Sukses

Potret Pendaki Pakai Face Shield Saat Naik Gunung di Era New Normal

Sejumlah pendaki naik gunung menggunakan face shield di era New Normal.

Liputan6.com, Jakarta Selama masa pandemi Covid-19 berlangsung, membuat seluruh akses tempat wisata ditutup. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Salah satu wisata yang ikut ditutup adalah wisata gunung.

Pandemi Covid-19 membuat kegiatan pendakian gunung di Indonesia harus ditutup. Tak sedikit dari para pendaki yang rindu untuk kembali merasakan naik gunung.

Namun, kini pemerintah telah menetapkan new normal dan kembali membuka kegiatan wisata alam, termasuk pendakian gunung. Dalam kegiatan pendakian gunung ini, para pendaki tetap harus mengikuti prosedur yang berlaku ketika ingin mendaki kembali setelah pandemi Covid-19.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakai face shield saat mendaki gunung

Protokol tersebut berisi hal-hal teknis yang harus disiapkan para pendaki. Di antaranya, wajib menggunakan masker, membawa hand sanitizer, dan pengecekan kesehatan lebih ketat. Selain itu, para pendaki juga wajib membawa surat kesehatan bebas Covid-19 sebelum melakukan pendakian.

Baru-baru ini beredar sebuah video yang memperlihatkan sejumlah orang sedang mendaki gunung saat new normal. Sebuah video yang diunggah akun Instagram @indonesian_mountains memperlihatkan para pendaki yang memakai face shield saat menaiki gunung.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

PENDAKIAN NEW NORMAL, MT. CIKURAY 3 - 5 JULI 2020 Indonesian Mountains mencoba menerapkan protokol kesehatan pada trip pertama kami di era New Normal ini. - IM menyediakan face shield sebagai pengganti masker yang tidak direkomendasikan untuk aktivitas berat seperti pendakian gunung. Dengan penggunaan face shield maka jalan masuk udara tidak terhambat dan tetap memenuhi protokol kesehatan - Memang terlihat asing dan aneh dimata pendaki lain ketika melihat 60 an orang rombongan IM mendaki dengan menggunakan face shield, tapi ini lah KEBIASAAN BARU yg hendak kami terapkan dan kami harapkan dijadikan contoh oleh pendaki lain....sama-sama kita lindungi gunung supaya tidak timbul KLUSTER BARU PENYEBARAN Pandemi... Jika itu terjadi, dapat dipastikan gunung akan ditutup kembali untuk jangka waktu yg tidak bisa ditentukan - Better safe than sorry... Lebih baik mencegah daripada menyesal - #indonesianmountains #newnormaltrip #newnormal #faceshield #protokolkesehatan #cikuray #luxuryhiking #hikingmewah #hiking #indonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh indonesianmountains (@indonesian_mountains) pada

3 dari 4 halaman

Tetap menerapkan protokol kesehatan

Dalam keterangan videonya, pendakian tersebut dilakukan di Gunung Cikuray, Garut, Jawa Barat, pada 3-5 Juli 2020. Diketahui terdapat sekitar 60 orang yang ikut mendaki.

Mendaki di era new normal, pihak Indonesian Mountains mencoba menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Pihaknya memilih menyediakan face shield sebagai pengganti masker.

Pasalnya, penggunaan masker tak disarankan untuk aktivitas berat seperti pendakian gunung. Dengan menggunakan face shield, jalan masuk udara tak terhambat dan masih memenuhi protokol kesehatan.

4 dari 4 halaman

Dengan menjaga jarak dan memberi nama pada alat makan

Selain itu, pendaki diimbau agar menjaga jarak satu dengan yang lain. Misalnya, saat menggunakan tenda hanya boleh diisi oleh dua orang. Begitu juga dengan penggunaan alat makan yang harus diberi nama untuk menghindari memegang alat makan yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.