Sukses

7 Manfaat Luar Biasa Lidah Buaya Buat Kecantikan, Cobain Deh

Liputan6.com, Jakarta - Selama ribuan tahun, lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang multi fungsi. Tak hanya bisa dijadikan sebagai tanaman hias, namun juga bisa memberikan efek sejuk dari sengatan matahari dengan getahnya.

Malahan, lebih dari 2.000 tahun yang lalu, lidah buaya disebut sebagai "obat mujarab universal" oleh para ilmuwan Yunani dan "tanaman keabadian" oleh orang Mesir. Sementara untuk kecantikan, dokter kulit Lian A. Mack, MD mengacu tanaman ini sebagai "agen penyembuh alami" berkat banyaknya antioksidan, enzim, dan vitamin A serta C yang dikandung.

Berikut ini beberapa cara memanfaatkan lidah buaya sebagai rutinitas kecantikan Anda, seperti dilansir dari Womenshealthmag:

 

2 dari 6 halaman

1. Pelembab Wajah

Daun padat air yang dikombinasikan dengan senyawa tanaman spesifik yang disebut karbohidrat komplek menjadikan lidah buaya pelembab wajah yang efektif. Menurut Mark, konsistensi ringan dan sifat penyembuhan yang dimiliki tanaman ini membuatnya ideal untuk kulit selama hari-hari yang panas.

2. Perawatan jerawat

Dr. Mack juga mengatakan lidah buaya dapat membantu mengobati jerawat, tapi patut dicatat bahwa ini bekerja paling baik pada jerawat permukaan yang dangkal daripada jerawat kistik/dalam.

 

3 dari 6 halaman

3. Penghapus makeup

Menurut Dr. Mack, lidah buaya dapat menjadi alternatif pengganti penghapus riasan berbasis minyak.

"Kulit wajah, terutama sekitar mata, merupakan bagian kulit yang paling halus di seluruh tubuh," katanya.

Kelembaban dari lidah buaya mampu dengan mudah dan lembut menghilangkan makeup tanpa merusak kulit di bagian mata.

4. Memperbaiki kulit yang rusak

Kondisi kulit seperti Psoriasis dan Eksim biasanya disebabkan oleh cacat pada penghalang kelembaban kulit dan/atau dipicu oleh infensi internal seperti radang, cuaca dingin, dan cedera kulit. Lidah buaya, dengan kemampuan menghidrasinya, dapat membantu dalam merawat hal tersebut.

 

4 dari 6 halaman

5. Setelah bercukur

Lidah buaya paling sering digunakan untuk membantu dan meredakan kulit terbakar dan luka lainnya, termasuk luka bakar akibat pencukuran. Lidah buaya dapat memberikan bantuan sementara, khususnya di sekitar area selangkangan bagi wanita yang habis bercukur.

6. Mengobati gigitan serangga

Lidah buaya adalah obat rumahan yang hebat untuk mengobati gigitan serangga bila dikombinasikan dengan hidrokortison. Ini menenangkan daerah yang meradang dan hidrokortison akan menghentikan gatal.

 

5 dari 6 halaman

7. Mengurangi bengkak di bawah mata

Dengan kemampuan lidah buaya untuk mengurangi peradangan dan sifat antioksidannya yang kuat, bahan ini juga bagus untuk menghilangkan bengkak di area mata.

Anda cukup mengoleskan getahnya dengan lembut di bawah mata untuk meningkatkan sirkulasi, membuang cairan yang menumpuk, dan mengurangi pembengkakan. Jika Anda ingin menambahkan efek sejuk, Anda dapat menyimpannya di lemari es sebelumnya.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: