Sukses

10 Manfaat Biji Markisa untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi biji markisa? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Markisa menjadi salah satu buah yang difavoritkan banyak individu. Buah yang dipenuhi dengan banyak biji ini dikenal karena nilai gizinya, yakni kaya antioksidan dan berbagai vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun, banyak dari kita sering mengabaikan biji markisa sebab takut keracunan karena kehadiran sianida. Nyatanya, sebagian besar biji buah mengandung sedikit sianida yang tidak bisa merusak fungsi tubuh. Biji dapat ditelan atau dikunyah, yang akan menghasilkan rasa asam.

Biji markisa juga bermanfaat bagi tubuh, karena mengandung vitamin A, vitamin C, serat makanan, magnesium, potassium, zat besi, riboflavin, karotenoid, asam nikotinat dan flavonoid.

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi biji markisa? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (6/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Mengurangi Tekanan Darah

Biji markisa mengandung polifenol yang memiliki kemampuan untuk melemaskan otot-otot dinding pembuluh darah. 

Mengkonsumsi biji markisa akan membantu melonggarkan pembuluh darah sehingga bisa meningkatkan aliran darah yang lebih baik. Pada gilirannyam akan menurunkan tekanan darah, mencegah timbulnya stroke dan serangan jantung.

Dengan demikian, biji markisa membantu menjaga kesehatan kardiovaskularmu.

3 dari 11 halaman

2. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Kandungan magnesium dalam biji markisa bisa membantu meningkatkan kesehatan tulangmu. Magnesium memperkuat tulangmu dan mencegah masalah yang berkaitan dengan usia seperti osteoporosis.

Mengkonsumsi biji dengan cara yang terkontrol bisa menghilangkan tulang yang lemah dan rapuh.

 

4 dari 11 halaman

3. Kelola Kesehatan Usus

Biji markisa merah sangat bermanfaat dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan ususmu. Serat yang tidak larut dalam biji markisa bermanfaat bagi kesehatan ususmu.

Ini membantu menyeimbangkan bakteri baik usus. Selain itu, biji markisa juga membantu mencegah timbulnya kanker pada usus besar. Usus yang sehat berkontribusi terhadap sistem pencernaan yang sehat.

5 dari 11 halaman

4. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan magnesium dalam biji markisa bisa membantu memberi manfaat bagi aktivitas metabolismemu. Berbagai macam mineral dan vitamin hadir dalam biji markisa yang membantu meningkatkan metabolisme karbohidrat. 

Artinya, mereka membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, sehingga mencegah penambahan lemak yang berlebihan.

6 dari 11 halaman

5. Melawan Penyakit Kronis

Salah satu manfaat kesehatan lainnya yang ditawarkan biji buah tropis ini adalah membantu mencegah timbulnya penyakit kronis. 

Seperti disebutkan sebelumnya, biji markisa kaya akan serat tidak larut yang bisa membantu melindungi tubuhmu dari penyakit jantung, hipertensi dan diabetes.

 

7 dari 11 halaman

6. Mengobati Luka Luar

Biji markisa dibuat menjadi minyak esensial, yang digunakan untuk mengobati luka. Menjadi anti-inflasi di alam, minyak ini bisa membantu meringankan serta menyembuhkan iritasi dan peradangan yang disebabkan oleh luka luar. 

Ini juga membantu memulihkan kulit sehatmu di sekitar area luka.

8 dari 11 halaman

7. Mencegah Infeksi Jamur

Sifat antijamur dari biji membuatnya bermanfaat dalam pengobatan infeksi jamur. Ini membatasi pertumbuhan jamur dan bisa diterapkan ke bagian eksternal. 

Sangat dianjurkan untuk mengobati infekis jamur pada kuku dan kaki.

9 dari 11 halaman

8. Mencegah Penyakit Degeneratif

Karena kaya antioksidan, biji markisa ini membantu membatasi dampak penuaan yang cepat. Ini digunakan dalam pencegahan penyakit terkait usia seperti alzheimer, parkinson, demensia dan radang sendi.

10 dari 11 halaman

9. Meningkatkan Kualitas Kulit

Biji markisa membantu memperbaiki kulitmu dengan berbagai cara. Minyak atsiri yang ada dalam biji markisa membantu melembabkan kulitmu, sehingga mengembalikan kelembaban yang sehat pada kulitmu. 

Ekstrak biji markisa bisa diterapkan untuk menghilangkan kulit kering. Vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam biji bertindak sebagai antioksidan, menghilangkan garis-garis halus dan kerutan.

Selain itu, sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi dari biji membantu mengurangi jerawatmu, mencegah bekas luka dan bintik hitam, membantu mengurangi rasa sakit dan kemerahan.

11 dari 11 halaman

10. Kembalikan Kesehatan Rambut

Kehadiran vitamin C dan kolagen dalam biji membantu meningkatkan kualitas dan kesehatan rambutmu. Minyak yang diperoleh dari biji bisa digunakan untuk memberikan kilau alami pada rambutmu. 

Ini juga membantu mengganti bahan kimia dari produk rambut dan membantu mengembalikan kecantikan alami rambutmu dan mencegah kerusakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini