada 14 panduan adaptasi kebiasaan baru atau AKB yang dibagikan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro.

AKB meliputi menjaga kebersihan dan kesehatan dengan disiplin menjalani protokol di pasar. Panduan ini dirangkum dalam IG TV yang diunggah di akun Instagram dr Reisa saat berada di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan. Video berdurasi 4 menit dan 45 detik.

Reisa menyebut yang khas dari pasar tradisional di Tanah Air adalah bertemunya pembeli dan penjual. Lalu ada proses tawar-menawar dan jual-beli. Interaksi pedagang dan pembeli tidak bisa dihindarkan.

Jadi bagaimana belanja di pasar dengan aman? Apa saja yang harus dilakukan? Simak 14 panduannya:

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hand Sanitizer

1. Pastikan diri sehat dan fit.

2. Susun daftar belanja dan pastikan cari informasi terlebih dahulu tentang barang dan pedagang yang ingin didatangi.

3. Bawa tas sendiri.

4. Jangan lupa mencuci tangan di fasilitas yang sudah disediakan di pasar. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik.

5. Gunakan hand sanitizer terutama setiap setelah selesai bertransaksi.

3 dari 4 halaman

Masker

6. Pemeriksaan suhu tubuh sudah menjadi kewajiban di tempat umum, termasuk di pasar. Bila suhu di atas 37,3 derajat celcius, maka sebaiknya tidak keluar rumah. Pastikan istirahat dan pulihkan kesehatan.

7. Menggunakan masker. Bawa masker ekstra untuk berjaga-jaga.

8. Saat ini arah berjalan di pasar diatur hanya satu arah. Ikuti petunjuk arah dan pesan di berbagai alat peraga.

9. Jaga jarak.

10. Pengecekan petugas proaktif. Penerapan upaya pencegahan Covid-19 di pasar sangat membutuhkan peran pengelola pasar dan aparat dalam penertiban kedisiplinan masyarakat pasar.

4 dari 4 halaman

Jangan Sentuh Area Wajah

11. Ada 2 arah atau jalur di area tangga. Ikuti sesuai arah untuk yang naik dan turun.

12.  Apabila ada metode pembayaran digital atau non-tunai, sebaiknya digunakan karena ini lebih baik daripada kontak fisik langsung dengan orang lain. Namun bila belum ada, siapkan tempat khusus meletakkan uang.

13. Jangan sentuh area wajah. Saat berinteraksi di pasar, pastikan tidak menyentuh area wajah dengan tangan yang belum dipastikan kebersihannya.

14. Atur waktu efektif saat berbelanja di pasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.